window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Fitur Suzuki Ertiga 2022 vs Toyota Avanza, Siapa yang Lebih Lengkap?

Prasetyo · 20 Apr, 2022 12:03

Adu Fitur Suzuki Ertiga 2022 vs Toyota Avanza, Siapa yang Lebih Lengkap? 01

  • Suzuki Ertiga 2022 dilengkapi paddle shift dan Suzuki Connect.
  • Toyota Avanza punya TSS.
  • Fitur hiburan keduanya juga mirip.

Suzuki Ertiga 2022 sudah rilis di India. Bahkan kabarnya tak lama lagi LMPV ini juga diluncurkan di Indonesia. Tentunya Ertiga akan langsung berhadapan dengan Toyota Avanza yang selama ini sudah jadi rival sejati.

Mengingat Toyota kini menyertakan fitur Toyota Safety Sense (TSS) pada Avanza, Suzuki sepertinya juga tak mau kalah dengan menyodorkan teknologi-teknologi terkini. Tapi seberapa kuat Ertiga 2022 bisa mengungguli Avanza? 

Toyota Avanza Pakai Lampu LED dan Velg Lebih Besar

Adu Fitur Suzuki Ertiga 2022 vs Toyota Avanza, Siapa yang Lebih Lengkap? 02

Tampilan luar Toyota Avanza 2022

Mulai dari bagian luar, Ertiga baru ternyata masih pakai lampu depan model halogen meskipun sudah projector. Namun lampu ini telah tersemat fitur Follow Me Home dan Auto Headlamp. Sementara pada Avanza, lampu depan serta foglamp sudah pakai LED.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dibagian samping ada lampu sein LED pada spion. Kemudian ukuran roda 185/65 R15. Kemudian pada sisi belakang ada juga Rear Parking Sensor dan Rear Camera.

Adu Fitur Suzuki Ertiga 2022 vs Toyota Avanza, Siapa yang Lebih Lengkap? 01

Ertiga seluruh variannya pakai velg 15 inci

Untuk Avanza, spion juga sudah dilengkapi lampu sein dan ada fitur Auto Retract. Tetapi dari segi ukuran ban, Avanza punya dua tipe, pertama 185/65 R15, dan yang lainnya pakai ban 195/60 R16.

Baca juga : Suzuki Ertiga 2022 Resmi Diluncurkan, Pakai Mesin Hybrid, Harganya Bikin Avanza Minder

Suzuki Ertiga 2022 Pakai Paddle Shift, Monitor Avanza Lebih Lebar

Adu Fitur Suzuki Ertiga 2022 vs Toyota Avanza, Siapa yang Lebih Lengkap? 02

Paddle shifter dan monitor 7 inci

Beranjak ke bagian kabin, beberapa fitur unggulan pun terpasang di Ertiga 2022. Mulai dari Speed Sensor Auto Door Lock, Seat Belt Remainder, dan Engine Immobilizer.

Lantas ada pula monitor 7 inci dengan fitur SmartPlay serta support Android Auto serta Apple Car Play. Heaunit ini lantas tersambung dengan 4 speaker plus 2 tweeters. 

Masih di bagian dasboard, pada sisi pengemudi terdapat tombol Start/Stop Engine. Sedangkan dibagian setir Ertiga Anda akan menemukan Audio and Bluetooth Calling controls serta tombol Cruise Control. Pada sisi belakangnya juga tersemat Paddle Shifter.

Adu Fitur Suzuki Ertiga 2022 vs Toyota Avanza, Siapa yang Lebih Lengkap? 03

Interior Toyota Avanza tipe tertinggi

Toyota Avanza sepertinya masih sanggup menyandingkan kelengkapan fitur Ertiga. Headunit memang ada yang 7 inci tetapi di tipe tertinggi pakai monitor 9 inci.

Setirnya juga sudah ada Tilt and Telescopic, dan juga pengaturan AC sudah digital, sementara Ertiga masih sistem knop putar.

Fitur Keselamatan Toyota Avanza Paling Lengkap

Adu Fitur Suzuki Ertiga 2022 vs Toyota Avanza, Siapa yang Lebih Lengkap? 04

Ertiga 4 Airbags, Avanza 6 Airbags

Suzuki Ertiga 2022 masih menggunakan platform Heartect seperti generasi sebelumnya. Untuk meningkatkan faktor keselamatan, pengemudi dan penumpang depan juga kini disediakan front and side airbags. Ertiga baru juga tetap ada fitur ABS, EBD, dan Brake Assist, serta kini ada Hill Hold Control serta High Speed Alert System.

Kalau soal fitur keselamatan, Avanza di atas angin. Ini lantaran keberadaan Toyota Safety Sense (TSS) yang berfungsi sebagai radar pintar untuk mencegah terjadinya kecelakaan fatal.

Baca juga : Ini Bedanya Suzuki Ertiga 2022 vs yang Lama, Pakai Mesin Baru Bikin Iritnya Kebangetan

Adu Fitur Suzuki Ertiga 2022 vs Toyota Avanza, Siapa yang Lebih Lengkap? 05

Fitur di Toyota Avanza 2022

Antara lain adanya fitur Pre-Collision Warning & Pre-Collision Braking, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, Pedal Misoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

Tapi gak cuma disitu, karena di Avanza juga ada Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Parking Sensor, Seat Belt Waring sampai ke jok baris ketiga, serta 6 buah Airbags.

Ada Suzuki Connect Bikin Ertiga 202 Makin Canggih

Adu Fitur Suzuki Ertiga 2022 vs Toyota Avanza, Siapa yang Lebih Lengkap? 06

Suzuki Connect di Ertiga 2022

Fitur paling jumawa dari Suzuki Ertiga 202 yakni keberadaan Suzuki Connect. Teknologi ini memungkinkan mobil terhubung dengan perangkat mobile seperti ponsel yang sudah terpasang aplikasi. Sehingga nantinya pemilik bisa mengoperasikan sjeumlah sistem di mobil dari jarak jauh hanya menggunakan ponsel.

Adapun fungsi yang dapat diakses dari ponsel antara lain membuka atau mengunci pintu, menyalakan lampu hazard, membunyikan alarm, serta mengaktifkan AC. Tapi bukan cuma itu, dari perangkat ini juga dapat diketahui posisi mobil secara real time jika kendaraan digunakan orang lain atau bahkan dicuri.

Lantas melalui layar ponsel, pemilik Ertiga 202 juga dapat mengetahui jarak yang telah ditempuh pada perjalanan terakhir, rute jalan yang dilalui, sampai data konsumsi BBM sesuai gaya mengemudi. Tentunya fitur ini belum ada di Toyota Avanza meskipun pada tipe tertinggi.

Kesimpulan

Antara Suzuki Ertiga 2022 vs Toyota Avanza 2022 memang memiliki keunggulan dari segi fitur masing-masing. Namun kalau mau cari fitur keselamatan paling lengkap, jelas Toyota paling unggul. Namun kalau incar kecanggihan teknologi Suzuki Connect, maka hanya ada di Ertiga.

Baca juga : Perbandingan Konsumsi BBM Ertiga 2022 vs Avanza - Xenia, Suzuki Menang Telak

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil