Ada Varian GR Sport, Toyota Fortuner Kembali Asapi Pajero Sport

Prasetyo · 24 Sep, 2021 12:09

Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport

Kehadiran Toyota Fortuner GR Sport ternyata berhasil mendongkrak penjualan Fortuner secara keseluruhan. Kondisi ini terlihat jelas dari hasil rilis data GAIKINDO periode Januari-Agustus 2021.

Diperkenalkan awal bulan lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) rupanya langsung tancap gas mendistribusikan Toyota Fortuner GR Sport ke sebaran jaringan dealer resmi Toyota. Hal itu tentu karena telah bermunculnya permintaan konsumen akan varian baru Fortuner ini.

Baca juga : Thailand Luncurkan Toyota Fortuner GR Sport, Beda Banget Sama di Indonesia

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Toyota Fortuner Tipe Tertinggi yang Paling Laris

Toyota Fortuner GR Sport -1

Tipe SRZ GR Sport yang paling banyak permintaannya

Dari data GAIKINDO itu pula terlihat jika varian Toyota Fortuner SRZ 2.7 GR Sport mendpaat permintaan paling besar. Wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) menunjukkan jika Fortuner GR Sport tipe SRZ ini menerima permintaan hingga 1.445 unit. Sementara varian tipe Fortuner GR Sport lainnya hanya menyumbang penjualan 55 unit.

Angka tersebut jauh lebih tinggi dibanding permintaan untuk Fortuner VRZ 2.4 AT yang tercatat 1.139 unit di Agustus 2021. Padahal selama ini Fortuner tipe VRZ bermesin diesel itu selalu menyumbang penjualan paling tinggi.

Mitsubishi Pajero Sport Masih Tak Bisa Menyalip

Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport -2

Pajero Sport tak dapat diskon PPnBM

Secara total, penjualan Toyota Fortuner di Agustus 2021 tercatat 2.945 unit. Sementara itu jika dibandingkan penjualan Mitsubishi Pajero Sport, untuk bulan yang sama mengantongi 2.162 unit. Rupanya Mitsubishi kembali belum bisa menyalip Fortuner dalam hal angka penjualan.

Padahal PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mencatatkan peningkatan penjualan untuk Pajero Sport. Di Juli 2021 misalnya, SUV ladder frame ini hanya terjual 1.441 unit.

Toyota Fortuner GR Sport -2

Varian GR Sport menggantikan TRD Sportivo

Demikian pula secara total untuk periode Januari-Agustus 2021, Pajero Sport terjual 11.902 unit. Masih kalah dari Fortuner yang mengantongi penjualan 12.914 unit untuk periode yang serupa.

Baca juga : Model GR Sport Resmi Diperkenalkan, Apakah Bakal Ada Toyota Innova GR Sport Juga?

Honda CR-V dan Wuling Almaz Masih Belum Bisa Bersaing

Lalu bagaimana dengan penjualan model SUV lain yang sekelas dengan Fortuner serta Pajero Sport? Ternyata para kompetitornya masih belum mampu bersaing di perebutan tahta jawara SUV tersebut.

Honda CR-V 2021

Penjualan CR-V masih di bawah 1.000 unit

Honda CR-V misalnya, di Agustus 2021 hanya terjual 720 unit, sementara Wuling Almaz secara wholesales juga cuma mencatatkan 551 unit. Kemudian Isuzu MU-X juga cuma bisa sanggup terjual 30 unit.

Baca juga : Toyota Hilux Revo GR Sport Meluncur di Thailand, Bukan Cuma Untuk Off-Road

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru