Mobil keluarga masih menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia. Wuling Cortez 2020 dengan interior kabin yang lapang, muat 7 penumpang, serta harganya juga relatif terjangkau menjadi keunggulan yang menggiurkan.
Perkembangan teknologi membuat pabrik selalu berusaha menghadirkan fitur yang bersahabat. Misal transmisi CVT.
Wuling Cortez CT merupakan mobil MPV dengan harga Rp 236 jutaan sampai dengan 290 jutaan. Mobil ini telah memiliki opsi transmisi CVT dan juga menyediakan ruang yang paling besar. Dengan fitur captain seat pada baris kedua memberi kesan yang mewah.
Wuling Cortez CT ini dilengkapi dengan mesin 1.5 L yang sudah berteknologi turbo. Cortez juga terdapat Mesin Turbo tipe 1.8 L. Kabarnya Wuling Cortez dengan mesin 1.5 L turbo kemungkinan sama dengan mesin 1.5 L turbo yang ada pada model Wuling yang termahal di dalam negeri, Almaz.
Spesifikasi Wuling Cortez
Eksterior
Wuling Cortez terbaru ini mendapat ekterior berlekuk yang penuh gaya. Penampilannya yang gagah membuat mobil Cortez cukup menarik perhatian.
Eksterior Wuling Cortez 1.8 tipe C maupun tipe L terlihat tidak jauh beda. Tipe C dilengkapi dengan roof rail, lampu proyektor, grill depan yang elegan, wiper belakang, ED spoiler, dan shark antena yang elegan juga. Lampu depan, sein dan belakang telah dilengkapi dengan LED DRL (Daytime Running Lighting).
Wuling Cortez tipe C juga memiliki fog lamp halogen, velg 16 inci dan lampu seinnya menyala ketika pintu belakang terbuka.
Sedangkan Tipe L diberi tambahan berupa lampu depan dan belakang yang bertipe LED, aksen chrome di setiap list jendela dan handle pintu, classy electric sunroof.
Interior
Wuling Cortez interiornya memiliki ruang kabin bertema dua tone yang lapang dan juga nyaman. Bagian kabin sudah menggunakan lapisan kulit. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi dan juga fitur-fitur terkini.
Dengan beragam fitur yang disematkan pada Wuling Cortez 1.8 ini membuat perjalanan semakin mengesankan. Mobil ini memiliki kapasitas 7 orang penumpang, dimana semua kursi bertipe captain seat. Wuling cukup baik dalam pemilihan material interior mobil.
Pada bagian atas dashboard Wuling Cortez 2020 dilapisi dengan bantalan soft touch, tetapi untuk bagian yang mengarah ke kaca hanya bermaterial plastik biasa.
Hal yang paling berkesan dari Wuling Cortez adalah dashboardnya yang sedikit meniru bentuk dashboard milik Mercedes Benz S Class. Ini merupakan satu hal yang lumayan baik karena dapat melihat sedikit desain kabin mobil mahal di Wuling Cortez yang merupakan MPV medium.
Di bagian pintu juga didesain dengan material kulit dengan aksen jahitan. Diatasnya juga terdapat panel kayu dengan aksen jahitan juga. Tampilan interior mobil ini kental dengan nuansa Eropa.
Fitur MID berukuran 7 inci ini terbilang sangat lengkap, khususnya bagi pengemudi. Mulai dari tekanan ban individual, dual trip meter, speedometer digital, konsumsi bahan bakar bbm rata-rata serta real time, hingga ke total waktu mengemudi dan juga jarak yang sudah ditempuh. Pengaturan tinggi jok mobil juga dimudahkan disertai dengan visibilitas maksimal.
Head unit dengan bentuk floating seperti MPV mewah juga tersedia di bagian dashboard depan. Isi program aplikasinya lengkap dan sensor layar sentuhnya juga sudah lebih baik.
Keamanan dan Keselamatan
Airbag Penumpang Depan
Child Safety Locks
Kantong Udara Pengemudi
Anti Lock Braking System
EBD (Electronic Brake Distribution)
Vehicle Stability Control System
Sabuk Pengaman Belakang
Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman
Spion Tengah Lipat
Sabuk Pengaman Depan dengan Penyesuai ketinggian
Sensor Parkir
Crash Sensor
Engine Check Warning
Pelindung Benturan Depan
Pelindung Benturan Samping
Pengalaman Pengemudi Wuling Cortez
Di awal peluncuran Wuling Cortez, saya telah dibuat jatuh cinta padanya. Saat itu saya memang sedang menanti produk terbaru dari Wuling selainWuling Confero.
Yang saya butuhkan adalah mobil keluarga bertransmisi otomatis karena saya itu sudah capek memakai yang versi manual. Wuling Cortez memiliki solusi dengan transmisi unik yang dimilikinya bernama i-AMT dengan mesin 1.8 L.
Awal pemakaian transmisi ini sedikit kaku dan juga membingungkan. Saya membutuhkan waktu untuk beradaptasi dan mempelajari perpindahan gigi yang baik agar nyaman. Lama kelamaan, saya merasa memakai mobil ini lumayan enak.
Saat menanjak dan juga ngebut, enaknya memakai versi manualnya saja. Sedangkan untuk di dalam kota, cukup memakai versi yang auto.
Hal yang ok lainnya adalah kabin mobil ini luas. Saya membawa tiga orang anak dan juga ibu mertua, tapi tidak memberikan rasa kesempitan.
Jalan jauh keluar kota pun menjadi sangat menyenangkan. Mobil ini empuk banget, kalah deh MPV yang seharga dengannya. Mobil Wuling Cortez memang yang paling top.