window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Irit Konsumsi BBM Daihatsu Terios Vs Toyota Avanza, Sesama 1.500 Cc Siapa Menang?

Nussa · 31 Agu, 2022 16:05

Adu Irit Konsumsi BBM Daihatsu Terios Vs Toyota Avanza, Sesama 1.500 Cc Siapa Menang? 01

Banyak faktor yang menentukan seseorang dalam memilih mobil, mulai dari tampilan atau desainnya, performa, konsumsi bahan bakar minyak (BBM), fitur, kenyamanan, serta harganya. Pilihan mobil di Indonesia juga sangat banyak. Tapi, dengan banyaknya pilihan tersebut, terkadang justru membingungkan konsumen untuk membeli suatu kendaraan.

Saat ini, tipe mobil yang banyak dicari adalah Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV). Namun karena tipikal masyarakat Indonesia yang guyub, yang dicari adalah SUV dengan kapasitas 7 penumpang mirip MPV. Kemudian faktor harga yang terjangkau serta irit BBM juga jadi perhatian serius.

Satu dari beberapa mobil yang masuk kategori tersebut  Daihatsu Terios dan Toyota Avanza. Tapi karena kedua mobil masuk segmen yang berbeda, tak jarang konsumen pun bingung memilih mau SUV atau MPV. Apalagi soal konsumsi BBM, apakah SUV lebih antara kedua mobil tersebut, mana yang paling irit konsumsi bahan bakarnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Adu Irit Konsumsi BBM Daihatsu Terios Vs Toyota Avanza, Sesama 1.500 Cc Siapa Menang? 01

Daihatsu Terios masuk segmen SUV

Sebelum kita bahas mengenai perbandingan konsumsi BBM Daihatsu Terios dan Toyota Avanza, tak ada salahnya untuk mengetahui sedikit mengenai spesifikasi dari mesin kedua mobil tersebut. Sehingga, bisa mengetahui juga mobil mana yang memiliki performa lebih baik.

Spesifikasi Mesin Daihatsu Terios

Daihatsu Terios generasi terbaru sudah dibekali dengan mesin yang baru yang sama seperti yang digunakan pada All New Xenia. Sehingga, kehebatan dan ketangguhan mesinnya juga sudah terbukti.

Mesinnya menggunakan kde 2NR-VE. Mesin ini memiliki kapasitas 1.500 cc, 4 silinder segaris, DOHC, dengan teknologi Dual VVT-i, yang diklaim dapat memberikan performa secara optimal.

Adu Irit Konsumsi BBM Daihatsu Terios Vs Toyota Avanza, Sesama 1.500 Cc Siapa Menang? 02

Mesin 2NR-VE Daihatsu Terios

Menurut data spesifikasi yang dikeluarkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), tenaga maksimum yang dapat dihasilkan dari mesin tersebut dapat mencapai angka 107 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimumnya, mesin ini menghasilkan 141 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm. Daihatsu Terios tersedia dua pilihan, yakni manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar, Daihatsu Terios sudah mengadopsi teknologi injeksi EFI. Lalu, untuk generasi terbaru ini, Daihatsu juga sudah menyematkan fitur baru, yakni Eco Idle System atau banyak disebut juga dengan Idling Stop System (ISS).

Adu Irit Konsumsi BBM Daihatsu Terios Vs Toyota Avanza, Sesama 1.500 Cc Siapa Menang? 03

Dengan adanya fitur tersebut, Daihatsu mengklaim Terios dapat mengirit konsumsi bahan bakar lebih baik hingga 10 persen dibandingkan dengan yang tidak menggunakan Eco Idle System. Fitur ini berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis saat kendaraan dalam posisi berhenti, seperti di kemacetan atau saat di lampu merah. Selain dapat menghemat konsumsi bahan bakar, Daihatsu Terios juga bisa mengurangi emisi gas buang. Sehingga, bisa dikatakan mobil ini juga lebih ramah lingkungan.

Keunggulan lainnya dari Eco Idle System adalah meskipun mesin mobil mati sesaat, tapi AC akan tetap bekerja secara optimal. Namun, konsumen tidak perlu khawatir aki akan tekor. Sebab, Daihatsu juga sudah membekali Terios terbarunya dengan aki yang memiliki kapasitas lebih besar. Pada Terios lama, aki yang digunakan memiliki kapasitas 35 ampere. Sedangkan pada Terios yang baru, aki yang digunakan kapasitasnya 45 ampere.

Baca juga: Masih Belum Tahu? Ini Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2022

Konsumsi BBM Daihatsu Terios

Adu Irit Konsumsi BBM Daihatsu Terios Vs Toyota Avanza, Sesama 1.500 Cc Siapa Menang? 04

Konsumsi BBM Daihatsu Terios tembus 13 kilometer per liter

Dengan mesin 2NR-VE, konsumsi bahan bakar yang dihasilkan Daihatsu Terios cukup irit. Apalagi ditunjang fitur Eco Idle System, SUV ini dapat menghasilkan konsumsi bahan bakar hingga 13 kilometer per liter. Angka tersebut didapat dengan kombinasi berkendara di dalam kota dan juga melalui jalan tol. Sehingga, kecepatan kendaraan juga dinamis.

Spesifikasi Mesin Toyota Avanza

Adu Irit Konsumsi BBM Daihatsu Terios Vs Toyota Avanza, Sesama 1.500 Cc Siapa Menang? 05

Toyota Avanza menggunakan mesin berkode 2NR-FE

Toyota Avanza dibekali dengan mesin yang sama seperti Daihatsu Xenia dan juga Terios. Tapi, kode yang digunakan berbeda, yakni 2NR-FE. Mesin tersebut memiliki kapasitas 1.496 cc, 4 silinder segaris, dan berteknologi Dual VVT-i. Dari mesin tersebut, tenaga maksimumnya mencapai 106 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya, dapat mencapai 141 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Mesin tersebut dipadukan dengan dua pilihan sistem transmisi, tapi berbeda dengan Terios. Untuk sistem transmisi manual, memiliki 5 percepatan. Sedangkan sistem transmisi lainnya, mengandalkan CVT 7 percepatan.

Baca juga: Harga Murah Varian Lebih Banyak, Daihatsu Terios Lebih Unggul dari Toyota Rush?

Konsumsi BBM Toyota Avanza

Adu Irit Konsumsi BBM Daihatsu Terios Vs Toyota Avanza, Sesama 1.500 Cc Siapa Menang? 06

Toyota Avanza menghasilkan konsumsi BBM hingga 16 kilometer per liter

Dengan mesin tersebut, Toyota Avanza punya konsumsi bahan bakar yang tak kalah irit. Mobil keluarga ini dapat mencatatkan konsumsi bahan bakar di angka 16 kilometer per liter. Angka tersebut didapat dengan kombinasi dari berkendara di dalam kota dan juga di tol. Jadi, kecepatannya juga dinamis.

Kesimpulan

Jika dibandingkan antara Daihatsu Terios dan Toyota Avanza, terlihat konsumsi bahan bakar yang paling unggul dimiliki oleh Avanza. Daihatsu Terios menghasilkan 13 kilometer per liter. Sedangkan Toyota Avanza, mencatatkan 16 kilometer per liter. Bahkan, selisihnya juga cukup jauh, hingga 3 kilometer per liter.

Namun, perlu diingat juga bahwa konsumsi bahan bakar yang dihasilkan juga tergantung dari banyak faktor, seperti gaya mengemudi, beban yang dibawa, kondisi lalu lintas, medan yang ditempuh, kondisi cuaca, tekanan udara pada ban, jenis BBM yang digunakan, dan lainnya.

Harga Daihatsu Terios dan Toyota Avanza 2022

Selain konsumsi bahan bakar, faktor lain yang menjadi penentu untuk membeli suatu kendaraan adalah harganya. Daihatsu Terios saat ini dibanderol mulai dari Rp232, juta (on the road Jakarta) hingga Rp287,4 juta (on the road Jakarta). Sementara Toyota Avanza, dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 233,1 juta (on the road Jakarta) hingga Rp 295,8 juta (on the road Jakarta).

Baca juga: Daihatsu Terios R AT DLX 2022 Harganya 'Cuma' Rp280 Jutaan, Pilihan SUV Praktis yang Nggak Cuma Andalkan RWD

Jika Anda tertarik untuk membeli Daihatsu Terios ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil