Tonjolkan Teknologi Berkendara, Inilah 8 Fitur Keamanan Toyota Rush

Franky · 11 Mei 2020 03:00

Mobil bertipe SUV masih memiliki peminat di kalangan Masyarakat Indonesia, karena selain Bodi yang terkesan gagah mobil tipe ini juga cocok dijadikan sebagai pilihan Mobil Keluarga. Toyota Rush salah satunya, mobil tipe SUV keluaran tahun 2006 ini sekarang telah mendapat ubahan baru yang diluncurkan pihak resmi Toyota, bertajuk. All-New Toyota Rush. Model terbarunya kali ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat menunjang kenyamanan dan keamanan anda dalam berkendara.

Sekilas melihat, kami dibuat terkesima dengan ubahan fitur-fiturnya yang terkesan cukup inovatif. Fitur keamanan Toyota Rush kali ini mendapat pembaruan yang merupakan penyempurnaan dari fitur - fitur lama. Tentu saja, menjadikan mobil ini terasa semakin sempurna dengan berbagai teknologi inovatif, ketimbang pendahulunya.

Fitur Keamanan Toyota Rush

Perlu diketahui bersama, bahwa fitur keamanan adalah komponen terpenting dalam proses berkendara. Tentu, semua orang tidak mau hal buruk terjadi pada dirinya, sehingga dengan cerdik, perusahaan otomotif seperti Toyota juga memberikan inovasi terbaru untuk aspek keselamatan pada produk Rush terbarunya.

Lantas, fitur keamanan apa yang dimiliki oleh mobil jagoan Toyota ini? Berikut ini adalah 7 fitur keselamatan Toyota Rush terbaru yang harus Anda ketahui.

1. 6 SRS Airbags   

   Total ada enam buah Airbags yang disematkan pada Toyota Rush terbaru

Sebagai salah satu mobil bertipe SUV yang dapat menampung banyak orang, perlindungan pada waktu berkendara semakin menjadi prioritas, Toyota Rush kali ini memberikan pengamanan ekstra pada saat terjadi benturan dengan 6 SRS Airbags yang siap melindungi bagian tubuh Anda. berbeda dengan model yang lawas yang hanya dilengkapi dengan 2 SRS Airbags saja, di model terbaru ini terdapat 6 SRS Airbags yang membuat anda merasa lebih Aman dan Nyaman pada saat Berkendara di jalan.

2. Vehicle Stability Control (VSC)

Teknologi VSC mampu menjamin proses berkendara yang lebih aman

Dengan bodi mobil yang lumayan besar menjadikan Toyota Rush ini berbahaya apabila berada pada jalanan yang menikung dan berakibat Oversteer.  Dengan fitur keselamatan VSC atau Vehicle Stability Control, dapat membantu mengatasi hal ini, fitur ini mencegah terjadinya ban selip sehingga kecil kemungkinan akan terjadi Oversteer atau Understeer. Lewat hadirnya fitur ini, Toyota Rush menjadi semakin asyik untuk dikendarai.

3. Hill Start Assist

Jalanan menanjak terkadang menjadi musuh bagi para pengendara mobil, karena itu sangat melelahkan bagi Anda. hal itu tidak menjadi masalah bagi mobil Toyota Rush ini karena telah dilengkapi dengan Fitur Keselamatan bernama Hill Start Assist yang membantu pengendara untuk menaklukan tanjakan. Fungsi fitur ini akan otomatis aktif pada saat pengemudi akan memindahkan kaki ke pedal gas, maka pedal rem akan otomatis aktif untuk waktu 3 detik sehingga memberi cukup waktu untuk pengemudi. mencegah mundurnya kendaraan pada waktu menanjak karena tarikan gravitasi.

4. Seat Belt Indicator

Indikator Seatbelt adalah fitur keamanan yang kini sedang tren di banyak produk-produk besutan Toyota

Indikator pengingat untuk sabuk pengaman ini meskipun terbilang remeh namun memiliki peranan sangat penting untuk pengendara karena sabuk keamanan merupakan hal yang wajib dipakai pada saat berkendara. dengan adanya fitur keselamatan ini membuat pengendara Toyota Rush kecil kemungkinan akan melupakan yang namanya Seat Belt. Biasanya, fitur ini hanya aktif untuk kedua kursi depan saja, namun pada model terbaru Toyota Rush fitur ini berfungsi sampai ke penumpang baris kedua dan ketiga. Saat penumpang lupa mengenakan seat belt dalam perjalanan lampu indikator dan bunyi peringatan akan menyala.

5. Emergency Brake Signal

Fitur satu ini mampu bekerja otomatis ketika Anda melakukan pengereman secara tiba-tiba

Tak kalah pentingnya dengan fitur keamanan lain, Emergency Brake Signal berfungsi sebagai rem darurat otomatis. Fitur ini akan otomatis menyalakan lampu hazard ketika terjadi pengereman secara tiba-tiba. Hal ini bertujuan untuk memperingatkan kepada kendaraan yang berada di bagian belakang untuk dapat bersiap melakukan pengereman lebih keras. Fitur ini dapat mencegah terjadinya tabrakan beruntun akibat pengemudi di belakang terlambat mengantisipasi keadaan.

6. Lampu LED

Lampu utama juga menjadi salah satu indikator keselamatan berkendara

Penggunaan jenis bola lampu yang satu ini selain dirasa memberi kualitas penerangan yang lebih baik dalam berkendara meskipun dalam cuaca buruk sekalipun. selain menambah kualitas berkendara dan pencahayaan yang lebih baik, jenis lampu ini juga mampu  menambah nilai estetika yang menunjang penampilan untuk mobil ini.

7. Anti-Lock Braking system ( ABS ) dan EBD (Electronic Brake Force Distribution)

ABS dan EBD, menjadi perpaduan teknologi yang apik dalam mengontrol pengereman

Fitur keselamatan yang satu ini telah menjadi standar umum dikalangan mobil keluaran terbaru seperti halnya Toyota Rush ini, teknologi yang bekerja secara elektronik ini, membantu pengemudi saat mengalami pengereman mendadak atau melewati jalan licin. Tujuannya untuk membuat mobil tidak tergelincir.

Cara kerjanya, sistem mengontrol pengereman secara on-off. Adanya jeda di antara tiap pengereman, memberikan kesempatan bagi pengemudi untuk mengendalikan mobil sehingga terhindar dari tabrakan.

Selain ABS, Toyota juga menyematkan sistem pengereman EBD (Electronic Brake Force Distribution)  Fitur ini akan membagi beban pengereman pada setiap roda secara proporsional. Ketika kendaraan sedang dalam kondisi terisi penuh maupun saat melakukan pengereman keras, maka akan membuat bobot kendaraan terbawa gravitasi seluruhnya dan berpindah ke bagian depan.

8. Brake Assist (BA)

BA mampu memberi tambahan daya ketika melakukan pengereman

Brake Assist juga membantu pengemudi ketika berhenti mendadak, dengan menambahkan daya tekan pengereman pada Rush terbaru. Meskipun pengendara tak menekan pedal dalam-dalam, fitur secara otomatis mengaplikasikan pengereman optimal.

Adanya fitur ini sangat membantu ketika pengemudi mengalami insiden. Karena tidak siap, seringkali pengemudi tidak sempat menginjak pedal rem dalam-dalam. Di sinilah Brake Assist  berperan. Sistem mampu mendeteksi adanya pelepasan pedal gas secara tiba-tiba, kemudian secara otomatis fitur rem diaktifkan dan membantu memberikan daya pengereman yang lebih maksimal.

Itulah tadi adalah fitur keselamatan Toyota Rush terbaru, begitu pentingnya keselamatan pengendara membuat pihak Resmi Toyota memberikan segudang fitur yang mampu membuat pengendara merasa aman pada saat Anda mengemudikan produk mereka. semoga daftar Fitur Keselamatan diatas mampu meyakinkan anda dalam berkendara.

Komentar

Mobil Terbaru