window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ada 7 Varian, Berikut Tipe Honda Brio yang Cocok Dipilih Saat Ini

Enda · 6 Jun, 2022 16:30

Honda Brio RS CVT

Honda Brio merupakan salah satu city car hatchback yang digemari masyarakat Tanah Air. Selain tampilannya yang sporty sekaligus atraktif, pesaing Toyota Agya ini diminati karena memiliki tenaga terbesar di kelasnya.

Saat ini PT Honda Prospect Motor (HPM) menjual Brio mulai dari Rp155,7 hingga Rp235,9 juta OTR Jakarta. Untuk variannya sendiri yang ditawarkan terdapat 7 model, diantaranya; Satya S MT, Satya E MT, Satya E CVT, RS MT, RS CVT, RS MT Urbanite Edition dan RS CVT Urbanite Edition.

Punya 7 model yang ditawarkan, varian Honda Brio mana yang paling cocok dipilih untuk saat ini?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: New Daihatsu Sirion 2022 vs Honda Brio RS, Harga Mirip Fitur Jauh Beda

1. Honda Brio RS CVT Jadi Varian yang Paling Cocok Dipilih

Honda Brio RS CVT

Honda Brio RS CVT paling cocok dipilih saat ini

Saat ini Honda Brio RS CVT memang bukan sebagai varian teratas. Meski begitu, tipe ini juga tampil sporty. Seperti yang bisa dilihat untuk bagian sampingnya, mobil ini telah dilengkapi dengan side skirt, velg alloy R15 inci model kipas dual-tone serta lampu sein pada cover spion.

Di bagian belakang, pada bumpernya telah tersematkan difusser yang memberikan kesan atraktif. Oh iya, sebagai informasi untuk sistem pencahayaannya varian ini mendapatkan foglamp dibagian fascianya.

2. Interior Lebih Sporty, Headrest Baris Pertama Honda Brio RS Bisa Diatur Tinggi dan Rendahnya

Honda Brio RS CVT

Headrest baris pertama Honda Brio RS CVT bisa diatur

Berbeda dengan Brio Satya S maupun E, untuk tampilan dalam Brio RS terkesan lebih sporty berkat didominasi warna hitam yang dikombinasikan aksen orange stitch dibeberapa bagian.

Tak hanya itu, pada jok baris pertamanya varian ini memiliki headrest yang bisa diatur tingkat tinggi dan rendahnya menyesuaikan posisi berkendara baik untuk pengemudi maupun penumpang depan.

Baca juga: Selisih Harganya Lumayan Jauh, Apa Saja Perbedaan Honda Brio RS dan Brio Satya?

3. Fitur Honda Brio RS CVT Komplit

Honda Brio RS CVT

Honda Brio RS CVT punya fitur komplit

Bicara fitur, mulai dari RS MT hingga RS CVT Urbanite Edition terbilang sama. Seperti yang bisa dilihat, untuk sistem hiburannya mobil ini telah dilengkapi dengan head unit 6,2 inci layar sentuh yang telah mendukung format USB port, AM/FM radio, compatible w/ iPhone & iPod, compatible w/ RR Cam, CD & DVD player, AUX-IN, bluetooth, audio steering switch control dan tweeter speaker.

Selain itu juga terdapat tilt steering, ECO assist, power retractable door mirror, rear wiper, auto wiper + rain sensor, dan AC digital.

Untuk fitur keselamatan, mobil ini sudah dilengkapi dengan dual front i-SRS airbags, struktur rangka G-CON + ACE, dan sistem pengereman ABS + EBD.

Lainnya, Brio RS telah tersematkan pretensioner with load limiter seatbelt, ISOFIX & tether dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Soal fitur keamanan, mobil ini juga berhasil dibenamkan alarm system, auto door lock by speed, immobilizer dan keyless entry.

Oh iya, varian ini untuk suspensinya memakai MacPherson Strut di bagian depan, serta H-Shape Torsion Beam di belakang yang telah dituning ulang. Dengan begitu mobil akan terasa lebih rigid dan stabil ketika melakukan manuver.

4. Menggunakan Transmisi CVT yang Halus dan Hemat Bahan Bakar

Honda Brio RS CVT

Transmisi CVT pada Honda Brio RS

Dapur pacunya Honda Brio RS CVT dibenamkan mesin 1.199 cc SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW, PGM-FI yang dapat memeras tenaga 90 PS @6.000 rpm serta tosi maksimal 110 Nm @4.800 rpm. Untuk gearboxnya, varian ini dikawinkan dengan transmisi jenis CVT.

Bicara transmisi CVT yang digunakan Honda Brio, gear box ini menggabungkan tingkat kenyamanan dalam mengemudi berkat perpindahannya yang halus, responsif, serta efisiensi dalam hal penggunaan bahan bakarnya.

Dengan penggunaan transmisi CVT, diklaim oleh pabrikan bahwa Honda Brio mampu menghemat tingkat bahan bakar sebesar 5-10%. Menurut penghitungan konsumsi BBM yang pernah dilakukan oleh rekan kami, secara real time Brio RS CVT untuk penggunaan dalam kota mampu menempuh jarak 12,01 km/liter dengan kondisi jalan yang beragam.

Beda halnya ketika pengujian dilakukan keluar kota dalam kecepatan konstan, mobil ini sanggup menunjukkan angka penggunaan BBM 20,8 km/liter.

Kesimpulan

Dari 7 varian yang ditawarkan, menurut kami Honda Brio RS CVT paling cocok untuk dipilih saat ini bagi kalian yang sering melakukan aktifitas di kota-kota besar. Selain memiliki fitur komplit, hemat bahan bakar, dan terasa nyaman dalam setiap perpindahan giginya, varian ini dipilih karena lebih terjangkau dibandingkan dengan RS Ubanite Edition.

Bedanya dengan RS Ubanite Edition, Brio RS biasa hanya terletak pada velg, serta beberapa akesoris tambahan dibagian fasadnya.

Baca juga: Honda Brio S dan E Selisih Sampai Rp30 Juta, Apa Aja Bedanya?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil