window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Kuat SUV Bensin, Mana Paling Oke antara Toyota Fortuner 2.7 vs Mitsubishi Pajero Sport 3.0?

Yongki Sanjaya · 28 Mar, 2023 10:30

Adu Kuat SUV Bensin, Mana Paling Oke antara Toyota Fortuner 2.7 vs Mitsubishi Pajero Sport 3.0? 01

Rivalitas antara Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport telah berlangsung sejak lama. Kiprah Toyota Fortuner yang muncul sejak 2005 terusik oleh hadirnya Mitsubishi Pajero Sport di tahun 2009. Pada varian bensin, Mitsubishi Pajero Sport sempat hadir pada 2014 sebagai alternatif dari mesin diesel. 

Tentu, kehadiran Pajero Sport bermesin 3.0 itu seolah jadi lawan kuat Fortuner bermesin bensin 2.8 liter. Hanya saja, kiprah SUV ladder frame bermesin bensin kurang diminati masyarakat. Ini karena image boros dan harga bensin yang umumnya lebih mahal daripada solar bersubsidi. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mitsubishi Pajero Sport V6 vs Toyota Fortuner 2.7 2014, Mana SUV Bensin Paling Unggul?

Harga Bekas Mitsubishi Pajero Sport di Bawah Rp200 Juta, Simak Hal Penting Ini Sebelum Beli

Efek Pakai Bio Solar di Mitsubishi Pajero Sport, Part Seharga Rp3 Jutaan Jadi Korban

Padahal ketersediaan bensin ini relatif lebih mudah ditemui di pelosok, entah itu Pertalite atau Pertamax di SPBU. Ketimbang solar bersubsidi yang jumlah pembeliannya dibatasi. 

SUV medium untuk pasar Indonesia dituntut harus mempunyai mesin bandel sebagai salah satu kriteria penting. Selain itu, rancangannya harus tangguh tapi juga cocok untuk perkotaan, dan bisa berfungsi sebagai mobil keluarga. 

Terlepas dari persoalan ketersediaan solar, manakah SUV yang secara performa paling perkasa dan fiturnya paling oke? Supaya nggak bingung cari mobil bekas yang bisa diajak berjibaku ke pelosok, berikut ini perbandingan antara Toyota Fortuner 2.7 vs Mitsubishi Pajero Sport 3.0. 

Toyota Fortuner Bensin 2.7 G Lux, Pakai Mesin Prado

Adu Kuat SUV Bensin, Mana Paling Oke antara Toyota Fortuner 2.7 vs Mitsubishi Pajero Sport 3.0? 01

Bicara harga bekas, Toyota Fortuner 2.7 bermesin bensin kini relatif terjangkau. Harga pasarannya mulai dari Rp140 juta untuk keluaran 2005 dan Rp225 juta untuk keluaran 2014 yang seangkatan dengan Pajero Sport 3.0. 

Untuk versi bensin, Toyota Fortuner dibekali mesin bensin berkapasitas 2.7 liter yang sudah terkenal ketangguhannya. Mesin tersebut begitu populer di Mancanegara, terutama di Jazirah Arab tempat dimana Fortuner asal Indonesia cukup banyak diekspor. 

Untuk pengembangannya, Fortuner menggunakan platform pick up Toyota Hilux. Perlu diketahui, bahwa Fortuner adalah bagian dari IMV Project di Thailand milik Toyota, bersama dengan Kijang Innova dan Hilux. Itulah mengapa kita bisa melihat ada sedikit kemiripan penampilan antara Fortuner dan Hilux.

Ada suatu keistimewaan dari Toyota Fortuner varian bensin di generasi pertama ini, dimana mesin 2TR-FE juga digunakan oleh Toyota Innova, Toyota Prado, dan juga Toyota Tacoma. Mesin bensinnya dikenal perkasa dan tidak punya masalah berarti sehingga punya reputasi badak. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 158 Ps dan torsi puncaknya adalah 241 Nm. 

Transmisi yang digunakannya menggunakan transmisi otomatis konvensional 4 percepatan dengan torque converter. Transmisi buatan Aisin Warner berkode AW30-43LS terkenal tangguh dan tahan disiksa. 

Fitur Modern di Toyota Fortuner 2.7 G Lux 2014

Adu Kuat SUV Bensin, Mana Paling Oke antara Toyota Fortuner 2.7 vs Mitsubishi Pajero Sport 3.0? 02

Pada versi facelift keluaran 2014, Fortuner tipe G Lux jauh lebih modern dibanding saat mobil ini baru meluncur. Pada sisi eksterior dijejali beragam fitur menarik seperti Electric reatractable outer mirror with turning signal lamp, Roof rail  corner and Parking sensor, Rear sopiler with high mount stop lamp, hingga foglamp dan rear wiper. 

Adu Kuat SUV Bensin, Mana Paling Oke antara Toyota Fortuner 2.7 vs Mitsubishi Pajero Sport 3.0? 03

Terdapat head unit 2DIN Audio system 7″ touch screen, DVD, iPod (Audio &video) connection, Bluetooth, Mp3, WMA, AM/FM,    tilt function, Toyota dial shortcut, USB/AUX compatible with steering switch. Lebih lanjut, New rear seat Entertaiment dan Rear parking camera meningkatkan kenyamanan saat berkendara. 

Adu Kuat SUV Bensin, Mana Paling Oke antara Toyota Fortuner 2.7 vs Mitsubishi Pajero Sport 3.0? 04

Interiornya hadir dalam aksen hitam yang terdapat pada New black leather seat material with silver stitch, dipercantik Leather shift knob with espresso wood ornament. Hal menarik lainnya yaitu pengaturan AC nya sudah menggunakan sistem digital yang sudah ada sejak keluaran 2005. 

Toyota memberikan fitur keselamatan pada Fortuner 2014 berupa triple SRS Airbags dan juga Pretensioner seatbelt untuk memberikan perlindungan pada pengendara. Selain itu, pada bagian sistem pengereman telah didukung ABS dan EBD. Fitur lainnya yang diberikan pada Toyota Fortuner 2014 adalah Hill Start Assist, Surround Sensor dan Traction Control.

Mitsubishi Pajero Sport V6 3.0, Fiturnya Lebih Mempesona

Adu Kuat SUV Bensin, Mana Paling Oke antara Toyota Fortuner 2.7 vs Mitsubishi Pajero Sport 3.0? 05

Pada kubu tiga berlian, Mitsubishi Pajero Sport bermesin 3.0 pernah hadir tapi cukup singkat antara 2014-2016. Kini, harga bekas untuk keluaran 2014 mulai dari Rp240 juta. Dengan harga yang mirip, fitur yang tersedia di Mitsubishi Pajero Sport bensin lebih beragam ketimbang rivalnya yaitu Fortuner 2.7.

Penampilan eksterior Mitsubishi Pajero Sport bensin terlihat mirip dengan varian Dakar yang dibekali mesin diesel. Sistem penerangan sudah dilengkapi HID projector headlamp dan foglamp demi menghasilkan pencahayaan lebih fokus. Pada lampu utamanya juga terdapat fitur auto levelling serta headlamp washer.

Adu Kuat SUV Bensin, Mana Paling Oke antara Toyota Fortuner 2.7 vs Mitsubishi Pajero Sport 3.0? 06

Fitur lainnya yang terdapat di Pajero Sport bensin antara lain spion sudah dilengkapi pengaturan elektrik serta auto folding, spoiler, rear wiper dan sensor parkir. Makin istimewa, karena Pajero Sport V6 3.0 mendapat sunroof, yang jadi fitur mewah di mobil ini.

Masuk ke interior, kabin Pajero Sport bensin menghadirkan aksen hitam, krem yang dipercantik wood panel. Untuk beberapa bagiannya dilapisi menggunakan material kulit soft touch yang terasa empuk. Pada center clusternya dilengkapi head unit layar sentuh 7 inci yang mendukung format navigasi selain dari DVD, USB dan bluetooth.

Adu Kuat SUV Bensin, Mana Paling Oke antara Toyota Fortuner 2.7 vs Mitsubishi Pajero Sport 3.0? 07

Sistem multimedia dapat diatur menggunakan tombol switch control pada setir. Kemudian di atas head unitnya, terdapat layar monokrom yang memberi informasi seputar kendaraan mulai dari suhu di luar hingga rata-rata penggunaan bahan bakar.

Masih di area center cluster, di bawah head unit terdapat tombol pengaturan AC dengan model knob putar yang sudah dilengkapi climate zone AC dengan fitur auto.  Posisi berkendara cukup ergonomis karena fitur sepeti tilt&telescopic, dan seat adjuster di bagian pengemudi dengan pengaturan naik-turun jok.

Fitur Keselamatan Lebih Beragam

Adu Kuat SUV Bensin, Mana Paling Oke antara Toyota Fortuner 2.7 vs Mitsubishi Pajero Sport 3.0? 08

Sebagai fitur keselamatan standar, Mitsubishi Pajero Sport bensin didukung ABD, EBD dan brake assist pada remnya. Untuk memberikan perlindungan kepada pengendara, terdapat dua buah airbag di depan, sabuk pengaman dengan pretensioner, dan Body Reinfored Impact Safety Evolution (RISE).  Untuk keamanannya sendiri telah tersematkan engine immobilizer dan alarm system. 

Performa Mesin V6 Paling Gagah

Adu Kuat SUV Bensin, Mana Paling Oke antara Toyota Fortuner 2.7 vs Mitsubishi Pajero Sport 3.0? 09

Mitsubishi Pajero Sport bensin didukung mesin V6 3.0L dengan kode 6B31, berteknologi Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control (MIVEC) dengan kompresi 10,5:1. Di atas kertas, mobil ini sanggup memeras tenaga hingga 217 PS pada putaran mesin 6.200 rpm dan torsi puncak sebesar 281 Nm di 4.000 rpm.

Distribusi tenaga disalurkan melalui transmisi otomatis 5 percepatan berjeniskan INVECS II yang didukung teknologi Sportronic dengan paddle shifter di balik lingkar kemudinya. Sama seperti versi diesel, Pajero Sport V6 memakai konfigurasi 4x2 dengan penggerak roda belakang.

Kesimpulan

Dengan harga yang lebih murah, Mitsubishi Pajero Sport bensin bisa menghadirkan fitur yang lebih beragam dan spesifikasi lebih baik daripada Fortuner 2.7 G Lux yang sama-sama keluaran 2014. Namun demikian, Toyota Fortuner ini mesinnya begitu legendaris karena juga dipakai pada Kijang Innova, sehingga soal sparepart bakal lebih mudah didapat. 

Jadi, kalian pilih fitur dan performa oke atau perawatan yang lebih mudah soal ketersediaan sparepart?

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil