window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

AC Mobil Keluar Asap Jangan Dibiarkan, Bisa Merembet ke Komponen Lain!

Prasetyo · 4 Apr, 2023 15:06

AC Mobil Keluar Asap Jangan Dibiarkan, Bisa Merembet ke Komponen Lain! 01

Pernahkah Anda mengalami AC mobil keluar asap putih tipis? Sebagian dari pemilik kendaraan mungkin akan merasa panik karena takut terjadi sesuatu seperti pertanda kebakaran. Namun ada juga yang menganggap hal ini wajar dan menandakan AC bekerja maksimal. Jadi manakah yang benar?

Keberadaan AC saat ini jadi komponen wajib di mobil. Selain untuk menambah kenyamanan ketika berkendara, AC bisa juga mencegah kaca depan berembun ketika turun hujan lebat dan semua kaca jendela ditutup. Bayangkan kalau mobil tanpa AC atau AC mobil rusak, pastilah bakal dibuat repot.

AC Mobil Keluar Asap Jangan Dibiarkan, Bisa Merembet ke Komponen Lain! 02

Bayangkan kalau mobil tanpa AC, betapa merepotkannya

Lantas bagaimana kalau tiba-tiba AC mobil keluar asap putih dari kisi-kisi AC di dasbor mobil? Nah ternyata ini adalah pertanda dari kerusakan beberapa komponen AC tersebut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: 7 Hal Sepele Penyebab AC Mobil Cepat Rusak, Ada yang Gak Sadar Sering Kita Lakukan

Evaporator AC Mobil Kotor

AC Mobil Keluar Asap Jangan Dibiarkan, Bisa Merembet ke Komponen Lain! 01

Evaporator yang kotor dan bersih

Menurut penuturan pihak bengkel AC mobil, Rotary Bintaro, asap tipis yang keluar dari kisi-kisi AC mobil bisa karena berbagai macam hal. Yang utama adalah evaporator kotor yang menyebabkan termostat tidak membaca suhu secara akurat.

Kondisi ini mencegah kompresor menutup yang menyebabkan terjadinya kondensasi alias pembekuan. Karena itulah, ketika angin berhembus, maka akan mengeluarkan kabut lantaran kisi-kisi AC jadi jalan keluar satu-satunya udara dingin yang terhalang itu. Bahkan kalau dibiarkan, kabut dingin ini dapat membentuk bongkahan es kecil di sela-sela kisi AC.

Baca juga: AC Mobil Harus Tetap Menyala Saat Turun Hujan Lebat, Apa Alasannya?

Freon AC Bocor

AC Mobil Keluar Asap Jangan Dibiarkan, Bisa Merembet ke Komponen Lain! 02

Freon yang bocor harus di isi ulang

Freon merupakan komponen penting dari sebuah AC, temasuk juga pada kendaraan. Perangkat ini berfungsi sebagai pendingin udara sehingga menghasilkan hawa sejuk. Kalau freon bocor maka bisa mengeluarkan asap yang jika dibiarkan lama-lama AC mobil terasa panas.

Bearing Pulley Macet

AC Mobil Keluar Asap Jangan Dibiarkan, Bisa Merembet ke Komponen Lain! 03

Kalau rusak bisa bikin v-belt putus

Hal lain yang juga menyebabkan AC mobil keluar asap putih adalah bantalan roda di sistem v-belt (bearing pully) macet. Komponen ini bertugas menopang kipas yang berputar diantara mesin, alternator, dan kompresor.

Jika bantalan tersebut macet, maka putaran v-belt tidak akan sempurna dan menyebabkan gesekan terus-menerus bergesekan dengan pulley. Jika lama-lama dibiarkan, maka gesekan bakal menghasilkan asap dan menyebabkan v-belt putus.

Baca juga: Sejarah Munculnya AC Mobil, dari Pakai Batu Es Berganti Jadi Kipas

Gesekan Magnetic Clutch

AC Mobil Keluar Asap Jangan Dibiarkan, Bisa Merembet ke Komponen Lain! 04

Gesekan bisa menyebabkan terbakar

Magnetic clutch adalah komponen yang berfungsi untuk mengontrol aliran freon dalam AC mobil. Apabila magnetic clutch sudah mulai aus, maka akan terjadi gesekan pada pulley dan piringan plat center piece.

Hal ini akan menyebabkan bunyi kasar dan dapat menimbulkan bunga api kecil pada gesekan tersebut. Gesekan yang terus terjadi ini dapat merusak komponen lain pada AC mobil dan menyebabkan AC keluar asap.

Tuh kan... kalau AC mobil keluar asap sebaiknya jangan dibiarkan ya!

@autofun.indonesia Nyetel Posisi Nyetir Ideal Nih #autofact #tipsmobilbekas #tipsmobil #mobilbekas #reviewmobil ♬ Famous piano songs for comedy and cooking programs - moshimo sound design

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil