window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota GranAce 2021, HiAce Rasa Alphard untuk Melawan Hyundai Staria

Evan · 1 Sep, 2021 19:04

Toyota GranAce 2021, HiAce Rasa Alphard untuk Melawan Hyundai Staria 01

Ketika membicarakan mengaai rival Hyundai Staria dari kubu Toyota, maka akan langsung tersebut nama Alphard. Padahal sebenarnya ada model lain yang juga sesuai, yaitu Toyota GranAce 2021.

GranAce merupakan varian termewah dari Toyota HiAce selain HiAce Premio. Nama Hiace sendiri dalam kasta Toyota erat dengan van penumpang yang digunakan sebagai kendaraan travel. Mampu menampung hingga 12 orang penumpang, ditambah mesin diesel irit menjadikannya pilihan utama perusahaan jasa transportasi. 

Namun kemudian Toyota GranAce diperkenalkan pertama kali di ajang Tokyo Auto Show 2019. Hal ini dilakukan Toyota untuk menyasar pemilik ataupun perusahaan yang menginginkan adanya kemewahan namun tetap bisa menampung banyak penumpang meksi tak seperti HiAce. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lawan Tangguh Hyundai Staria 9 Seater

Toyota GranAce 2021, HiAce Rasa Alphard untuk Melawan Hyundai Staria 01

Bentuknya MPV boxy

Di beberapa negara, GranAce memang diposisikan sebagai pengisi celah antara HiAce dan Alphard. Dari segi harga memang cukup tepat walaupun secara dimensi GranAce jauh lebih besar dibandingkan Alphard.

Memiliki panjang 5.300 mm, lebar 1.970 mm dan tinggi 1.990 mm, mobil ini lebih cocok untuk bersaing dengan Hyundai Staria karena dimensi keduanya mirip. Selain itu sama-sama hadir dengan varian 9 seater walaupun Staria juga ada varian 7 seater. 

Baca juga : Resmi Meluncur, Harga Hyundai Staria 2021 Rp1,02 Miliar dan Hampir Setara Alphard

Desain Masih Mirip HiAce Premio

Toyota GranAce 2021, HiAce Rasa Alphard untuk Melawan Hyundai Staria 02

Lebih mewah dari HiAce

Bagian depan GranAce mendapatkan ubahan yang banyak jika dibandingkan HiAce standar maupun HiAce Premio. Bagian gril dan lampu depan diperbesar, sehingga lebih mirip Alphard.

Lampunya sendiri sudah LED baik sein maupun foglamp, memberikan kesan mahal. Tak lupa gril dan bumper bawah diberikan krom sebagai ciri khas varian tertinggi HiAce. 

Toyota GranAce 2021, HiAce Rasa Alphard untuk Melawan Hyundai Staria 03

Dilihat dari sisi ini sedikit mirip Alphard

Berlanjut ke samping, bagian ini merupakan satu hal yang tidak bisa diubah Toyota. Bentuk desain Hiace masih sangat kental walaupun sudah diberikan velg baru berukuran 18 inci dan bodykit tambahan.

Tapi satu hal patut diapresiasi adalah kehadiran pintu elektrik di kedua sisi, menghilangkan ciri khas van angkutan penumpang pada Hiace yang hadir dengan satu pintu saja. 

Toyota GranAce 2021, HiAce Rasa Alphard untuk Melawan Hyundai Staria 04

Lampu belakang juga mewah

Bagian belakang GranAce juga mendapat ubahan yang cukup banyak sama seperti di depan. Lampu model baru yang sudah LED dan hiasan krom ikut menambah kesan premium. 

Secara keseluruhan memang desain GranAce masih kalah dengan Hyundai Staria yang tampil futuristis dan terkesan modern. Memang ada perbedaan dengan Hiace, namun belum cukup menandingi desain Staria yang eye catching.

Baca juga : Perbandingan Biaya Perawatan Toyota Hiace Vs Hyundai H-1, Siapa Paling Murah?

Mesin Setara HiAce

Toyota GranAce 2021, HiAce Rasa Alphard untuk Melawan Hyundai Staria 05

1 GD, hadir juga di Fortuner dan Hilux

Toyota masih konsisten dengan memberikan mesin 1 GD FTV turbo diesel pada GranAce. Mesin yang terkenal bandel dan irit ini mampu menghasilkan tenaga hingga 177 PS dan torsi maksimum 450 Nm. GranAce hanya ditawarkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan, dengan penggerak roda belakang (RWD). 

Mesin 1 GD bisa dibilang cukup bertenaga untuk menghela mobil yang memiliki berat lebih dari 2,7 ton ini. Hanya saja jika penumpang penuh ditambah dengan bagasi mungkin agak sedikit merepotkan pengemudi. Untuk urusan tenaga dan torsi hampir sama persis dengan Hyundai Staria

Interior Naik Kelas

Toyota GranAce 2021, HiAce Rasa Alphard untuk Melawan Hyundai Staria 06

Interior dengan rasa premium

Ubahan paling besar sebetulnya terjadi ketika masuk kedalam mobil ini. Lihat saja penggunaan trim kayu di sekitar pintu, dashboard, dan konsol tengah. Membuat GranAce terlihat jauh lebih mewah ketimbang Hiace.

Selain itu material kulit di setir dan soft touch di dashboard tentu merupakan poin plus. Material kulit juga hadir di seluruh jok, sesuatu hal yang mustahil didapatkan pada HiAce. Komponen lain seperti headunit 9 inci, dual zone dan 12 speaker turut hadir memberikan kenyamanan penumpang. 

Jok Penumpang Belakang Copy Paste Alphard

Toyota GranAce 2021, HiAce Rasa Alphard untuk Melawan Hyundai Staria 07

Jok sama persis dengan Alphard

Siapapun yang duduk di baris kedua mobil ini pasti merasakan hal yang sama yaitu kursi diambil langsung dari Alphard. Kursi model pilot seat lengkap dengan pengaturan elektris hadir sebagai standar. Untuk menambah kesan mewah Toyota juga memberikan ambient light di pintu baris kedua dan ketiga.

Toyota GranAce 2021, HiAce Rasa Alphard untuk Melawan Hyundai Staria 08

Ada leg support

Baris ketiga mobil ini sayangnya hadir dengan captain seat dan pengaturan manual. Walaupun begitu tetap saja rasa ketika duduk sangat jauh berbeda ketimbang Hiace.

Toyota GranAce 2021, HiAce Rasa Alphard untuk Melawan Hyundai Staria 09

Ambient light juga hadir

Baris keempat mobil ini sebetulnya hanya untuk anak-anak karena legroomnya yang sempit. Apabila tidak digunakan dapat dilipat dan dijadikan bagasi.

Secara keseluruhan interior Toyota GranAce 2021 termasuk mewah di kelasnya. Masih sanggup untuk melawan Hyundai Staria walaupun tidak ada panoramic sunroof dan kursi yang tidak bisa diputar 180 derajat.

Kesimpulan

Toyota belum membawa mobil ini ke Tanah Air karena berbagai alasan. Namun dengan kehadiran Hyundai Staria tentunya akan menggangu penjualan Alphard dan mungkin membuat Toyota berpikir ulang untuk memasukkannya ke Indonesia.

Apalagi dari segi dimensi, mesin dan kapasitas penumpang, keduanya hampir mirip. Serta sebagai amunisi Toyota untuk menahan laju Hyundai Staria yang mulai memikat pasar dengan desain futuristis dan fitur berlimpah.

Baca juga : Buat Jadi Mobil Travel Premium, Toyota HiAce Premio Dapat Lawan Baru dari Wuling Journey 2021

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Hiace STD Manual

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil