Adu Spesifikasi Daihatsu Rocky Vs Suzuki Vitara Brezza, Mana yang Cocok Untuk Kaum Milenial?

Enda · 11 Mei, 2021 12:00

Adu Spesifikasi Daihatsu Rocky Vs Suzuki Vitara Brezza, Mana yang Cocok Untuk Kaum Milenial? 01

Daihatsu Rocky vs Suzuki Vitara Brezza

Sebagai line up terbaru PT Astra Daihatsu Motor, tampilan Daihatsu Rocky dikenal dengan membawa aura sporty dan atraktif. Untuk turut serta meramaikan kancah otomotif nasional akan tren kendaraan SUV, pada dasanya Rocky diciptakan untuk menyeser kaum muda milenial serta keluarga kecil yang memiliki gaya hidup urban perkotaan, namun tetap nyaman untuk mobilitas sehari-hari ataupun diajak berpetualang.

Masuk dalam golongan A-SUV, Daihatsu Rocky sebenarnya sudah lama gadang-gadang memiliki calon rival terdekatnya, yakni Suzuki Vitara Brezza. Namun hingga saat ini, PT Suzuki Indomobil Sales masih memilih untuk bungkam perihal kapan akan membawa Vitara Brezza ke Tanah Air.

Terakhir informasi yang kami dapat, pihaknya masih terus melakukan riset akan kebutuhan pasar terhadap SUV kompak ini. Tidak menutup kemungkinan, PT SIS juga turut memperkenalkan Vitara Brezza. Mengingat animo masyarakat akan kendaraan jenis SUV semakin besar.

Penasaran dengan keduanya? Dalam pembahasaan kali ini kami akan membandingkan spesifikasi antara Daihatsu Rocky vs Suzuki Vitara Brezza.

Baca juga: Promo Terbesar Daihatsu Rocky Hanya Berlaku Bulan Ini, Jangan Sampai Kelewat!

Daihatsu Rocky Punya Dimensi Lebih Besar Dari Suzuki Vitara Brezza?

Adu Spesifikasi Daihatsu Rocky Vs Suzuki Vitara Brezza, Mana yang Cocok Untuk Kaum Milenial? 02

Tampilan samping Daihatsu Rocky

Suzuki Vitara Brezza merupakan salah satu lini SUV Suzuki yang diproduksi oleh Maruti Suzuki, India. Secara dimensi, Vitara Brezza memiliki ukuran panjang di bawah 4 meter, dengan panjang 3.995 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.640 mm.

Bila dibandingkan dengan Daihatsu Rocky, ukuran yang dimiliki SUV kompak pabrikan berlogo ‘S’ tersebut, nyatanya lebih mungil.

Seperti yang diketahui menurut data, Daihatsu Rocky mempunyai panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm dan tinggi 1.635 mm. Secara konklusi, ukuran dimensi yang dimiliki Rocky lebih proper bila dibandingkan calon rivalnya tersebut.

Suzuki Vitara Brezza Hadir dengan Mesin Lebih Besar dengan Tenaga yang Powerful

Adu Spesifikasi Daihatsu Rocky Vs Suzuki Vitara Brezza, Mana yang Cocok Untuk Kaum Milenial? 03

Mesin 1KR-VET 3-silinder 1.0L turbo Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky Indonesia dibenamkan mesin baru 1.0L dengan dorongan turbo. Secara data di atas kertas, mesin berkodekan 1KR-VET 3-silinder, Turbocharger, VVT-i berkubikasi 998 cc ini mampu melecutkan tenaga 97,9 PS @6.000 rpm serta angka torsi mencapai 140 Nm @2.400 - 4.000 rpm. Bicara konsumsi BBMnya, Rocky berada di level 16-17 km/liter.

Berbeda dengan Suzuki Vitara Brezza, Maruti Suzuki, selaku pabrikan Suzuki di India yang memproduksinya membenamkan mesin 1.5L NA. Sama seperti Ertiga, Jimny, serta beberapa produk Suzuki lainnya, Vitara Brezza menggunakan mesin berkodekan K15B berkapasitas 1.462 cc 4-silinder DOHC yang dapat memuntahkan tenaga hingga 104 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 138 Nm @4.400 rpm.

Adu Spesifikasi Daihatsu Rocky Vs Suzuki Vitara Brezza, Mana yang Cocok Untuk Kaum Milenial? 04

Mesin K15B berteknologi BS6 pada Suzuki Vitara Brezza

Suzuki menyematkan mesin ini sebenarnya bukan tanpa alasan. Secara realibiltas, K15B memiliki tingkat durabilitas yang tinggi serta terbukti efisiensi dalam hal penggunaan bahan bakar. Dimana mesin yang ditanamkan pada Vitara Brezza ini sudah menganut teknologi BS6 yang dapat menempuh jarak 17.03 km/liter.

Teknologi BS6 sendiri memiliki kepanjangan Bharat Stage 6. Yang mana membahas tentang emisi gas buang yang diharuskan lebih ketat dan bersih. Mulai 1 April 2020, di India, semua mobil baru yang terdaftar harus memenuhi norma BS6 sebagai syarat untuk dapat terjual secara umum. 

Selain Maruti Suzuki, beberapa brand otomotif ternama di India juga sudah mengaminkan mengenai regulasi ini. Diantaranya: Hyundai, Honda, Tata, Mahindra, Renault, Ford, Nissan, Datsun dan Toyota.

Bicara model kendaraan populer yang menganut BS6 di India, antara lain: Kia Seltos, Maruti Suzuki Swift, Hyundai Creta, Hyundai i20 dan Hyudai Venue.

Transmisi Jenis CVT Hanya Bisa Ditemukan Pada Daihatsu Rocky

Adu Spesifikasi Daihatsu Rocky Vs Suzuki Vitara Brezza, Mana yang Cocok Untuk Kaum Milenial? 05

Transmisi Dual CVT pada Daihatsu Rocky

Seperti yang diketahui, di Indonesia, Rocky hadir dengan dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan CVT.

Transmisi CVT terbaru Daihatsu ini hadir dengan teknologi Dual Mode CVT, yang menghadirkan pengalaman berkendara yang halus, responsif, sekaligus tetap hemat bahan bakar.

Baca juga: Dihajar Kia Sonet 2021, Suzuki Vitara Brezza 2021 Bisa Batal Masuk Indonesia

Mengetahui jenis transmisi apa yang digunakan Suzuki Vitara Brezza, Maruti Suzuki menawarkan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan.

Perlu kalian ketahui, transmisi otomatis pada Vitara Brezza belum menggunakan teknologi CVT. Dengan begitu, setiap perpindahan gigi secara otomatisnya masih bisa kalian rasakan.

Fitur Keselamatan Daihatsu Rocky Terbilang Lebih Canggih

Adu Spesifikasi Daihatsu Rocky Vs Suzuki Vitara Brezza, Mana yang Cocok Untuk Kaum Milenial? 06

Fitur A.S.A (Advanced Safety Assist) di Daihatsu Rocky

Dari sisi keselamatan, Daihatsu Rocky dilengkapi dengan fitur keselamatan spesial dikelasnya. Fitur ini secara umum dinamakan Advance Driving Assistant System (ADAS).

Pada Rocky, fitur ini dinamakan A.S.A (Advanced Safety Assist). Teknologi A.S.A dapat membantu mengurangi potensi bahaya ataupun dampak dari kecelakaan pada kendaraan.

A.S.A yang tersematkan pada Rocky bekerja dengan menggunakan sensor yang terdapat pada stereo camera di kaca depan yang dapat mendeteksi objek di depan mobil, lalu memberikan peringatan jika mobil dalam potensi bahaya. Ada pun fitur A.S.A di Daihatsu Rocky Indonesia terbagi menjadi enam bagian, diantaranya: Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Adu Spesifikasi Daihatsu Rocky Vs Suzuki Vitara Brezza, Mana yang Cocok Untuk Kaum Milenial? 07

Teknologi TECT (Total Effective Control Technology) di Suzuki Vitara Brezza

Sedangkan Suzuki Vitara Brezza sendiri berhasil disematkan teknologi TECT (Total Effective Control Technology). Teknologi terbaru yang dimilikinya ini mampu memberikan perlindungan terhadap pegemudi dan penempuang untuk meminimalisir dampak benturan yang keras.

Tidak hanya itu, juga terdapat fitur cruise control yang bisa memberikan kemudahan serta keselamatan berkendara.

Kesimpulan

Daihatsu Rocky dan Suzuki Vitara Brezza merupakan SUV perkotaan yang sedang tren dibeberapa negara. Bila mengamati tampilan luar dari keduanya, Vitara Brezza memiliki bentuk yang lebih crossover jika dibandingkan dengan Rocky.

Namun apabila melihat spesifikasi yang dimiliki, Daihatsu Rocky mempunyai ukuran yang lebih besar dari calon rivalnya tersebut. Mengamati jantung pacu keduanya, Vitara Brezza disematkan mesin dengan tenaga lebih besar yang sama persis digunakan pada beberapa produk flagshipnya. Sedangkan Rocky sendiri mendapat mesin baru yang didukung oleh turbocharger.

Bicara mengenai fitur keselamatan, Daihatsu Rocky ini terbilang lebih unggul dari Suzuki Vitara Brezza. Hal ini didukung dengan adanya fitur Advance Driving Assistant System (ADAS) yang dinamakan A.S.A (Advanced Safety Assist) pada saudara kembar Toyota Raize ini.

Oh iya, bicara kenyamanan berkendara, Daihatsu Rocky juga masih lebih unggul. Hal ini dikarenakan transmisi otomatisnya sudah menggunakan teknologi Dual Mode CVT.

Baca juga: Bagaimana Jadinya Kalau Hyundai Venue 2021, Nissan Magnite 2021 dan Suzuki Vitara Brezza 2021 Ikut Meramaikan Otomotif Tanah Air?

 

 

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Daihatsu Rocky 1.0 R TC MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru