window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Hebat, Inilah Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris Vs Honda Jazz, Siapa Pemenangnya?

Franky · 27 Okt, 2020 10:00

Adu Hebat, Inilah Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris Vs Honda Jazz, Siapa Pemenangnya? 01

Siapa tak kenal dengan dua Hatchback terkenal ini, Toyota Yaris dan Honda Jazz? Tentu, masyarakat Indonesia khususnya generasi muda, sudah pasti mengenal sosok elegan mobil asal Jepang ini. Keduanya bersaing di angka 250 jutaan, sehingga semakin memperketat rivalitas.

 

Bukan barang baru, itu mungkin kalimat yang tepat untuk keduanya. Toyota Yaris generasi pertama di Indonesia, muncul pada tahun 2005 silam. Bentuknya masih mengembang mirip kue bakpao, sehingga tak heran banyak orang menyebutnya Yaris Bakpao.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Generasi terbarunya meluncur pada tahun 2011 dan terus diberikan pembaruan dalam rupa Facelift. Perubahan terakhir mengusung tema warna mirip Stabilo, diluncurkan tahun 2018 lalu. Selain tampil nyentrik, Toyota Yaris juga menampilkan eksterior lebih tegas dan sporty.

Beda halnya dengan Honda Jazz yang muncul lebih awal di Indonesia, pada tahun 2003 silam. Mengusung kode bodi GD3, menjadi tonggak sejarah generasi pertama Jazz. Sosoknya terus berkembang pesat baik dari segi desain serta fitur, memunculkan generasi kedua pada tahun 2008 dan generasi ketiga yang baru saja mendapat Facelift di tahun 2018.

Garis bodi, terukir manis di setiap sudut bodinya, sukses memberi kesan aerodinamis dan juga sporty. Mesinnya sendiri masih menggunakan kapasitas 1.500 cc berkode baru L15Z1, yang juga digunakan pada model Mobilio serta BR-V.

Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris Vs Honda Jazz

Di kesempatan kali ini akan dibahas lebih lanjut seputar perbandingan spesifikasi Toyota Yaris Vs Honda Jazz. Lewat hadirnya artikel ini, setidaknya Anda bisa lebih paham tentang keduanya, sehingga tak salah memilih. Mari kita simak informasi selengkapnya.

Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris Vs Honda Jazz: Daftar Harga

Untuk pertama kali, akan dibahas soal perbandingan harga Toyota Yaris Vs Honda Jazz. Untuk harga termurah dari keduanya, dipegang oleh Honda Jazz di kisaran Rp. 250 jutaan. Sedangkan untuk varian termurah Toyota Yaris berada di angka Rp. 263 jutaan. Berikut daftar harga Toyota Yaris dan Honda Jazz terbaru.

TOYOTA YARIS
Toyota Yaris G M/T 3 AB Rp. 263.400.000
Toyota Yaris G M/T 7 AB Rp. 268.400.000
Toyota Yaris G CVT 3 AB Rp. 274.200.000
Toyota Yaris G CVT 7 AB Rp. 279.200.000
Toyota Yaris TRD M/T 3 AB Rp. 284.800.000
Toyota Yaris TRD M/T 7 AB Rp. 289.800.000
Toyota Yaris TRD CVT 3 AB Rp. 296.400.000
Toyota Yaris TRD CVT 7 AB Rp. 301.400.000
HONDA JAZZ
Honda Jazz M/T Rp. 250.200.000
Honda Jazz CVT Rp. 260.500.000
Honda Jazz RS M/T Rp. 282.300.000
Honda Jazz RS CVT Rp. 292.500.000

Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris Vs Honda Jazz: Eksterior

Dari segi dimensi, Yaris menggunakan ukuran panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm dan tinggi 1.500 mm. Ukuran tersebut membuatnya terlihat proporsional. Beda halnya ketika mengamati ukuran bodi dari Honda Jazz yang punya dua pilihan. Honda Jazz tipe RS punya bodi lebih panjang dengan ukuran 4.035 mm, lebar 1.694 mm serta tinggi 1.524 mm. Sedangkan Jazz tipe Standar punya ukuran lebih pendek yakni 3.955 mm, lebar 1.694 mm dan tinggi 1.524 mm.

Berbicara soal perbandingan eksterior Toyota Yaris Vs Honda Jazz, desain Yaris terkesan lebih agresif dengan garis bodi yang lebih tajam dan memperkuat kesan Funky. Berbeda dengan Honda Jazz, yang justru mempertahankan nuansa elegan dan cenderung lebih kalem. Keduanya punya bahasa desain berbeda, bisa Anda sesuaikan dengan selera masing-masing.

Nah, jika bicara soal fitur, Toyota Yaris sudah dilengkapi dengan lampu LED Headlamp yang cukup tajam disertai lampu kabut, untuk menunjang fungsi penerangan. Sedangkan pada sisi atapnya sendiri, Yaris sudah memiliki Dynamic Shark Fin Antenna sehingga terkesan lebih sporty daripada mobil kebanyakan.

Adu Hebat, Inilah Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris Vs Honda Jazz, Siapa Pemenangnya? 01

Mengusung tema Beat, Toyota Yaris TRD tampil sangat mengesankan

Kompetitornya yakni Honda Jazz, punya fitur eksterior berupa Full LED Headlamp lengkap dengan LED Daytime Running Light (DRL). Bukan saja mumpuni soal kualitas penerangan, tapi juga sukses memberi kesan lebih modis. Fitur menarik berikutnya adalah Retractable Door Mirror, yang bisa melipat spion secara otomatis dengan satu sentuhan saja.

Adu Hebat, Inilah Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris Vs Honda Jazz, Siapa Pemenangnya? 02

Honda Jazz sendiri mengusung tema Hype untuk tampilan eksterior-nya

Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris Vs Honda Jazz: Interior

Soal perbandingan interior Toyota Yaris Vs Honda Jazz, keduanya punya perbedaan soal desain dan kenyamanan. Dari segi dimensi Wheelbase, kita bisa mengetahui seberapa lega kapasitas kabinnya. Toyota Yaris sendiri punya Wheelbase di angka 2.550 mm, sedangkan Honda Jazz memiliki Wheelbase 2.530 mm. Dalam hal ini, Yaris punya dimensi lebih lega 20 mm daripada kompetitornya.

Sedangkan dari tampilan kabin interior Toyota Yaris, sudah dipersenjatai dengan Head unit Advanced Infotainment. Bukan saja menghibur dari sajian musik, tapi juga bisa memberikan fungsi tambahan seperti mengangkat telepon via Bluetooth serta tampilan belakang dari kamera parkir. Lebih menariknya lagi, pada tipe Toyota Yaris TRD, yang sudah dilengkapi tombol pengaturan audio dan TFT Switch pada setirnya.

Adu Hebat, Inilah Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris Vs Honda Jazz, Siapa Pemenangnya? 03

Tampilan kabin Toyota Yaris, mengedepankan kesan minimalis

Honda Jazz pun begitu, sudah menghadirkan panel Head Unit Touchscreen berukuran 8 inci, lengkap dengan fitur Bluetooth dan Mirroring. Menariknya, fitur tersebut sudah bisa digunakan pada Platform Android serta iPhone. Tak lupa pula, fitur penyejuk AC sudah dilengkapi layanan Auto Smart Touch, sehingga sukses memberi kesan praktis bagi pengendara. Tak ingin kalah dari kompetitornya, Jazz juga menghadirkan tombol Audio Steering Switch pada setirnya.

Adu Hebat, Inilah Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris Vs Honda Jazz, Siapa Pemenangnya? 04

Suasana interior Honda Jazz terlihat cukup lega dan kental akan pesona elegan

Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris Vs Honda Jazz: Fitur

Setelah puas membahas soal eksterior dan interior, kini saatnya merambah ke perbandingan fitur Toyota Yaris Vs Honda Jazz. Sebagai mobil andalan, keduanya sudah memiliki fitur yang sangat mumpuni. Dari pantauan kami, sudah tersedia Paddle Shift dan tombol Engine Start/Stop pada tipe tertingginya.

Lantas, bagaimana soal keselamatan? Pertama, mari kita amati fitur Toyota Yaris. Perlu diketahui bersama, Yaris sudah mendapatkan Rating bintang 5 ASEAN NCAP untuk kategori keselamatan. Sudah tersedia dua pilihan Airbags yakni 3 Airbags dan 7 Airbags. Di sisi lain, mobil satu ini sudah memiliki teknologi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Menariknya lagi, tersedia pula teknologi Hill Start Assist (HSA) serta Vehicle Stability Control (VSC), untuk menunjang keselamatan berkendara Anda.

Adu Hebat, Inilah Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris Vs Honda Jazz, Siapa Pemenangnya? 05

Toyota Yaris sudah teruji dengan hasil bintang 5 pada ASEAN NCAP

Untuk Honda Jazz sendiri, hanya menyediakan Dual Front SRS Airbags saja. Meski begitu, mobil satu ini sudah memiliki teknologi pengereman pintar bernama Brake Override. Tak hanya itu, PT. HPM juga menjamin bahwa Jazz mampu mencegah terjadinya cedera parah ketika menabrak pejalan kaki, karena sudah dilengkapi Pedestrian Protection. Tak lupa, teknologi ABS dan EBD juga telah hadir pada mobil satu ini.

Adu Hebat, Inilah Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris Vs Honda Jazz, Siapa Pemenangnya? 06

Sistem Brake Override menjadi fitur unggulan dari Honda Jazz

Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris Vs Honda Jazz: Mesin

Terakhir adalah perbandingan mesin Toyota Yaris Vs Honda Jazz. Yaris sendiri telah menerapkan teknologi Dual VVT-i berdaya 1.496 cc. Daya yang dihasilkan mesinnya mampu mencapai 107 PS setara 6.000 Rpm. Putaran torsi dari mesinnya juga meraih catatan maksimal di angka 14,3 Kg.m pada putaran 4.200 Rpm. Untuk transmisi, mobil satu ini sudah menyediakan pilihan 5 percepatan manual serta CVT.

Pada kubu Honda Jazz, mesinnya sudah menggunakan kapasitas silinder 1.497 cc, berdaya 120 PS pada putaran 6.600 Rpm. Torsi yang dihasilkan juga terasa lumayan berada di angka 145 Nm setara 4.600 Rpm. Menariknya, mobil satu ini juga sudah menyediakan pilihan transmisi 5 percepatan manual dan CVT.

Kesimpulan

Itulah tadi, perbandingan spesifikasi Toyota Yaris Vs Honda Jazz. Keduanya memang mengusung ciri khas masing-masing. Toyota Yaris punya desain sporty ala anak masa kini dipadu fitur Airbags yang melimpah. Sedangkan Honda Jazz, lebih menonjol dari segi desain eksterior yang lebih modis nan elegan, disertai performa mesin gahar.

Soal harga, keduanya punya harga di kisaran serupa yakni Rp. 250 jutaan. Namun jika Anda ingin memilih harga terjangkau, Honda Jazz berdiri paling depan dengan harga Rp. 250 jutaan untuk varian terendahnya. Berbeda dengan Yaris yang mana tipe termurahnya dibanderol mulai Rp. 260 jutaan. Jadi, mana yang terbaik untuk Anda?

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Yaris G CVT 3 AB 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil