Adu Nyaman Mengemudikan Mazda2, Yaris, dan Jazz

Yusuf · 17 Jul 2020 10:00

Masyarakat perkotaan memilih mobil yang mudah dikendaraai saat jalan raya padat. Selain ringkas, mobil hatchback juga bisa diandalkan saat parkir di perkantoran atau di pusat perbelanjaan atau Mall. Meski kompak, kendaraan jenis ini didukung dengan mesin yang cukup andal yaitu 1500 cc, selain digunakan di perkotaan, mobil ini sering kali digunakan untuk menempuh perjalanan jauh atau ke luar kota.

Dari sekian banyak mobil hatchback, kali ini kami akan mencoba mengendarai tiga mobil yang berbeda, yaitu mobil Mazda2 GT, Toyota Yaris S TRD Sportivo dan juga New Honda Jazz RS terbaru. Ketiganya adalah kompetitor yang memiliki spesifikasi berbeda.

Mazda 2

Saat mengendarai mobil Mazda2 2020, posisi duduk untuk mengemudi sangat baik. Seakan berada di semuah mobil sport, posisi duduk sangat pas dan seakan membuat andrenalin pengemudi New Mazda2 terpacu untuk menekan gas. Ditambah lagi Mazda2 interiornya memiliki material kursi dengan bahan fabric hitamnya dipadu striping merah pada jok semi bucket New Mazda2 2020 membuat nyaman saat mengemudi. Meskipun damping suspensi, kami merasa sedikit keras, tetapi rebound yang dihasilkan masih cukup nyaman.

Meski mobil dikendarai dalam kecepatan maksimal di jalan bebas hambatan. Namun, mudah dikendalikan. Tak ada hambatan saat melewati berbagai tikungan. Teknologi Skyactiv-Body mobil Mazda2 baru yang lebih ringan namun rigid, turut menyumbang tingkat presisi kemudi.

Mobil Mazda 2 tersedia dalam 2 varian. Harga Mazda 2 2020 berkisar dari Rp 287 juta hingga Rp 304 jutaan. Ini tidak beda jauh dengan harga Mazda 2 2019.

Maksimal kecepatan mobil Mazda2 baru yang diraih, didukung dengan mesin 1.496 cc, 4 silinder, DOHC, Dual Sequential Valve Timing (S-VT) dan Electronic Throttle Control (ETC) ,jadi tak perlu khawatir bagi kami untuk menaklukkan jalur lancar di jalan tol. Dengan mesin yang disematkan, mobil Mazda2 baru mampu mencapai kecepatan maksimal 109 dk di putaran 6000 rpm dengan torsi 141 Nm di 4000 rpm. Spesifikasi tersebut sudah cukup untuk sebuah sedan kompak.

Jika macet, penumpang pun tak pegal, karena sudah dibekali dengan fitur i-Stop. Fitur ini mampu mematikan mesin secara sementara pada saat kondisi macet. Untuk menyalakannya kembali, kami hanya perlu menginjakkan pedal gas.

Dibekali dengan mesin dan transmisi tercanggih, membuat pengemudi mudah membawa mobil Mazda2 baru 2020 di berbagai kondisi jalan. Untuk berakserasi 0 – 100 km/jam, hanya membutuhkan waktu 10,1 detik. SkyActiv Technology membantu meningkatkan performa tanpa kehilangan efisiensi bahan bakar. Konsumsi bahan bakar New Mazda baru di dalam kota hanya 12,2 km/liter. Di jalan bebas hambatan mencapai 17,1 km/liter.

Toyota Yaris

Saingan terdekat Mazda adalah Toyota Yaris. Mobil ini banyak digandrungi oleh kalangan milenial, karena memiliki warna dan corak yang mewakili anak muda. Di balik desainnya yang modern, Toyota Yaris baru menyimpan satu kesan bagi yang mengendarainya.

Harga New Toyota Yaris berkisar dari Rp 259 juta hingga Rp 291 jutaan. Ini merupakan harga mobil Yaris terbaru 2020. Sekilas info saja, saudara Toyota Yaris, yakni Toyota Alphard memiliki 3 varian dengan harga berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard 2020.

Memasuki mobil Yaris New pertama kali, suasana kabin yang nyaman dan lapang kami rasakan. Sepertinya mobil Yaris Toyota bukan jenis hatchback yang minum ruang untuk pengemudi dan penumpangnya. Meski lega dengan posisi kaki yang nyaman, penumpang yang memiliki tinggi 175 cm masih bisa tetap leluasa menyetir. Kebetulan penumpang di belakang juga merasakan kenyamanan. Kaki mereka tidak menekuk, terdempet dari kursi bagian depan.

Saat dikendarai di berbagai kondisi jalan, salah satunya adalah di jalan bebas hambatan, kami pun mencoba bermanuver dari jalur ke jalur dan kami merasakan bantingan suspensi yang cukup lembut. Meski memang harus bergeser di jok kemudi. Namun, masih cukup membuat nyaman.

Melintas di tikungan dengan kecepatan di atas normal, mobil Yaris baru ini tak sebaik mobil Mazda2 yang mudah dikendalikan. Namun, masih bisa memberikan keamanan bagi pengemudi yang mengendarai mobil Yaris. Meski ada gejala body roll. Namun, suspensi mobil Yaris masih lembut dan memberikan kestabilan.

Ketangguhan Toyota Yaris S ini didukung mesin Dual VVT-i 4 silinder segaris 16 Valve DOHC. Mobil Yaris Toyota memiliki tenaga maksimum sebesar 105 dk pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 137 Nm pada putaran 4.200 rpm. Mesin ini mampu membawa kami ke jalan bebas hambatan dengan penuh adrenalin. Mesin ini bisa diandalakan untuk perjalanan jarak jauh. Mesin tersebut memiliki tenaga maksimal 106 dk di putaran 6000 rpm dan torsi maksimal 140 Nm di putaran 4200 rpm.

Dengan dukungan mesin tersebut, mobil Yaris New hanya membutuhkan waktu 12,9 detik untuk berakselerasi dari 0 - 100 km/jam. Konsumsi bensin dalam kota 11,9 km/liter dan untuk jalan bebas hambatan 17 km/liter.

Honda Jazz RS

Mobil Hatchback yang ketiga ini sangat diandalkan penjualanya oleh Honda Prospect Motor di Indonesia. Di jalan raya dan di parkiran pusat perbelanjaan, New Honda Jazz paling sering ditemui. Boleh dikatakan mobil ini paling laris dibanding dua rivalnya di atas.

New Honda Jazz memiliki total 5 varian. Harga mobil Honda Jazz berkisar dari Rp 253 juta hingga Rp 295 jutaan. Untuk harga mobil Honda Jazz tipe RS dan RS CVT adalah Rp 285 juta dan Rp 295 jutaan. Ini tidak beda jauh dengan harga All New Honda Jazz 2019.

Selain nyaman di dalam kabin, khususnya di bangku kemudi, mobil Honda Jazz New juga cukup tinggi, dengan ukuran headroom 1.542 membuat New Honda Jazz tidak mepet di kepala. Saat menjalankan mobil di jalur bebas hambatan (tol), rasanya mengemudi mobil All New Jazz begitu nyaman. Suspensinya sangat lembut, sampai-sampai garis kejut yang berada di beberapa ruas tol hanya sedikit getarannya. Membuat kontrol mobil All New Jazz jadi lebiih mudah karena Honda sudah membekali sistem suspensinya.

Saat dibawa jalan menikung dengan keceppatan 80 km/jam, New Honda Jazz memang tak sebaik mobil Mazda2, sama dengan mobil Yaris baru yang masih ada gejala body roll. Namun, karena suspensi yang cukup baik disematkan pada mobil ini, kondisi tersebut bisa diredam dengan baik.

Honda Jazz dibekali dengan mesin L15 dengan maksimal tenaga 118 dk dari kapasitas 1.497 cc dengan teknologinya i-VTEC dan DBW. Mesin ini memiliki tenaga maksimal 120 dk di 6600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm di 4600 rpm. Mesin dirasakan cukup baik dibanding kompetitor lain.

Dengan girboks CVTnya menempuh 11 detik untuk berakselerasi 0-100 km/jam. Konsumsi bahan bakar dalam kota tercatat 12,2 km / liter dan jalan bebas hambatan menghabiskan seliter bensin untuk 17,3 km.

Kesimpulan

Dari pengalaman mengemudi ketiganya, Mazda2 memiliki fitur yang modern dan bisa diandalkan pengemudinya dalam kondisi jalan macet di perkotaan. Pengemudi dan penumpang sangat dimanjakan dengan kemewahan interior Mazda2 GT. Bila memiliki budget lebih, tak salah memilih mobil yang tersedia dengan pilihan warna merah ini.

Sementara itu, Toyota Yaris New tidak sebaik Mazda2. Namun, di lihat dari sisi kelegaaan, mobil ini bisa direkomendasikan. Warna yang cerah dan mewakili generasi muda bisa menjadi andalan.

Honda Jazz masih unggul di sektor mesin yang lebih unggul dari dua pesaingnya. Perubahan yang dilakukan Honda untuk mobil ini bisa menjadi pilihan peninta mobil Hatchback.

Spesifikasi Mazda2 Toyota Yaris Honda Jazz
Tipe Mesin SKYACTIV-G 1.5L In-line 4 cylinder, DOHC 16 valve with Dual S-VT (Sequential Valve Timing) and ETC (Electronic Throttle Control) In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW
Kapasitas Mesin 1496 cc 1496 cc 1497 cc
Transmisi Otomatis 6 percepatan 5-kecepatan manual, CVT Girboks. 5-Speed
Tenaga Maksimal 109 dk / 6000 rpm 106 dk / 6000 rpm 120 HP / 6600 rpm
Torsi Maksimal 141 nm / 4000 rpm 140 nm / 4200 rpm 145 nm / 4600 rpm
Bahan Bakar Bensin Bensin Benin
Sistem Penggerak Front Wheel Drive Front Wheel Drive Front Wheel Drive
Konsumsi Bahan bakar 11,9 km/liter non tol, 17,1 Km/L

13 Km/L non tol.

18.6 Km/L tol

12,2 Km/L non tol, 17,3 Km/L

Komentar

Mobil Terbaru