window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Fitur Honda Brio 2023 Lawan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, Siapa Paling Lengkap?

Herdi · 8 Mei, 2023 15:02

Honda Brio 2023

Pasar mobil kecil atau city car di Indonesia, setidaknya ada tiga model yang paling populer yaitu Honda Brio, dan si kembar Toyota Agya-Daihatsu Ayla. 

Ketiga mobil ini juga punya varian mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) memang disebut-sebut menyasar konsumen first buyer. Alhasil, ketiga mobil tersebut masih memiliki harga kurang dari Rp200 jutaan. 

Baca juga: Sama-sama Model Baru, Pilih Honda Brio 2023, Toyota Agya atau Daihatsu Ayla?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Nah, Anda yang sedang ingin mencari citycar, setidaknya perlu mengetahui informasi terkait apa saja fitur-fitur yang dimiliki dari ketiga mobil yang disebutkan di atas. Berikut ulasannya. 

1. Honda Brio 2023

Honda Brio 2023

Honda Brio Satya 2023

Honda Brio 2023 memang baru saja melakukan penyegaran ringan baik untuk varian Satya (LCGC) hingga RS. Adapun untuk model Honda Brio Satya, ubahan paling terlihat terjadi dengan penambahan fitur baru seperti New Headlamp with LED Daytime Running Light, New Chrome Front Grille Design, desain bumper depan dan belakang, serta desain velg alloy terbaru berukuran 14 inch.

Kemudian pada bagian interior, mobil tersebut kini dilengkapi New Auto Up/Down Window with Anti-Pinch, kemudian warna interior baru yaitu New Seat Pattern Design, door lining dan dashboard dipadu dengan warna abu-abu pada bagian roof lining-nya.

Selain fitur-fitur terbaru, untuk Brio Satya tipe S sudah dijejali digital AC, 2nd Row Adjustable Headrest, Electric Power Steering, Tilt Steering, ABS+EBD, dan parking Sensor.

Untuk tipe E baik transmisi manual maupun CVT, semua fitur yang ada di tipe S, dibenamkan pada tipe ini, diantaranya, Rear Wiper, Audio Steering Switch with Illumination, Auto Door Lock by Speed, Alarm System, Shifter Illumination.

Baca juga: Honda Brio Facelift 2023 Resmi Meluncur, Tampilan Lebih Sporty Harganya Naik Mulai Rp1,5 Juta

Honda Brio 2023

Honda Brio RS 2023

Sedangkan untuk Honda Brio RS, pada model barunya memang lebih berbeda lagi, karena ada beberapa penyegaran diantaranya pada tampilan depan menggunakan grill baru berwarna hitam krom, dimana bentuk grill kini mirip HR-V RS dan WR-V RS.

Selain itu, untuk pencahayaan sudah menggunakan lampu LED, baik itu untuk lampu utama mau lampu kabut. Selain itu ada juga New Entry system, serta velg 15 inci dark chrome sporty alloy wheel.

Honda Brio RS 2023 sudah dilengkapi dua pilihan warna baru, yaitu Electric Lime Metallic dan Stellar Diamond Pearl. Untuk interior Brio RS kini dilengkapi fitur baru seperti One Push Ignition System dan Sporty Meter Cluster with Multi Information LCD Display berukuran 7 inci.

Untuk detail fiturnya, semua yang ada di Brio Satya dibenamkan pada tipe RS, kemudian ditambah beberapa fitur lainnya seperti 1st Row Adjustable Headrest, Power Retractable Door Mirror with LED Turning Signal, Smoked Rear Combi Lamp, Black Color Interior with Orange Stitch, Tailgate Spoiler with LED High Mount Stop Lamp, lalu Rear Bumper with Diffuser.

Balum sampai disitu, ada juga Sporty Dashboard Panel Pattern with Red & Gray Lining, Sporty Meter Cluster with Multi Information LCD Display, layar 7 inch Advanced Capacitive TouchScreen Display Audio With USB Port, AM/FM Radio, Bluetooth & HFT, Screen Mirroring, Smartphone Connection dan Tweeter Speakers. 

Baca juga: Ini Perbedaan Toyota Agya 2023 Tipe GR Sport dan Versi LCGC

2. Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla 2023

Daihatsu Ayla 2023

Di awal tahun 2023, Daihatsu Ayla generasi kedua akhirnya meluncur dengan berbagai ubahan. Termasuk penggunaan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Daihatsu Ayla hadir dalam tiga tipe pilihan yaitu M, X dan R. Untuk tipe M cuma dilengkapi transmisi manual, sedangkan X dan R hadir pilihan transmisi manual, CVT, serta ada varian ADS.

Ayla terbaru kini dilengkapi Grip Outer Door Handle, E-Latch Backdoor, LED Headlamp. Kemudian untuk tipe ADS sudah ada LED DRL, Front Body Kit & Bumper Blackout, Front Grille Garnish. Untuk tipe 1.0 X dipasangkan velg 14 inci.

Untuk bagian interior, Daihatsu Ayla sudah banyak tempat penyimpanan botol, kemudian ada juga Meter Cluster with MID, dan ada transmisi CVT. Untuk tipe R, sudah dilengkapi tilt steering, AC digital, layar sentuh berukuran 7 inci, dan untuk menyalakan mesin menggunakan push start button.

Adapun untuk fitur Daihatsu Ayla diantaranya pengereman ABS+EBD, Dual SRS Airbag, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, Keyfree serta Rear Parking Camera. 

3. Toyota Agya

Toyota Agya

Toyota Agya tipe G 2023

Kehadiran Daihatsu Ayla dengan segala ubahannya, tentu saja juga dilakukan oleh Toyota Agya. Hal yang paling berbeda adalah Toyota Agya punya pilihan GR Sport dan standar (LCGC).

Secara eksterior, Toyota Agya Standar 2023 juga dilengkapi lampu utama DRL LED dan foglamp LED, selain itu varian ini juga memiliki grille dengan balutan chrome, serta velg single tone berukuran 14 inci yang dibalut ban 175/65.

Spion tipe standar ini juga senada dengan warna body dan tidak dilengkapi lampu spion, serta dilipat dengan cara manual. Selain itu, bagian atap tipe ini tidak ditawarkan pilihan warna two tone. Oia, bodykit tipe standar juga terasa lebih simple. Namun untuk tipe G, ada juga pilihan untuk tidak dilengkapi body kit. 

Masuk ke kabin, memiliki jok tidak berdesain pocong lagi, dan dibalut dengan bahan fabric ditambah garis-garis. Sedangkan untuk head unit sudah berukuran 7 inci. Kemudian bagian atap berwarna silver.

Toyota Agya GR Sport

Toyota Agya GR Sport 2023 

Untuk Toyota Agya GR Sport, mobil ini memiliki ornamen sorty khas Toyota GR Sport, dimana pada eksterior sudah dilengkapi front bumper spoiler, rear roof spoiler, rear bumper spoiler, logo GR di pintu bagasi, dan side skirt desain baru.

Agya GR Sport juga dilengkapi head unit layar sentuh berukuran 7 inch, , pengaturan AC digital, instrument cluster digital, wireless Charger, Paddle Shift dan tombol engine start/stop, lalu ada juga keyless entry, Vehicle Stability control.

Oia,  bahkan untuk baris depan terkesan lebih sport karena ada jahitan merah lengkap dengan logo GR tepat pada sandaran punggung. Bahkan untuk lingkar kemudi sudah dibalut kulit dengan aksen jahitan merah berbagai tombol-tombol, kemudian atapnya berkelir hitam.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil