window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Mobkas yang Irit BBM, Ini Perbandingan Honda Brio Gen 1 vs Suzuki Ignis 2017

Yongki Sanjaya · 6 Sep, 2022 15:00

Adu Mobkas yang Irit BBM, Ini Perbandingan Honda Brio Gen 1 vs  Suzuki Ignis 2017 01

Di tengah harga BBM yang kian mahal seperti sekarang ini, masyarakat dituntut supaya hemat dalam setiap aktivitas, salah satunya kebutuhan transportasi. Bagi kalian yang membutuhkan mobil irit dan lincah namun cukup terjangkau, pilihannya ada di Honda Brio Gen 1 atau Suzuki Ignis bekas.

Sebagai informasi, Honda Brio Satya keluaran 2017 dijual dengan harga mulai dari Rp115-162 juta. Sementara itu Suzuki Ignis pre facelift 2017 dijual dengan kisaran harga antara Rp105-Rp137 juta. Dengan kisaran harga yang mirip, Brio dan Ignis memiliki keunggulan yang sama yaitu bensin yang irit. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jadi Mobil Incaran Anak Muda, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio 2022

Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 M vs Suzuki Ignis GL, Si Pendatang Baru Kalah Tampang Menang Fitur

Ingin Beli Suzuki Ignis Baru Atau Bekas, Seberapa Mahal Biaya Servisnya Setelah Garansi Berakhir?

Untuk Brio Satya, bahkan bisa menembus angka 20 km/liter sesuai regulasi pemerintah untuk mobil LCGC. Suzuki Ignis juga tak mau kalah, kisaran angka konsumsi bahan bakarnya yaitu 17 km/liter. 

Nah, mana sih yang paling menarik antara kedua city car ini dari segi penampilan maupun fitur yang diusungnya? Berikut perbandingan antara Suzuki Ignis vs Honda Brio Satya 2017.

Suzuki Ignis, City Car Bergaya Crossover yang Tangguh 

Adu Mobkas yang Irit BBM, Ini Perbandingan Honda Brio Gen 1 vs  Suzuki Ignis 2017 01

Suzuki Ignis keluaran awal di tahun 2017 dilengkapi headlamp LED proyektor dengan DRL, fog lamps, lampu belakang kombinasi dan roof rails. Ignis ini digadang-gadang akan dapat diandalkan saat melintas di jalanan beraspal hingga off-road. Mobil ini memiliki ukuran panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm dengan tinggi 1.595 mm. Ground clearance yang tingginya 180 mm membuat Ignis lebih fleksibel untuk berbagai situasi berkendara. 

Interior Modis yang Kaya Fitur dan Warna

Adu Mobkas yang Irit BBM, Ini Perbandingan Honda Brio Gen 1 vs  Suzuki Ignis 2017 02

Suzuki Ignis 2017 hadir dengan mengusung desain yang minimalis modern. Hal ini dapat terlihat pada bentuk dashboard, pemilihan aksen warna pada handle senada body, hingga pemilihan cover jok yang juga memiliki desain stylish. Ignis pun dilengkapi head unit dashboard yang sayangnya belum memiliki fitur touch screen untuk tipe GL. 

Untuk fitur hiburan, Suzuki Ignis dibekali dengan head unit 2DIN yang dilengkapi dengan radio dan pemutar musik CD atau USB dengan format MP3 atau WMA di tipe GL, dan untuk tipe GX memakai head unit touch screen. Adapun head unit ini sudah terkoneksi dengan tombol pengaturan yang berada di setir.

Adu Mobkas yang Irit BBM, Ini Perbandingan Honda Brio Gen 1 vs  Suzuki Ignis 2017 03

Fitur kenyamanan lainnya yaitu sistem penyejuk udara (AC) sudah digital auto climate plus pemanas. Hadir pula fitur push start-stop button dan keyless entry guna menambah kepraktisan berkendara.

Performa Suzuki Ignis, Cukup dan Tidak Terlalu Istimewa

Adu Mobkas yang Irit BBM, Ini Perbandingan Honda Brio Gen 1 vs  Suzuki Ignis 2017 04

Bagaimana soal performa Suzuki Ignis? City car dengan julukan 'urban SUV' ini mengusung mesin 4-silinder berkode K12M berkapasitas 1.197 cc, yang mampu menyuplai tenaga sebesar 83 PS di 6.000 rpm dan torsi maksimal 113 Nm pada 4.200 rpm. Mesin tersebut dipadukan dengan pilihan transmisi manual 4-percepatan dan Auto Gear Shift (AGS) 5-percepatan.

Untuk opsi transmisi berjenis AGS memakai kopling kering dengan perpindahan gigi yang diatur oleh Transmission Control Module (TCM). Jadi pengoperasian mobil bertransmisi AGS ini sama dengan mobil matik karena pengemudinya tak perlu lagi menginjak pedal kopling.  

Honda Brio 2017, City Car yang Stylish dan Modis

Adu Mobkas yang Irit BBM, Ini Perbandingan Honda Brio Gen 1 vs  Suzuki Ignis 2017 05

Bagi kalian yang tidak suka melihat sosok Suzuki Ignis yang kelihatan cingkrang dan jangkung, dapat menjatuhkan pilihan kepada Honda Brio 2017. Mobil ini memiliki desain yang imut, minimalis, tapi tetap stylish. Untuk kalangan remaja, Brio ini jelas sangat ideal dari penampilan dan karakternya yang fun to drive.

Eksterior Honda Brio generasi pertama ini cukup modis dengan fitur yang menarik. Sebut saja projector headlamp dengan LED light guide, power retractable door mirror dengan LED turning signal, side under spoiler, rear glass garnish dan side sill garnish. 

Secara dimensi, Brio memiliki spesifikasi ukuran panjang 3.640 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.485 mm.  Bicara masalah eksterior, Brio memiliki aksesoris yang lebih beragam dan membuat penampilannya jadi modis. Namun demikian, untuk soal dimensinya Ignis lebih unggul dibandingkan Brio.

Interior Elegan dan Berkelas Untuk Anak Muda

Adu Mobkas yang Irit BBM, Ini Perbandingan Honda Brio Gen 1 vs  Suzuki Ignis 2017 06

Masuk ke dalam kabin, interior Brio pada tipe RS ini punya aksen yang lebih berkelas. Interior Brio RS ini didominasi oleh warna hitam, desain dashboard yang mengadopsi bentuk milik Honda Jazz. 

Untuk hiburan selama perjalanan, kamu bisa mengandalkan layar sentuh berukuran 6.2 inci yang dapat digunakan untuk menonton hingga memilih lagu favorit dari smartphone-mu via jack kabel USB. Kekurangan Satya hanya ada pada head unit 2DIN belum ada Bluetooth. 

Bentuk sisi belakang dengan panel kaca besar dan rata seperti punggung setrika selalu jadi perhatian karena kaca dan pintu bagasi jadi satu. Konsekuensi terbesar ada pada kapasitas bagasi minim sehingga tak cocok dijadikan mobil keluarga yang sering membawa banyak barang.

Performa Honda Brio 2017, Halus Bertenaga Untuk Pemakaian Dalam dan Luar Kota

Adu Mobkas yang Irit BBM, Ini Perbandingan Honda Brio Gen 1 vs  Suzuki Ignis 2017 07

Bagaimana soal performa? Brio RS atau Satya 2017, didukung mesin i-VTEC L12B 4-silinder 1,2-liter. Mesin ini mampu memproduksi tenaga mencapai 89 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 110 Nm pada 4.800 rpm. 

Honda Brio adalah mobil kota yang menyenangkan saat dikendarai dengan pengendaliannya pun lincah tipikal Honda.  Mesin 1.2L lumayan kencang dan terbukti irit, dengan rasio BBM mudah tembus 20 km/liter.

Kesimpulan

Bicara soal keleluasaan kabin, Brio harus mengakui keunggulan Suzuki Ignis karena secara dimensi kalah besar. Suzuki Ignis lebih unggul dalam beberapa aspek seperti memiliki ukuran kabin yang lebih luas dan eksterior yang memikat perhatian. Namun, buat kamu yang lebih suka desain yang lebih minimalis, Honda Brio New RS adalah pilihan yang tepat walau harganya di atas Ignis. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil