Adu Fitur Keselamatan Aktif TSS di Toyota Raize vs Honda Sensing, Apakah Diperlukan Mobil 'Murah'?

Yongki Sanjaya · 2 Mei, 2021 09:00

Adu Fitur Keselamatan Aktif TSS di Toyota Raize vs Honda Sensing, Apakah Diperlukan Mobil 'Murah'? 01

Toyota Raize resmi meluncur di Jumat (30/4) yang membawa fitur keselamatan Toyota Safety Sense. Hal tersebut patut diapresiasi karena fitur keselamatan aktif TSS telah tersedia di mobil yang harganya cukup terjangkau.

Baca juga: 

Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V 2021, Harga Naik Cuma Demi Honda Sensing?

Toyota Raize Menggoda Dengan Mesin Turbo dan Masih Ada Harga Diskon PPnBM!

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Pakai Fitur ADAS, Awas Jangan Sembarangan Pakai Fitur Canggih ini!

Sebab fitur keselamatan aktif selama ini hadir di mobil kelas atas. Untuk TSS misalnya, telah ada di Camry dan Corolla Cross yang kastanya mewah. Sekarang, Toyota Raize yang harganya di bawah Rp300 juta pun telah memiliki fitur serupa walaupun mungkin tak selengkap Camry.

Hal ini tentu merupakan suatu kemajuan, dimana pabrikan mobil akhirnya menyediakan pada mobil murah. Tingkat keselamatan dan perlindungan terhadap pengemudi dan penumpang semakin baik dan membuat Raize jadi value for money.

Fitur Keselamatan di Toyota Raize, Terlengkap di Harga Under Rp300 Juta

Adu Fitur Keselamatan Aktif TSS di Toyota Raize vs Honda Sensing, Apakah Diperlukan Mobil 'Murah'? 02

Seluruh tipe Toyota Raize sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Tipe 1.2 G, 1.0T G dan 1.0T GR Sport dilengkapi dual airbags, sementara tipe 1.0T GR Sport TSS memperoleh 6-airbags (driver+passanger+side+curtain) ditambah fitur Toyota Safety Sense (TSS). Dalam daftar TSS terdapat fitur Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Missoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

Adu Fitur Keselamatan Aktif TSS di Toyota Raize vs Honda Sensing, Apakah Diperlukan Mobil 'Murah'? 03

Toyota Safety Sense (TSS) pada Toyota Raize 1.0T GR Sport TSS berusaha memberikan dukungan penuh pada pengemudi untuk mengawasi kondisi sekitar dari potensi bahaya dan sigap memberikan peringatan dini. Jika dirasa penting, sistem akan berperan aktif mencegah kecelakaan dengan melakukan koreksi, seperti memutar kemudi atau melakukan pengereman untuk menghindar dari kecelakaan fatal.

Fitur TSS, Sangat Dibutuhkan Pengemudi Pemula

Adu Fitur Keselamatan Aktif TSS di Toyota Raize vs Honda Sensing, Apakah Diperlukan Mobil 'Murah'? 04

Fitur TSS pada Toyota Raize mengikuti jejak Camry, Corolla Altis, dan Corolla Cross yang lebih dahulu memanfaatkannya. TSS ini sebenarnya malah dibutuhkan pada mobil yang harganya cukup terjangkau seperti Raize. 

Sebab, latar belakang konsumen Raize cukup banyak yang merupakan peralihan dari motor ke mobil atau juga pengemudi pemula. Dengan pengalaman yang belum begitu terampil, maka TSS ini akan sangat memudahkan pengemudi pemula dalam berkendara. 

Contohnya yaitu fitur Pedal Missoperation Control. 
Fitur ini memungkinkan pengaturan fungsi untuk mengurangi jumlah kecelakaan yang disebabkan oleh salah injak pedal gas. Komputer akan mengendalikan kecepatan mobil walaupun tidak ada penghalang.

Sistem akan menyalakan alarm peringatan dan membatasi distribusi tenaga sehingga laju mobil tertahan saat diyakini ada kesalahan dalam menekan pedal gas. Tidak jarang pedal gas diinjak habis padahal dideteksi tidak ada kebutuhan untuk itu guna mereduksi potensi kecelakaan serius.

Honda Sensing di Honda CR-V, Haruskah Tersedia di Mobil yang Lebih Murah? 

Adu Fitur Keselamatan Aktif TSS di Toyota Raize vs Honda Sensing, Apakah Diperlukan Mobil 'Murah'? 05

Tidak seperti Toyota, Honda baru menyediakan fitur keselamatan Honda Sensing di mobil kelas atasnya saja. Sejauh ini baru Honda CR-V, Odyssey dan Accord saja yang memilikinya. Mobil kelas menengah bawah seperti Mobilio atau bahkan Brio tidak memiliki Honda Sensing. 

Honda SENSING merupakan rangkaian teknologi keselamatan yang memberikan perlindungan komprehensif bagi pengemudi dan penumpang. 

Pada CR-V Turbo Prestige, teknologi Honda SENSING fiturnya tidak selengkap negara lain, antara lain: Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Bila dibandingkan dengan TSS, maka Honda Sensing di CR-V lebih lengkap. Tentu saja ini ada kaitannya dengan harga, dimana CR-V lebih mahal. Ada harga ada rupa pun berlaku pada kelengkapan fitur keselamatan aktif ini. 

Andaikan fitur sejenis TSS juga tersedia di unit seharga Rp200 jutaan seperti Mobilio, tentu membuat brand Honda jadi value for money. Tidak cuma mewah atau mahal tapi juga canggih. 
 

Komentar