window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

AC Mobil Harus Tetap Menyala Saat Turun Hujan Lebat, Apa Alasannya?

Yongki Sanjaya · 27 Okt, 2022 11:00

AC Mobil Harus Tetap Menyala Saat Turun Hujan Lebat, Apa Alasannya? 01

Masuk penghujung bulan Oktober, sebagian besar wilayah Indonesia mulai masuk musim penghujan. Saat berkendara di tengah guyuran hujan, rupanya ac mobil harus tetap menyala. Kenapa bisa begitu?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Saat hujan turun sangat lebat, seringkali menimbulkan embun pada kaca mobil. Embun yang menutup kaca mobil biasanya disebabkan karena adanya perbedaan suhu antara udara di dalam kabin mobil dan suhu di luar. Suhu di luar kabin saat hujan biasanya akan lebih dingin dibandingkan dengan di kabin dan inilah yang menyebabkan munculnya embun pada kaca.

AC Mobil Harus Tetap Menyala Saat Turun Hujan Lebat, Apa Alasannya? 01

Nah cara menghilangkannya adalah dengan cukup menyalakan AC yang merupakan sistem penyejuk udara di dalam kabin mobil. Cara ini berfungsi bila di mobil tidak memiliki fitur defogger atau defroster, sehingga harus menjaga suhu kabin lebih dingin dari suhu luar.

Saat turun hujan lebat, suhu udara di luar kabin mobil memiliki kelembaban yang tinggi. Nah, udara yang masuk ke kabin mobil dengan kondisi kelembaban udara tinggi, setelah di dalam kabin akan berubah menjadi uap air dan dapat terkonversi menjadi embun di kaca mobil bagian dalam. Embun yang menempel di kaca bakal semakin pekat karena adanya uap air sisa pernapasan dari penumpang dalam mobil.

Solusi Menghilangkan Embun Tanpa Harus Kedinginan

AC Mobil Harus Tetap Menyala Saat Turun Hujan Lebat, Apa Alasannya? 02

Untuk melenyapkan embun yang muncul saat hujan lebat, AC mobil harus tetap dinyalakan. Ini penting karena embun pada kaca mobil bisa mengganggu jarak pandang pengemudi. Namun, seringkali hembusan AC yang begitu dingin juga membuat seisi kabin kedinginan. Bagaimana solusi terbaiknya?

Agar embun bisa segera menghilang, suhu AC tidak perlu terlalu dingin, tapi pastikan suhunya lebih dingin dari suhu di luar. Nah buat kamu yang di pengaturan AC mobilnya terdapat fitur defrost/defogger, bisa memanfaatkan fitur tadi buat mengusir embun di kaca depan.

AC Mobil Harus Tetap Menyala Saat Turun Hujan Lebat, Apa Alasannya? 03

Ventilasi defrost biasanya terletak pada kedua sisi paling ujung pada dashboard. Fitur defrost ada yang disimbolkan dengan panah ventilasi ke atas atau logo uap dengan tulisan front. Nah, kalau sudah mengaktifkan fitur defrost ke kaca depan mobil maka kita bisa menutup sebagian ventilasi ac yang menghadap ke arah penumpang supaya tidak kedinginan. 

Jika embun terjadi pada kaca bagian belakang mobil, kamu dapat menggunakan fitur defogger. Nah kalau kita mematikan AC lalu membuka kaca bukan selalu jadi solusi yang tepat karena adanya perbedaan suhu yang jauh antara kedua ruangan dan hal ini bisa membuat embun sulit hilang.

Membuka Jendela Kalau Terpasang Talang Air

AC Mobil Harus Tetap Menyala Saat Turun Hujan Lebat, Apa Alasannya? 04

Cara yang paling cepat dan mudah untuk menghilangkan embun yang terbentuk pada kaca mobil adalah dengan membuka jendela mobil. Kamu sebenarnya dapat membuka jendela mobil sampai embun menghilang, dengan catatan di jendela sudah terpasang talang air agar tampias hujan tak masuk ke dalam kabin. Setelah embun lenyap, segera tutup kembali agar udara dingin dari AC mobil dapat kembali terasa.

Cara ini bisa kita lakukan bila melewati pegunungan, yang suhu ketika malam hari dan turun hujan bisa di bawah 18 derajat Celcius. Dengan buka sedikit kaca bertujuan untuk mensirkulasikan udara luar masuk ke dalam, supaya suhu luar dan suhu dalam hawanya mirip. 

Namun bila hujan terlalu lebat, bisa menggunakan tombol resirkulasi. Ketika fungsi ini diaktifkan, mobil akan memasukkan udara dari luar mobil dan menghembuskan udara dari dalam tanpa mengubah temperatur. Dengan begitu, tidak akan ada perbedaan temperatur yang menyebabkan terbentuknya embun. 

Kesimpulan

Jika tiba-tiba hujan turun dan membuat kaca mobil menjadi berembun, kondisi ini sudah  pasti berbahaya karena jarak pandang seorang pengemudi bisa menjadi berkurang. Akan lebih berbahaya lagi jika berkendara di malam hari dan minim penerangan.

Saat cuaca buruk di musim hujan, kita dituntut harus ekstra waspada dan memperhatikan kondisi berkendara agar tetap aman. Embun adalah musuh utama pengemudi karena mengganggu penglihatan, sehingga perlu segera dilenyapkan agar pandangan lebih jelas. Adanya AC terbukti cukup membantu melenyapkan embun di kaca, dan selama pengaturan suhu bisa pas maka embun lenyap namun kabin tak membuat penumpang menggigil. 


 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil