window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Fitur ADAS dan Kenyamanan di Honda BR-V vs Toyota Veloz 2022, Harga Mahal Jaminan Lebih Lengkap?

Yongki Sanjaya · 27 Jan, 2022 12:30

Adu Fitur ADAS dan Kenyamanan di Honda BR-V vs Toyota Veloz 2022, Harga Mahal Jaminan Lebih Lengkap? 01

Setelah dinantikan sekian lama, PT Honda Prospect Motor akhirnya resmi memasarkan dan mendistribusikan Honda BR-V generasi kedua kepada konsumen di awal 2022 ini. Sosok Honda BR-V ini sempat fenomenal, karena menjadi inisiator low SUV atau mobil dengan fitur ADAS di bawah Rp350 juta. Namun tak perlu menunggu lama, Toyota kemudian merilis Veloz dengan TSS sebelum Honda resmi memasarkan BR-V.

Dari segi harga jelas Honda BR-V 2022 lebih mahal karena segmentasi sedikit di atas Toyota Veloz. Berikut ini perbandingan harga antara kedua model tersebut:

Harga Honda BR-V 2022

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });
  • Honda BR-V S MT Rp278.900.000
  • Honda BR-V E MT Rp292.900.000
  • Honda BR-V E CVT Rp302.900.000
  • Honda BR-V Prestige CVT Rp324.900.000
  • Honda BR-V Prestige with Honda Sensing Rp342.900.000

Harga Toyota Veloz 2022

  • Toyota Veloz 1.5 MT Rp278.700.000
  • Veloz 1.5 Q CVT Rp301.600.000 
  • Veloz 1.5 Q CVT TSS Rp323.500.000

Adapun untuk tipe tertinggi yang memiliki ADAS, harga Honda BR-V lebih mahal Rp19,4 juta daripada Toyota Veloz. Apakah dengan selisih segitu BR-V jadi mobil yang komplit? Mari kita bandingkan fitur Toyota Veloz Q CVT TSS dengan Honda BR-V Prestige with Honda Sensing.

Toyota Veloz Q CVT TSS 2022, Low MPV yang Kastanya 'Mewah'

Adu Fitur ADAS dan Kenyamanan di Honda BR-V vs Toyota Veloz 2022, Harga Mahal Jaminan Lebih Lengkap? 01

Toyota Veloz walaupun lahir kembar bersama dengan Avanza, tapi segmentasinya berbeda. Veloz ini kelasnya lebih mewah dengan fitur yang lebih melimpah.

Untuk segmen low MPV, Veloz kini menduduki level tertinggi dari sekian banyak model yang ada. Harganya paling mahal dan fiturnya juga cukup canggih. Pada tipe tertingginya,  Toyota Veloz Q CVT TSS sudah dilengkapi dengan fitur ADAS Toyota Safety Sense. 

TSS pada All New Veloz terdiri dari empat fitur keselamatan. Fitur pertama adalah Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking. Lalu ada fitur Pedal Missoperation Control. Fitur ketiga adalah Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention. Terakhir ialah Front Departure Alert.

Untuk fitur keselamatan standarnya, Veloz Q CVT TSS ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur keselamatan seperti vehicle stability control, hill start assist, seat belt warning, alarm+immobilizer dan rear parking sensor. Rear parking camera juga sudah ada pada ketiga tipe ini, dan khusus tipe CVT sudah juga dilengkapi dengan All round view camera.

Fitur Kenyamanan di Toyota Veloz Q CVT TSS, Sudah Proper Untuk Mobil Rp300 Jutaan

Adu Fitur ADAS dan Kenyamanan di Honda BR-V vs Toyota Veloz 2022, Harga Mahal Jaminan Lebih Lengkap? 02

Veloz memiliki segala hal baru melampaui apa yang sudah ada di segmen low MPV. Pertama ialah long sofa mode dengan konfigurasi kursi yang fleksibel sesuai kebutuhan pengguna. Kursinya dapat disesuaikan menjadi seperti sofa di rumah. 

Informasi berkendara bisa didapat  7 Inch Digital TFT MID, termasuk aktivasi fitur TSS. Hal menarik lainnya yang ada pada Veloz ialah New Integrated 9 Inch Head Unit dengan Advanced Smartphone Connectivity dan New Rear-Seat Entertainment berupa roof monitor pada tipe Q CVT dan Q CVT TSS. 

Dari sisi kenyamanan dan kepraktisan, All New Veloz juga dilengkapi dengan Wireless Charger di konsol tengah, bersama dengan New Electric Parking Brake with Brakehold. Terdapat  pula Push Start Button untuk menghidupkan dan mematikan  mobil, serta fitur Auto A/C yang secara efektif mendinginkan suhu kabin. 

Lumayan menarik bukan? Bagaimana dengan Honda BR-V Prestige with Honda Sensing, apakah bisa lebih mentereng fiturnya? 

Honda BR-V Prestige with Honda Sensing, Fiturnya Cukup Mentereng di 2022

Adu Fitur ADAS dan Kenyamanan di Honda BR-V vs Toyota Veloz 2022, Harga Mahal Jaminan Lebih Lengkap? 03

Secara teknologi, Honda BR-V ini paling unggul di antara low SUV lain karena sudah memiliki fitur keselamatan Honda Sensing. Berikut ini deretan fitur yang dimiliki Honda BR-V Prestige dengan Honda Sensing:

  • Lead Car Departure Notification System (LCDN)
  • Collision Mitigation Brake System (CMBS)
  • Lane Keeping Assist System (LKAS)
  • Road Departure Mitigation (RDM)
  • Adaptive Cruise Control (ACC)
  • Auto-High Beam

All New Honda BR-V dirancang untuk memadukan desain dan ketangguhan dari sebuah SUV, kenyamanan kabin dan fungsionalitas dari sebuah MPV. Mesinnya yang diadopsi dari City Hatchback menghasilkan performa berkendara menyenangkan dan efisiensi bahan bakar yang menjadi ciri khas mobil Honda.

Sebagai tipe tertinggi, Honda BR-V Prestige Honda Sensing memiliki fitur-fitur baru termasuk Auto Foldable Side Door Mirror with LED Turning Signal, 17” Alloy Wheel, 2nd Row Armrest Console, dan 3rd Row Accessories Power Outlet serta  Front Passenger Seatbelt Reminder. 

Adu Fitur ADAS dan Kenyamanan di Honda BR-V vs Toyota Veloz 2022, Harga Mahal Jaminan Lebih Lengkap? 04

Fitur multimedia didukung head unit layar sentuh 7” yang telah dilengkapi berbagai fungsi antara lain Smartphone Connection dan juga dilengkapi Hands-Free Telephone untuk kenyamanan pengemudi. Interiornya memakai kursi dengan lapisan berbahan kulit, termasuk pada sandaran tangan dan sisi pintu serta panel dashboard.

Tambahan fitur lainnya yang hadir pada BR-V antara lain Remote Engine Start yang berfungsi untuk menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis sebelum masuk ke dalam kendaraan. Fitur lainnya, seperti Walk-Away Auto Lock berfungsi untuk mengunci pintu secara otomatis saat pengemudi telah berjalan minimal 2 meter atau lebih dari mobil.  

Kesimpulan

Melihat perbandingan fitur kedua model ini, Honda BR-V Prestige with Honda Sensing punya fitur yang lebih lengkap baik dari ADAS ataupun fitur kenyamanan bagi pengguna. Jagoan baru Honda ini punya remote engine start dan auto lock apabila kita kelupaan mengunci mobil.

Untuk kelemahan fitur di Honda BR-V juga bukan hal-hal yang bersifat sangat krusial, tapi memang mengurangi cita rasa mewah yang semestinya jadi identitas brand Honda. Sebut saja, masih pakai tuas rem tangan konvensional dan belum ada fitur wireless charging untuk smartphone. Apabila Honda menyediakan dua fitur tadi di BR-V, niscaya akan lebih sulit bagi merek lain menandingi keistimewaannya. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Avanza Veloz 1.3 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil