window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Hemat Biaya Servis Suzuki Vitara Brezza dan Honda HR-V

Anissa · 20 Okt, 2020 12:00

Adu Hemat Biaya Servis Suzuki Vitara Brezza dan Honda HR-V 01

Demi menunjukkan eksistensinya di dunia otomotif, Suzuki merilis sebuah model SUV dengan nama model Suzuki Vitara Brezza. Mobil pabrikan Jepang ini didesain di India, dan telah lebih dulu mengaspal di negara tersebut. Meskipun mobil ini belum meluncur di Indonesia, tetapi sudah banyak pecinta otomotif Tanah Air yang menunggu SUV satu ini.

Suzuki Vitara Brezza masuk ke dalam segmen Compact SUV dengan desain yang sporty dan modern. Di Indonesia, salah satu pesaing Suzuki Vitara Brezza ialah Honda HR-V. Kedua mobil ini memiliki ukuran dimensi yang mirip, serta merupakan andalan masing-masing pabrikannya dalam segmen Compact SUV.

Tetapi tentu sebelum para konsumen membeli mobil, bukan hanya desain dan harga jualnya saja yang dilihat, tetapi juga biaya tambahan lain, terutama biaya servis berkala. Kali ini, kita akan bandingkan biaya servis Suzuki Vitara Brezza dengan Honda HR-V untuk mencari tahu model mana yang lebih hemat biaya servisnya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Perbandingan Biaya Servis Suzuki Vitara Brezza dan Honda HR-V

Memang, Suzuki Vitara Brezza belum mengaspal di Indonesia. Tetapi tidak ada salahnya jika kita melihat perkiraan biaya servisnya untuk memperkirakan berapa biaya tambahan yang perlu disiapkan jika kita berminat untuk memboyong mobil ini. Biaya servis ini bisa jadi lebih mahal atau lebih murah di Indonesia, tergantung pada harga suku cadang yang ada di Indonesia.

Adu Hemat Biaya Servis Suzuki Vitara Brezza dan Honda HR-V 01

Berhubung belum masuk ke Indonesia, biaya servis yang akan kita bahas kali ini mengacu pada biaya servis dan suku cadang yang ada di India. Sedangkan untuk perbandingannya, kita akan bandingkan biaya servis Suzuki Vitara Brezza dengan Honda HR-V untuk servis tahap 10.000 km hingga 50.000 km.

Pada tahap servis pertama dan kedua, Suzuki Vitara Brezza membutuhkan penggantian oli mesin, dan biaya yang dibutuhkan untuk masing-masing tahap tersebut adalah sekitar Rp413.000. Sedangkan untuk Honda HR-V, komponen yang perlu diganti pada tahap pertama ialah oli mesin dan ring tab, sehingga biaya yang dibutuhkan ialah sekitar Rp382.800.

Adu Hemat Biaya Servis Suzuki Vitara Brezza dan Honda HR-V 02

Lalu pada tahap servis kedua, Honda HR-V membutuhkan tambahan komponen yang diganti. Ada oli mesin, ring tab, dan filter oli. Biaya servisnya pun naik menjadi sekitar Rp423.500.

Masuk ke tahap ketiga, Suzuki Vitara Brezza membutuhkan total biaya sekitar Rp674.000 untuk mengganti beberapa komponen, seperti Oli mesin, Filter Oli, Coolant, Fuel Filter, dan Filter AC. Sementara itu, Honda HR-V membutuhkan biaya yang jauh lebih besar, yakni sekitar Rp1.018.400.

Pada tahap keempat, Suzuki Vitara Brezza biaya servisnya semakin naik, menjadi sekitar Rp1.261.000. Kenaikan ini tentu disebabkan oleh semakin banyaknya komponen mesin yang perlu diganti pada tahap ini, antara lain Oli mesin, Filter Oli, Air Filter, Coolant, Fuel Filter, Brake & Clutch Oil, dan Spark Plug.

Hal yang sama juga ternyata berlaku pada Honda HR-V. Pada tahap ini, komponen yang harus diganti pada Honda HR-V pun semakin banyak, sehingga biaya servisnya membengkak hingga Rp1.950.300.

Adu Hemat Biaya Servis Suzuki Vitara Brezza dan Honda HR-V 03

Sekarang kita masuk ke tahap servis kelima, yakni ketika kendaraan telah mencapai jarak 50.000 km. Pada tahap ini Suzuki Vitara Brezza membutuhkan total biaya servis sekitar Rp941.000 karena komponen yang perlu diganti tidak lagi sebanyak tahap keempat. Pada tahap ini, komponen yang perlu diganti ialah Oli mesin, Filter Oli, Air Filter, Coolant, dan Filter AC.

Sama seperti Suzuki Vitara Brezza, pada tahap ini, Honda HR-V pun mengalami penurunan. Tetapi tetap saja biaya servisnya tidak bisa dikatakan murah, sebab pada tahap ini, Honda HR-V membutuhkan total biaya servis sekitar Rp857.800.

Kesimpulan

Jika dilihat dari biaya-biaya servis yang telah disebutkan di atas, bisa kita simpulkan bahwa Suzuki Vitara Brezza memang memiliki biaya servis berkala yang lebih hemat dibandingkan dengan Honda HR-V. Pada servis tahap pertama dan tahap kelima, Honda HR-V memang memiliki total biaya servis yang sedikit lebih murah dibandingkan dengan Suzuki Vitara Brezza.

Adu Hemat Biaya Servis Suzuki Vitara Brezza dan Honda HR-V 04

Tetapi jika kita lihat pada tahap servis yang lainnya, juga pada total biaya servis yang perlu dikeluarkan dari tahap pertama hingga kelima, tentu Suzuki Vitara Brezza masih jauh lebih murah dibandingkan dengan pesaingnya ini. Untuk lebih rincinya, silakan lihat rangkumannya pada tabel berikut ini.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Suzuki Vitara Brezza 1.2L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil