window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Penampilan Honda Brio RS vs Toyota Agya GR Sport, Konsep Stylish Lawan Sporty

Yongki Sanjaya · 16 Feb, 2023 08:00

Adu Penampilan Honda Brio RS vs Toyota Agya GR Sport, Konsep Stylish Lawan Sporty 01

Toyota Agya generasi kedua resmi diperkenalkan kepada publik. City car ini hadir dalam dua varian, yaitu standar dan GR Sport. Dengan aksen balap yang khas, Toyota Agya GR Sport 2023 ini bakal berhadapan dengan Honda Brio RS.

Agya GR Sport ini memang dipersiapkan untuk mengisi lini city car non LCGC yang dulu hanya ada Brio RS. Secara konsep, Agya GR Sport ini hadir dengan cita rasa balap yang khas sesuai identitas tim balap Toyota Gazoo Racing. 

Baca juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota juga menghadirkan styling eksterior yang agresif, high performance, dan peningkatan driving quality untuk membuat Agya menarik secara emosional. Adapun untuk Brio tipe RS alias Road Sailing ini memberikan kesan stylish dengan aksen sporty di beberapa bagian.

Bicara soal desain, kembali ke selera masing-masing. Ada yang menganggap desain Brio RS ini ganteng, tapi ada juga yang bilang Agya GR Sport ini keren. Nah, apa saja sih beda penampilan dari masing-masing model ini?

Mari kita bandingkan apa saja hal menarik dari Honda Brio RS dan Toyota Agya GR Sport dalam memikat calon konsumen mereka.

Toyota Agya GR Sport, Sporty dengan Aksen Body Kit dan Upgrade Handling

Adu Penampilan Honda Brio RS vs Toyota Agya GR Sport, Konsep Stylish Lawan Sporty 01

Pihak Toyota telah membocorkan rencana mereka bila nantinya Agya tipe GR Sport tak lagi mengisi segmen LCGC seperti versi sebelumnya. Dari sisi luar, Agya GR Sport bisa kita kenali dengan aksen warna dual tone dan body kit. Desainnya masih mempertahankan identitas Toyota pada grill trapezoidal dengan panel hitam untuk dudukan plat nomor.

Varian ini dibekali dengan aero kit dipasang pada eksterior sisi samping dan bumper belakang. Desain di bumper depan juga berbeda dimana Agya GR Sport punya beberapa aksen agresif. 

Agya GR Sport juga bisa kita kenali dengan identitas dual tone, dengan atap berkelir hitam. Warna untuk tipe ini hanya tersedia dua pilihan yakni merah-hitam dan putih-hitam.

Adu Penampilan Honda Brio RS vs Toyota Agya GR Sport, Konsep Stylish Lawan Sporty 02

Selain itu, desain velg di tipe GR Sport hadir dengan polished dual tone ring 15, sedangkan tipe standar memakai ring 14. Ban di tipe GR Sport memakai produk Dunlop Sport Max 185/55.

Tak cuma mengandalkan upgrade penampilan melalui tambahan body kit, Toyota juga melakukan upgrade dari sisi handling yang lebih agresif. Toyota melakukan upgrade di sistem suspensi dan EPS. Exclusive shock absorber dan coil spring diracik supaya sanggup memberikan daya redam lebih maksimal ketimbang model standar. 

Honda Brio RS, Kombinasi Desain Elegan dan Sporty

Adu Penampilan Honda Brio RS vs Toyota Agya GR Sport, Konsep Stylish Lawan Sporty 03

Bila kalian tak suka penampilan Brio RS Urbanite yang serba heboh dengan aksesoris body kit yang terpasang, maka pilihan bijak bisa melirik Brio RS versi standar. Penampilan Brio RS ini lebih bersahaja, dengan aksen body kit bergaya sporty namun bisa menjaga sisi elegan sebuah mobil Honda.

Sama seperti Agya GR Sport, Brio RS pada umumnya juga memiliki warna hitam pada bagian atap. Identitas yang bisa kita ketahui dari Brio RS dari sisi luar ialah grill depan berkelir hitam.

Adu Penampilan Honda Brio RS vs Toyota Agya GR Sport, Konsep Stylish Lawan Sporty 04

Kemudian, grill pada Brio RS juga memiliki emblem atau logo RS pada bagian bawah sisi kiri. Brio RS juga sudah dilengkapi dengan side skirt pada bagian sampingnya. Di bagian belakang, Brio RS sudah disematkan spoiler atap yang juga sudah dilengkapi dengan high mounted stop lamp dengan desain memanjang.

Fitur di eksterior Brio RS yaitu sudah dilengkapi dengan sistem pelipat elektrik. Pada sektor kaki-kaki, Brio RS mengandalkan velg yang berukuran 15 inci, dengan warna two tone. Mobil ini juga memiliki caster angle pada bagian depan yang dapat diubah untuk menghasilkan kestabilan yang lebih baik.

Kesimpulan

Pihak Toyota masih malu-malu mengungkap secara gamblang kelengkapan fitur di eksterior Agya GR Sport 2023 ini. Namun soal kelengkapan body kit maupun teknologi di Agya GR Sport bisa kita lihat kalau nyaris sama seperti yang tersedia di Brio RS.

Secara konsep desain, bisa kita lihat kalau penampilan Brio RS bisa lebih dewasa, meskipun sporty look masih cukup kuat. Sebaliknya, kesan agresif dengan DNA Gazoo Racing membuat Agya ini segmentasinya lebih ke kalangan muda. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil