window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Fitur Keselamatan 15 Mobil Berlabel 5 Bintang ASEAN NCAP (Part 2)

Herdi · 25 Mar, 2023 11:09

Adu Fitur Keselamatan 15 Mobil Berlabel 5 Bintang ASEAN NCAP (Part 2) 01

Selain Toyota  Kijang Innova, Fortuner, Corolla Cross dan juga Veloz, Isuzu D-Max dan MU-X, beberapa mobil yang dijual di Indonesia juga punya kelengkapan fitur keselamatan yang canggih, telah mendapatkan predikat 5 bintang dari ASEAN NCAP. Termasuk beberapa mobil Honda, Mitsubishi dan Hyundai. 

Baca juga: Adu Fitur Keselamatan 15 Mobil Berlabel 5 Bintang ASEAN NCAP  (Part 1)

Ya, dari sejumlah mobil sedan Honda mulai dari City, Civic, kemudian Accord dikenal dengan fitur cukup lengkap, mobil SUV dari Honda juga tak kalah hebat, seperti BR-V, HR-V sampai WR-V ternyata semuanya sudah mendapatkan rating 5 bintang dari ASEAN NCAP.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tapi selain mobil Honda, ada juga beberapa mobil lainnya yang sudah berpredikat 5 bintang, seperti Mitsubishi Outlander dan Hyundai Creta. Nah, mau tahu detail seberapa hebat fitur-fitur keselamatannya, lihat lebih lengkapnya di bawah ini 

8. Honda City

Adu Fitur Keselamatan 15 Mobil Berlabel 5 Bintang ASEAN NCAP (Part 2) 01

Sendan entry level dari Honda, yaitu Honda City sudah mendapatkan skor 86,54 poin atau 5 bintang saat uji tabrak depan dan samping oleh ASEAN NCAP pada tahun 2020. Meski entry level, Honda City sendiri memang memiliki banyak teknologi dan fitur canggih yang mengedepankan keamanan dan keselamatan.

Beberapa fitur keselamatan yang dimiliki Honda City, diantaranya Anti Lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake Distribution (EBD), Sensor Parking, Rearview Camera, Hill Start Assist (HSA), dan juga Vehicle Stability Control System (VSCS).

Selain itu, mobil ini juga punya enam airbags, Child Safety Lock, Sabuk pengaman, dan juga ISOFIX. Yang tak kalah menarik dari mobil Honda yaitu dilengkapi struktur G-CON (G-Force Control) dimana bodi sasis mobil dapat meredam dan menyalurkan energi benturan secara merata saat terjadi tabrakan yang tidak dapat dihindari, sehingga mengurangi dampaknya ke kabin maupun penumpang.

Baca juga: Hyundai Creta Dapat Lima Bintang ASEAN NCAP, Lebih Baik dari Stargazer

9. Honda Civic

Adu Fitur Keselamatan 15 Mobil Berlabel 5 Bintang ASEAN NCAP (Part 2) 02

Pada tahun 2021, Honda Civic lolos mendapatkan skor 83,47 poin alias mendapatkan peringkat 5 bintang pasca uji tes tabrak yang dilakukan ASEAN NCAP.

Seperti diketahui, Honda Civic juga sudah dilengkapi berbagai fitur menarik yang cukup canggih, seperti halya keberadaan sistem bantuan mengemudi, Honda Sensing yang memiliki beberapa fitur lagi di dalamnya seperti Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low-Speed Follow (LSF), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Auto High-Beam (AHB), dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan lainnya, seperti Honda Lane Watch, Driver Attention Monitor, Multi-angle Rearview Camera, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, Walk-Away Auto Lock, Front Passenger and Rear Seat Belt Reminder serta Rear Seat Reminder.

10. Honda Accord

Honda Accord 2023

Honda Accord 2023

Sedan premium Honda Accord juga pernah dilakukan uji coba, dimana mobil ini mendapatkan tiga  penghargaan mobil teraman dalam tiga kategori, yaitu 'Best Safety Performance' dalam 'Adult Occupant Protection' (AOP) untuk perlindungan terhadap penumpang dewasa, 'Child Occupant Protection' (COP) untuk perlindungan terhadap penumpang anak-anak, serta 'Overall. Semua skor yang diberikan ASEAN NCAP nilainya paling tinggi, yaitu mencapai 91,79 poin.

Diketahui, Honda Accord punya fitur keselamatan standar mencakup struktur bodi yang dirancang menggunakan Advanced Compatibility Engineering (ACE), kemudian ada juga enam kantung udara, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), kamera spion di beberapa sudut, Electric Parking Brake (EPB), hingga Automatic Brake Hold.

Selain itu, mobil ini juga dijejali fitur Honda LaneWatch, Multi-angle Rearview Camera, Walk Away Auto Lock, Front Passenger & Rear Seat Belt Reminder, serta Rear Seat Reminder.

11. Honda HR-V 

Honda HR-V

Honda HR-V

Mobil-mobil SUV Honda juga tak kalah hebat untuk urusan keselamatan. Bahkan Honda telah melakukan serangkaian pengetesan uji tabrak oleh ASEAN NCAP, dimana mobil ini mendapatkan skor 81,38 dari 100, untuk tes tabrak dan fitur keselamatan.

Honda HR-V generasi kedua yang resmi dipasarkan pada tahun 2022 sudah lebih canggih, termasuk paket Honda Sensing yang memiliki enam fitur keselamatan, seperti Collision Mitigation Brake System (CMBS), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Lead Car Departure Notification System (LCDN), Auto High Beam (AHB). 

Selain itu, mobil ini juga dibekali ragam fitur keselamatan lainnya, seperti ABS, EBD, BA, Hill Start Assist, Hill Descent Control, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, Seatbelt Reminder, hingga Emergency Stop Signal.

Baca juga: Indonesia Siap Punya Tes Uji Tabrak di Bekasi, Berstandar Global

12. Honda BR-V

Honda BR-V

Honda BR-V

Honda BR-V juga mendapatkan rating 5 bintang, dari uji tabrak ASEAN NCAP dengan skor 77.02 poin. Beberapa fitur keselamatan yang ada pada Honda BR-V yaitu Blind Spot Visualization (BSV), kemudian ada juga fitur Honda Lane Watch yang berfungsi mendeteksi mobil, sepeda motor, dan pejalan kaki secara efektif dengan memanfaatkan wide view camera pada spion kiri.

Mobil ini juga dilengkapi fitur Honda Sensing, yang terdiri dari CMBS, ACC, LSF, LKAS, RDM, AHB, dan juga LCDN. Selain itu, Honda BR-V juga dijejali beberapa fitur keselamatan lainnya, seperti pengereman ABS, BA,  EBD, Sensor Parking, Rearview Camera, HSA, dan VSCS.

13. Honda WR-V

Honda WR-V

Honda WR-V

Menjadi pendatang baru, Honda WR-V ternyata langsung menyabet 5 bintang dari hasil uji tabrak ASEAN NCAP yang dilakukan pada awal tahun 2023. Jika masalah uji tabrak, mobil ini sendiri diketahui sudah dilengkapi struktur bodi G-CON+ACE with Side Impact Beam yang bekerja menyebarkan energi benturan dan melindungi area kabin mobil saat tabrakan.

Selain itu, Honda WR-V juga dibekali fitur lainnya seperti enam airbag yang terdapat di bagian depan, samping dan pilar, ISOFIX & Tether di kursi baris kedua. Belum sampai disitu, mobil ini juga bagian bodi dirancang untuk pedestrian protection yang meliputi impact-absorbing wiper pivot, impact-absorbing hood, collapsible hood hinges, leg-impact-absorbing construction dan impact-absorbing fender. Teknologi ini meminimalkan cedera pejalan kaki bila terjadi kecelakaan.

Untuk varian teratas, Honda WR-V juga dijejali dengan Honda Sensing, yang terdiri dari Road Departure Mitigation, Collision Mitigation Brake System, hingga Adaptive Cruise Control, Auto-High Beam dan Lead Car Departure Notification System (LCDN), hingga Honda Lanewatch.

Yang tak kalah penting, mobil ini juga sudah dilengkapi ABS,EBD, BA, VSA, empat airbags, Hill Start Assist, Emergency Stop Signal, Brake Override System, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt, dan Parking Sensor di bagian belakang mobil sebagai perangkat standar.

Baca juga: Hasil Uji Tabrak Honda WR-V ASEAN NCAP Mengagumkan Berkat Honda Sensing

14. Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi Outlander PHEV spek ASEAN berhasil meraih skor keseluruhan 83,54 persen dan mendapatkan predikat 5 bintang dari uji tabrak ASEAN NCAP pada tahun 2020.

Nah, mobil ini sudah dilengkapi dengan struktur rangka bodi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution), dimana teknologi rangka body dibuat dari High Tensile Metal, sehingga bagian dalam kabin terlindungi dari benturan karena rangkanya lebih kuat. Mitsubishi Outlander PHEV juga dijejali fitur Pedestrian Protection dan built impact-absorbing. 

Fitur lainnya yang ada pada mobil ini yaitu ABS, BA, Electronic Brake Force Distribution (EBD), Traction Control (TC), Active Stability Control (ASC), dan Hill Start Assist Control (HSA).

Kemudian ada juga fitur seperti Emergency Stop Signal (ESS) yang berguna saat Anda berhenti mendadak di kecepatan tinggi, lalu ada juga Hill Descent Control, Trailer Stability Assist, Ultrasonic Missacceleration Mitigation System, Forward Collision Mitigation System, Blind Spot Monitoring Warning, Rear View Camera dengan Multi Around View Monitor. 

15. Hyundai Creta

Hyundai Creta

Hyundai Creta

Nama Hyundai Creta di Indonesia pamornya memang sedang naik daun. Maklum sejak hadir di Indonesia, beberapa prestasi langsung terlihat, termasuk mendapat predikat 5 bintang dari ASEAN NCAP dengan raihan 75,78 poin.

Hyundai Creta sendiri dilengkapi berbagai fitur keselamatan seperti Electronic Stability Control (ESC), ABS, BA, EBD, Sensor parking, Rearview Camera, Hill Start Assist Control (HAC), Vehicle Stability Management, Seat Belt Reminder System, ISOFIX untuk kursi anak.

Untuk Hyundai Creta tipe Style dan Prime memiliki fitur keselamatan lebih lengkap, seperti High Beam Assist, Forward Collision-Avoidance Assist, Manual Speed Limit Assist, Lane Keeping Assist Driver, Attention Assist Driver, Rear View Monitor, Blind-Spot Collision-Avoidance Assist, Safe Exit Warning, dan Rear Cross-Traffic Collision Avoidance Assist.

Ada pula Emergency Stop Signal, Speed Sensing Auto Door Lock, Impact Sensing Auto Door Unlock, Child Protector Rear Door Unlock, Immobilizer, 2 Airbag trim Active dan Trend, serta 6 Airbag varian Style dan Prime.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda WR-V 1.5L E 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil