Ada MINI Cooper Klasik Tiruan dari Cina, Pakai Tenaga Listrik

Prasetyo · 20 Mei, 2022 20:03

Ada MINI Cooper Klasik Tiruan dari Cina, Pakai Tenaga Listrik 01

  • Ini bukan MINI klasik tapi mobil Cina tiruan.
  • Sudah dapat paten desain dan rencananya segera diproduksi oleh GWM.
  • MINI Cooper klasik tiruan ini tidak menggunakan bensin.

Mobil Cina tiruan dari mobil lain yang sudah populer rupanya masih terus terjadi. Kali ini "korbannya" adalah MINI, pabrikan mobil klasik dari Inggris.

Sebuah perusahaan otomotif asal Tiongkok baru saja mengumumkan rencana untuk memproduksi mobil mungil yang desainnya sangat mirip MINI Cooper klasik.

Ada MINI Cooper Klasik Tiruan dari Cina, Pakai Tenaga Listrik 02

Desainnya sulit dibedakan dengan MINI Cooper classic asli

MINI klasik versi Cina itu dibuat benar-benar mirip mobil aslinya. Mulai dari dimensi, tampilan depan, lampu utama yang bulat, bemper, spion bulat kecil, sampai desain velg dan wiper pun dibuat cukup identik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Apa yang dilakukan pabrikan Negeri Tirai Bambu itu benar-benar membuat satu mobil yang seakan melakukan perjalanan waktu kembali ke tahun 1960-an.

Baca juga : Bukan Sedan Klasik Amerika, Tapi Ini Mobil Cina Bertenaga Listrik Songsan Monterey

Mini Cooper Klasik Versi Listrik

Ada MINI Cooper Klasik Tiruan dari Cina, Pakai Tenaga Listrik 01

Bodinya sedikit lebih ramping

Meskipun desainnya begitu identik, tetap ada beberapa hal yang berbeda antara MINI Cooper klasik yang asli dengan versi mobil Cina tiruan ini. Antara lain bodinya dibuat lebih ramping dari aslinya, kemudian ada tambahan kotak panjang di bagian bawah lantai kabin.

Ya, karena MINI Cooper KW ini berjenis mobil listrik, maka di bagian bawah kabin tersimpan paket baterai lithium sebagai sumber tenaganya. Kabar lainnya, mobil ini akan segera masuk jalur produksi namun seperti apa spesifikasi teknisnya belum diungkap.

Baca juga : Mirip VW Beetle, Mobil Cina ORA Punk Cat Sudah Kantongi Hak Paten Buat Produksi, Kok Gak Digugat?

Diproduksi Oleh GWM

Ada MINI Cooper Klasik Tiruan dari Cina, Pakai Tenaga Listrik 02

Tampilan depan dan belakangnya juga sangat mirip MINI klasik

Dikutip dari Carnewschina, Jumat (20/05/2022) adalah Great Wall Motors (GWM) yang akan memproduksi MINI electric ini. Bahkan mobil tersebut akan tetap dinamai MINI serta pengajuan merek dagangnya sudah disetujui oleh otoritas setempat.

Dari dokumen pengajuan paten yang disodorkan Beijing Estech Technology Co., Ltd, ada dua perusahaan yang ikut mendukung GWM untuk proyek MINI tersebut. Yaitu IAT Automotive Technology yang merupakan perusahaan design and engineering, serta Karlmann King yang merupakan perusahaan bergerak di bidang custom automotive.

Ada MINI Cooper Klasik Tiruan dari Cina, Pakai Tenaga Listrik 03

ORA Ballet Cat yang mirip VW Beetle

Perlu diketahui, GWM juga sebenarnya sudah memasarkan mobil listrik Cina bernama ORA Ballet Cat. Dan mobil ini begitu identik desainnya dengan VW Beetle, namun tetap mendapat hak paten desain dan tidak dilarang untuk diproduksi.

Jadi, apakah BMW akan keberatan dengan MINI clectric versi KW dari Cina ini?

Baca juga : Mobil Cina Beijing BJ80 Ini Meniru Mercedes-Benz G-Class Tapi Didukung Pemerintahnya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru