window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Fitur ADAS di Chery Tiggo 7 dan 8 Pro, Lebih Oke Dari Milik Toyota Kijang Innova Zenix?

Yongki Sanjaya · 23 Nov, 2022 19:00

Adu Fitur ADAS di Chery Tiggo 7 dan 8 Pro, Lebih Oke Dari Milik Toyota Kijang Innova Zenix? 01

Selama seminggu terakhir, jagat otomotif nasional diramaikan dengan peluncuran beberapa produk baru yang fenomenal. Tak cuma peluncuran Toyota Kijang Innova Zenix, PT Chery Sales Indonesia pun resmi meluncurkan Chery Tiggo 7 dan 8 Pro untuk konsumen di Indonesia. Baik merek Jepang ataupun China sama-sama menghadirkan produk dengan teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Baca juga:

Dirakit di Indonesia, Toyota Kijang Innova Zenix 2023 dengan Teknologi Hybrid Resmi Meluncur

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Detail Spesifikasi Toyota Kijang Innova Hybrid, Pakai Mesin Voxy?

Harga Setara Honda HR-V, Ini Keunggulan Fitur yang Dimiliki Chery Tiggo 7 Pro yang Bisa Dipesan di GIIAS 2022

Teknologi ADAS kini menjadi suatu nilai jual utama pada mobil-mobil keluaran terbaru. ADAS menjadi teknologi canggih yang sangat bermanfaat untuk keselamatan, karena  memiliki peranan untuk mengurangi jumlah kecelakaan mobil dan mengurangi dampak serius yang sulit untuk dihindarkan.

Dalam menjalankan fitur keselamatan aktif, ADAS melibatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang mengelola informasi dari sensor untuk mengidentifikasi dan memproses suatu objek. Cara kerja sensor ini sangat mirip dengan informasi proses yang berjalan di otak manusia.

Nah, secanggih apa fitur ADAS di mobil China seperti Chery Tiggo bila dibandingkan dengan Toyota Safety Sense 3.0 milik Kijang Innova Zenix? Berikut ini perbandingannya.

Fitur Keselamatan Aktif di Chery Tiggo 7 dan 8 Pro, Seberapa Canggih?

Adu Fitur ADAS di Chery Tiggo 7 dan 8 Pro, Lebih Oke Dari Milik Toyota Kijang Innova Zenix? 01

Chery Tiggo 7 Pro hadir sebagai SUV kompak yang masih satu segmen bersama Honda HR-V, atau MG ZS dan DFSK i-Auto. Tiggo 7 Pro hadir dalam tiga tipe yakni Comfort, Luxury, dan Premium. Berikut ini harga dari setiap tipe:

  • Chery Tiggo 7 Pro Comfort Rp368.500.000    
  • Chery Tiggo 7 Pro Luxury Rp398.500.000    
  • Chery Tiggo 7 Pro Premium Rp428.500.000    

Untuk Tiggo 7, Chery membekali seluruh tipe dengan Electronic Parking Brake (EPB), with autohold, rem cakram di semua roda, pre-tensioner & load limiter SRS seat belt, mechanical child safety lock, dan engine electronic anti-theft. Perbedaannya ada pada jumlah airbag, dimana untuk Comfort dan Luxury mendapat 4 airbags dan tipe Premium ada 6 airbags (Premium) sebagai keselamatan standar.

Bukan cuma itu, pada semua varian juga memiliki dengan rear view camera, rear parking sensor, ABS + EBD + BAS, Electronic Stability Program (ESP), Hill-start Assist Control (HAC), Hill Descent Control (HDC), serta Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) yang dapat memberikan peringatan ketika ban kekurangan tekanan angin.

Perlu kalian ketahui, Chery Tiggo 7 Pro tipe Luxury dan Premium  telah  mendapatkan fitur keselamatan pintar berupa ADAS (Advanced Driver Assistance System). Khusus varian Luxury hanya memperoleh BSD (Blind Spot Detection), DOW (Door Open Warning), RAT (Reverse Tendancy Alert), dan 360 derajat HD Panoramic Camera.

Berbeda dengan Luxury, tipe Premium nya ditambahkan LDW (Lane Departure Warning), ACC (Adaptive Cruise Control), FCW (Forward Collision Warning), dan terakhir AEB (Automatic Emergency Braking).

Fitur Keselamatan Chery Tiggo 8 Pro Premium Lebih Komplit?

Adu Fitur ADAS di Chery Tiggo 7 dan 8 Pro, Lebih Oke Dari Milik Toyota Kijang Innova Zenix? 02

Tiggo 8 Pro Luxury yang saat ini dijual Rp518.500.000 dan untuk tipe Premium dijual Rp548.500.000. Harga yang lebih murah tak membuat Chery kikir soal fitur keselamatan. Tiggo 8 Pro dibangun menggunakan platform T1X.

Adapun fitur keselamatan pasif berupa BOS + ESP + TCS, EPS, EPB + AUTO HOLD, front side airbags, side curtain airbags, ABS + EBD, Hill Start Assis (HSA), Hill Descent Assist (HDA), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), speed limit remind and setting dan traffic sign recognition.

Supaya terasa lebih nyaman dan aman, didalmnya Chery Tiggo 8 Pro Premium mendapat tambahan fitur ADAS (Advanced Driver Assistance System). Fitur yang terkandung didalamnya meliputi; ACC (Adaptive Cruise Control), Lane Departure Warning (LDW), BSD (Blind Spot Detection), FCW (Forward Collision Warning ), AEB (Automatic Emergency Braking), RCTA (Rear Cross Traffic Alert), HBC (High Beam Control System) dan RAT.

Toyota Kijang Innova Zenix Telah Memiliki TSS 3.0 

Adu Fitur ADAS di Chery Tiggo 7 dan 8 Pro, Lebih Oke Dari Milik Toyota Kijang Innova Zenix? 03

Kelas harga Kijang Innova Zenix paling mahal dalam daftar ini, dimana untuk Innova Zenix 2.0 Q HV CVT TSS dijual Rp611.000.000. Bicara soal fitur keselamatan standar, Kijang Innova Zenix telah dilengkapi ABS+EBD+BA dan rem cakram di semua roda. Selain itu, terdapat Electric Parking Brake + Brake Hold (EPB+BH), sensor parkir, dengan model Q HV ditambah corner sensor. 

Pengemudi makin nyaman saat berkendara di situasi ekstrim karena mobil ini memiliki Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA), serta adanya kamera parkir.

Guna mengurangi cedera saat terjadinya benturan cukup keras, Innova Zenix tipe G hingga V mendapatkan dua buah airbags di depan. Sedangkan model Q HV memiliki 6 SRS airbags yang terdiri dari dual airbags, side airbags, dan curtain side air bags (CSA). 

Sebagai antisipasi terjadinya benturan, tersedia fitur Vehicle Approach Notice yang terdapat di tipe Q HV, dan V HV. Fitur ini bekerja memberikan peringatan kepada pengemudi jika ada kendaraan lain atau pejalan kaki mendekati titik tertentu kendaraan. 

Untuk mengetahui kondisi keliling mobil, ada juga DVR yang bertindak sebagai dashboard camera guna merekam perjalanan.Pada tipe Q HV juga terdapat fitur Panoramic View Monitor yang bisa memberikan pandangan dari seluruh sisi kendaraan.

Khusus pada tipe Q HV sebagai tipe termahal telah mendapatkan fitur keselamatan pintar generasi terbaru, Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Teknologi keselamatan Toyota yang mengandalkan sensor dan radar tersebut telah mencakup:

  • Pre-Collision System (PCS)
  • Dynamic Radar Cruise Control (DRCC)
  • Lane Departure Alert (LDA)
  • Lane Tracing Assist (LTA)
  • Automatic High Beam (AHB).

Kesimpulan

Secara garis besar fitur keselamatan aktif di TSS milik Kijang Innova Zenix serupa dengan milik Chery Tiggo 7 Pro dan 8 Pro. Namun bila melihat kelengkapan lain, maka Tiggo Series masih sedikit lebih unggul dengan adanya Tire Pressure Monitoring System (TPMS), speed limit remind and setting dan traffic sign recognition. Namun demikian, orang Indonesia beli Toyota tak cuma beli mobil tapi juga layanan purna jual yang prima hingga harga jual kembali yang unggul.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Chery Tiggo 7 Pro Comfort 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil