Toyota Yaris Cross Punya Potensi Masuk Indonesia?

Ping · 14 Mei 2020 12:00

Menyusul perkenalannya di Eropa, Toyota Yaris Cross pun kemudian dikait-kaitkan dengan pasar Indonesia. Model SUV terbaru pabrikan asal Jepang ini ditengarai bisa menjawab kebutuhan pasar SUV atau model styling.

PT Toyota Astra Motor (TAM) sendiri selaku APM Toyota di Indonesia sendiri kini memang masih mengandalkan Yaris hatchback yang mendapat pembaruan. Menurut Anton Jimmi selaku Direktur Pemasaran PT TAM, mobil Yaris terbaru yang beredar di Jepang maupun Yaris Cross di Eropa belum bisa tentu akan dijual di Indonesia.

Memang, seperti diketahui, update model di Jepang sebagai markas besar Toyota tidak melulu diikuti TAM. Ini karena kebutuhan pasar yang berbeda, bahkan di Indonesia disebut lebih variatif.

Sekilas info, meskipun mobil Yaris New Cross belum ada di Indonesia, namun nama Yaris telah ada di Indonesia. Harga New Toyota Yaris berkisar dari Rp 259 juta hingga Rp 291 jutaan. Ini merupakan harga mobil Yaris terbaru 2020. Ada juga saudara Toyota Yaris New, yakni Toyota Alphard memiliki 3 varian dengan harga berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard 2020.

Kendati demikian, pihak TAM tidak memungkiri tren pasar semakin bergeser ke SUV 5-penumpang. Hal ini pun tidak luput dari monitoring TAM sehingga membuka potensi tersebut di pasar Indonesia. Kini, Toyota masih mengandalkan Rush dan Fortuner di segmen SUV yang notabene berkapasitas 7-penumpang.

Dibangun di Atas Platform GA-B

Mobil Yaris Cross sejatinya akan diperkenalkan pada Geneva Motor Show 2020. Namun gagal karena ajang pameran tersebut batal diselenggarakan lantaran pandemi Covid-19. Toyota pun akhirnya merilis gambar pertama beserta spesifikasi Yaris Cross ke publik pada 23 April 2020 kemarin.

Toyota Yaris Cross sendiri dibangun di atas platform yang sama dengan versi hatchback-nya, yakni platform GA-B. Oleh karenanya, pihak Toyota mengklaim bahwa bodi SUV ini akan lebih rigid dan memiliki sasis yang sangat seimbang. Dengan ini mobil pun jadi lebih responsif dan tangguh.

Di sektor dapur pacunya, mobil Yaris New Cross pun akan ditawarkan dalam dua opsi mesin; bensin dan hybrid. Sayangnya, belum diketahui soal kekuatannya.
Pilihan mesin bensin 1.5 liter dicangkok Dynamic Force Engine, tiga silinder. Mesin ini akan disandingkan dengan opsi transmisi CVT atau manual 6-percepatan.

Untuk pilihan hybrid, mobil Yaris Cross mengusung mesin yang sama dengan Toyota Hybrid System II. Tapi SUV ini akan tersedia juga dua sistem penggerak; FWD atau AWD.

Kans Masuk Indonesia

Toyota Yaris Cross akan dijual di Jepang lebih dulu pada kisaran tengah tahun ini. Kemudian disusul di pasar Eropa pada 2021.

Jika melihat geliat kampanye hybrid Toyota di Indonesia sekarang ini, bukan tidak mungkin Yaris Cross varian hybrid yang akan masuk. Namun, belum bisa dipastikan juga apakah akan mengaspal di sini. Terlebih bocornya sosok Corolla Cross di jalanan Bangkok mengindikasikan SUV tersebut disiapkan untuk pasar Asia Tenggara.

Komentar

Mobil Terbaru