Adu Spesifikasi Hyundai Alcazar Vs Toyota Rush, SUV Korea Siap Jadi Kuda Hitam!

Enda · 20 Apr, 2021 08:00

Adu Spesifikasi Hyundai Alcazar Vs Toyota Rush, SUV Korea Siap Jadi Kuda Hitam! 01

Toyota Rush Vs Hyundai Alcazar

Hyundai beberapa waktu lalu telah meluncurkan Low SUV 7-seater terbarunya secara global di Negara Anak Benua, yakni Hyundai Alcazar. SUV ini dibangun menggunakan platform Hyundai Creta yang hadir dengan konfigurasi 5-seater.

Hyundai Alcazar menurut kabar akan dihadirkan untuk menantang Toyota Rush. Hal ini sesuai rencana PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) selaku agen pemegang merek Hyundai di Tanah Air berencana menghadirkan dalam waktu dekat.

Penasaran dengan spesifikasi terbaru LSUV Hyundai ini? Berikut perbandingan spesfikasi Hyundai Alcazar vs Toyota Rush.

Baca juga: Meluncur Secara Global, Hyundai Alcazar Dibanderol Mulai Dari Rp200 Jutaan

Eksterior Hyundai Alcazar Tampil Lebih Memukau

Adu Spesifikasi Hyundai Alcazar Vs Toyota Rush, SUV Korea Siap Jadi Kuda Hitam! 02

Tampilan depan Hyundai Alcazar

Melihat bagian fascianya, Alcazar memiliki desain dasar yang mirip dengan Creta. Menganut gaya bahasa desain Sensuous Sportiness. Ini membuatnya terlihat berbeda dengan penggunaan grille model bertingkat.

Selain itu, di dalam grille terdapat banyak potongan krom individu dan bahkan mendapatkan surround chrome yang sisinya terintegrasi dengan cluster lampu LED depan yang terletak terpisah.

Melihat bagian sampingnya, Alcazar berhasil disematkan velg 18 inci model diamond cut. Pada bagian belakangnya, mobil ini memiliki tampilan yang berbeda dengan Creta. Terdapat perubahan desain tail lamp, lampu belakang yang lebih besar, serta bentuk yang futursitik mengikuti lekukan pintu bagasi serta bumpernya yang berotot.

Toyota Rush, SUV Urban yang Sporty

Adu Spesifikasi Hyundai Alcazar Vs Toyota Rush, SUV Korea Siap Jadi Kuda Hitam! 03

Tampilan depan Toyota Rush

Bicara Toyota Rush, mobil ini juga menampilkan kesan yang tak kalah sporty. Wajahnya kini lebih atraktif dengan menampilkan kesan SUV yang bengis dengan lampu utama LED. Pada bagian samping mobil ini juga terdapat side skirt dan over fender serta velg berukuran 16 dan 17 inci. Melihat bagian belakangnya, Rush terbaru terlihat lebih sporty dengan menampilkan bentuk yang lebih kekar dari generasi sebelumnya.

Tampilan Dalam Hyundai Alcazar Terkesan Mewah dan Nyaman

Adu Spesifikasi Hyundai Alcazar Vs Toyota Rush, SUV Korea Siap Jadi Kuda Hitam! 04

Interior Hyundai Alcazar

Melihat bagian dalam, interior Hyundai Alcazar dikombinasikan dengan dua warna yang membuatnya terasa mewah. Secara khusus, Hyundai belum mengungkapkan apakah Alcazar akan mendapatkan fitur tambahan dibandingkan dengan Creta, kecuali untuk ventilasi AC khusus untuk penumpang baris ketiga.

Mobil ini akan mendapatkan sistem infotainment 10,25 inci dengan konektivitas BlueLink yang kompatibilitas dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Soal kualitas suaranya dihasilkan melalui sistem suara dari BOSE, pengisi daya smartphone nirkabel, kursi pengemudi bertenaga delapan arah, dan kursi berventilasi.

Mobil ini juga sudah dilengkapi pembersih udara Auto Healthy, beberapa mode mengemudi dan traksi, dan sunroof panoramik.

Adu Spesifikasi Hyundai Alcazar Vs Toyota Rush, SUV Korea Siap Jadi Kuda Hitam! 05

Interior Toyota Rush

Mengetahui ruang kabin Toyota Rush, mobil ini disematkan Head unit yang sudah mendukung koneksi internet yang bisa mengakses weblink dan aplikasi navigasi Waze.

Baca juga: Selisih Rp40 Jutaan, Ini Perbedaan All New Toyota Rush dengan All New Daihatsu Terios

Sistem infotaiment juga tak kalah menarik berkat adanya 8 surround sound speakers. Rush juga mendapatkan ventilasi AC yang diletakan pada baris kedua untuk dapat menghembuskan udara sejuk hingga baris ketiga.

Alacazar Hadir dengan Dua Pilihan Konfigurasi

Apabila Toyota Rush menawarkan konfigurasi 7-seater, maka Hyundai Alcazar hadir dengan dua pilihan konfigurasi, yakni 6-seater dan 7-seater. Alcazar dengan kapasitas 6 orang, ditawarkan dalam bentuk jok baris kedua model captain seat yang terintegrasi dengan cup holder di bagian tengah, yang membuatnya terasa semakin ergonomis.

FItur Keselamatan Hyundai Alcazar Termasuk Jempolan

Adu Spesifikasi Hyundai Alcazar Vs Toyota Rush, SUV Korea Siap Jadi Kuda Hitam! 06

Fitur keselamatan Toyota Rush

Demi memberikan keselamatan dan kenyaman berkendara, Hyundai Alcazar berhasil ditanamkan layar MID dengan ukuran cukup besar, 6 airbags, Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), Electronic Stability Program dan Electric Parking Brake.

Soal fitur kselamatan Toyota Rush, LSUV andalan Toyota ini dibenamkan dual SRS Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Emergency Brake Signal (EBS), kamera parkir mundur dan emergency stop/brake signal.

Tidak ketinggalan, terdapat tambahan empat buah airbag di bagian sampingnya yang secara keseluruhan terdapat enam buah kantung udara. Sebagai pengingat Rush mendapat indikator penggunaan safety belt bagi pengemudi dan seluruh penumpang.

Dimensi Alcazar Bakal Lebih Besar Dari Toyota Rush?

Adu Spesifikasi Hyundai Alcazar Vs Toyota Rush, SUV Korea Siap Jadi Kuda Hitam! 07

Tampilan samping Hyundai Alcazar

Belum banyak yang menyebutkan mengenai dimensi lengkap Hyundai Alcazar. Secara data, LSUV ini akan lebih panjang dari Hyundai Creta yang diketahui mempunyai panjang 4.300 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.635mm. Namun beberapa sumber menyebutkan secara teknis bahwa jarak sumbu roda yang digunakan sama seperti Creta, yakni 2.610 mm.

Sedangkan, Toyota Rush sendiri memiliki panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.705 mm. Bicara wheelbase, saudara kembar Terios ini mempunyai angka 2.685 mm.

Berbeda dengan Toyota Rush, Hyundai Alcazar Mendapat Dua Opsi Mesin yang Mumpuni

Adu Spesifikasi Hyundai Alcazar Vs Toyota Rush, SUV Korea Siap Jadi Kuda Hitam! 08

Menggali beberapa sumber informasi mengenai Alcazar, diketahui Low SUV calon penantang Toyota Rush ini dihadirkan dalam dua pilihan mesin. Dimana mesin yang digunakan berbeda dengan Creta yang lebih diluncurkan.

Secara data, Hyundai Alcazar akan didukung oleh mesin Nu 2.0L bensin BS6  yang dapat mengail tenaga hingga 159 PS serta menghasilkan torsi puncak yang mencapai 191 Nm. Sedangkan opsi lainnya datang dari jantung mekanis U2 1.5L diesel BS6 yang mampu memeras tenaga 115 PS di angka torsi 250 Nm. Bicara mengenai perpindahan percepatan, kedua ditawarkan transmisi otomatis 6-percepatan dan manual 6-percepatan.

Melihat spesifikasi jantung pacu pada Toyota Rush, mobil ini hanya ditawarkan dengan satu pilihan mesin, yang berkodekan 2NR-VE 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i 1.496 cc. Secara data, mesin yang sama persis digunakan pada beberapa lini produk Toyota dan Daihatsu ini mampu merilis tenaga hingga 104 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 136 Nm @4.200 rpm. Putaran mesin yang dihasilkan dapat diatur kecepatannya menggunakan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Kesimpulan

Hyundai Alcazar merupakan pilihan sebuah LSUV non Jepang yang mungkin saja dalam waktu dekat diperkenalkan oleh PT HMID ke Tanah Air. Secara spesifikasi dan bentuk, Alcazar terlihat lebih unggul dibandingkan Toyota Rush ataupun saudara kembarnya.

Apabila masuk ke Indonesia, diharapkan nantinya Alcazar menggunakan mesin yang sama dengan Creta, yaitu 1.5 liter dengan menghasilkan tenaga 115 PS serta torsi 144 Nm, yang dianggap lebih efisiensi bahan bakar dan pajak kendaraan.

Baca juga: 7 Keunggulan Hyundai Alcazar, Percaya Diri Lawan Toyota Rush dan Daihatsu Terios

Komentar