window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Spesifikasi Kia Big-Up Vs Mitsubishi L300, Big-Up Lebih Unggul Soal Muatan?

Enda · 19 Agu, 2021 14:00

Adu Spesifikasi Kia Big-Up Vs Mitsubishi L300, Big-Up Lebih Unggul Soal Muatan? 01

Mitsubishi L300 dan Kia Big-Up

Beberapa konsumen Tanah Air sering kali merasa dilema ketika hendak mencari sebuah pick up bermuatan ringan untuk keperluan bisnis. Di Indonesia, mobil jenis pick up handal dan hemat bahan bakar setidaknya terdapat beberapa model yang dijajakan, salah satunya ialah Kia Big-Up dan Mitsubishi L300.

Perlu kalian ketahui, mengenai harga barunya Kia Big-up kini menurut situs resminya ditawarkan dengan harga Rp193,2 juta. Sedangkan mobil muatan ringan yang berhasil meramaikan kancah otomotif Tanah Air selama 4 dekade, Mitsubishi L300 dipatok dengan harga sedikit lebih mahal, yakni Rp194 juta.

Sebelum kalian memutuskan untuk membeli salah satu dari keduanya, sebaiknya ketahui spesifikasi antara Kia Big-Up dan Mitsubishi L300 berikut ini.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Kia Big-Up, Pick Up Pesaing Isuzu Traga dengan Harga Lebih Terjangkau

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tampilan Kia Big-Up Terlihat Modern dan Atraktif

Adu Spesifikasi Kia Big-Up Vs Mitsubishi L300, Big-Up Lebih Unggul Soal Muatan? 01

Kia Big-Up terlihat modern dan atraktif

Secara tampilan, Kia Big-Up memang terlihat lebih atraktif dan dinamis dibandingkan Mitsubishi L300. Karenanya PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku agen pemegang merek Kia di Indonesia, kembali memberikan penyegaran terhadap Big-Up pada Q1 tahun lalu di ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC).

Sedangkan L300 sejak pertama kali diperkenalkan di era 80-an hingga sekarang diketahui tidak mengalami ubahan yang signifikan.

Berkutat di sektor tampilan depannya, Kia Big-Up terkesan mewah dengan disematkannya grill tiger nose sebagai ikonik Kia saat ini yang dikelilingi list krom guna mempercantik tampilannya.

Pada sistem pencahayannya, mobil ini berhasil dipadukan lampu utama menganut konsep black-out headlamp dengan tampilan unik dan sport, sekaligus memberikan visibilitas yang baik untuk pengemudi ketika berkendara di malam hari.

Melihat bagian samping, mobil ini sama seperti beberapa pick up lainnya terlihat sederhana namun tetap fungsional. Uniknya spion Kia Big-Up yang diletakan di ujung pintunya ini di bagi menjadi dua bilah yang mana bisa diatur posisinya untuk memperlihatkan sisi bagian bawah serta belakangnya secara terpisah.

Dengan begitu blind spot mobil ini akan menjadi berkurang dan pengemudi pun akan merasa lebih pede ketika mengendarainya.

Penampilan L300 Awet Jadulnya

Adu Spesifikasi Kia Big-Up Vs Mitsubishi L300, Big-Up Lebih Unggul Soal Muatan? 02

Mitsubishi L300 terkesan sederhana namun tetap tangguh

Di sisi lain, Mitsubishi L300 ini masih mempertahankan desain kotaknya yang khas. Namun edisi terbaru telah mengimplementasikan grill dengan bentuk yang dinamis serta dipadukannya logo tiga berlian dengan ukuran kecil ditengahnya. Pada sistem pencahayaan, mobil ini sudah mendapatkan reflektor model kristal yang dapat memberikan bias cahaya lebih baik dari sebelumnya.

Kapasitas Bak Kia Big-Up Lebih Besar dari Mitsubishi L300

Adu Spesifikasi Kia Big-Up Vs Mitsubishi L300, Big-Up Lebih Unggul Soal Muatan? 03

Kapasitas bak Kia Big-Up lebih besar dan mengaplikasikan model 3-way

Kia Big-Up maupun Mitsubishi L300 sama-sama ditopang menggunakan sasis jenis leader frame model tangga yang kokoh. Secara data, Big-Up ini memiliki bak model 3-way Pick-Up yang versatile berukuran panjang 2.900 mm, lebar 1.740 mm dan tinggi 400 mm.

Melihat dimensi serta spesifikasi bak yang dimilikinya tersebut, tentunya akan memudahkan setiap penggunannya dalam membawa barang dengan jumlah cukup banyak serta lebih akomodatif ketika menaikan dan menurunkan barang.

Bicara Mitsubishi L300, secara ukuran bak mobil ini memiliki panjang 2.430 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 360 mm. Bila dibandingkan Big-Up, tentunya kapasitas bak L300 ini lebih kecil. Bukan hanya itu saja, bak yang dimiliki L300 diketahui belum menggunakan model 3-way seperti Kia Big-Up.

Interior Kia Big-Up Fiturnya Lebih Lengkap dan Ergonomis Dibandingkan Mitsubishi L300

Adu Spesifikasi Kia Big-Up Vs Mitsubishi L300, Big-Up Lebih Unggul Soal Muatan? 04

Interior Kia Big-Up berpenampilan modern

Masuk ke bagian dalam Kia Big-Up, kalian akan menemukan tampilan dashboard yang terlihat driver oriented. Seperti yang bisa dilihat, material dashboard berbahan plastik berwarna abu-abu tersebut dibuat membulat dengan disematkannya pengaturan kipas blower AC dan head unit pada center clusternya yang sangat ergonomis.

Agar pengguna dapat meletakan barang secara lebih rapih, maka pada dashboard di bagian penumpangnya tersebut disediakan glove box dengan penutup.

Di sektor kemudi Kia Big-Up ini dilengkapi power steering untuk memudahkan pengemudi ketika bermanuver. Selain itu kalian juga dapat menemukan panel instrument dengan layar MID untuk mengetahui informasi penggunaan trip meter A dan B yang dikombinasikan informasi berupa jarum analog untuk mengetahui status kendaraan baik kecepatan, putaran mesin, suhu mesin serta kapasitas bahan bakar.

Untuk memberikan rasa nyaman ketika berkendara terhadap pengemudi serta penumpang, pada sandaran tengahnya ini bisa diturunkan dan kalian akan menjumpai adanya 2 buah cup holder, tempat menaruh koin, serta wadah yang bisa digunakan untuk meletakan benda kecil seperti hand phone, dompet maupun buku catatan seperti bon.

Baca juga: Legenda Hidup Pikap di Indonesia, Mitsubishi L300 2021 Tidak Banyak Berubah Sejak 80-an

Interior Elsapek, Bergaya 80-an

Adu Spesifikasi Kia Big-Up Vs Mitsubishi L300, Big-Up Lebih Unggul Soal Muatan? 05

Interior Mitsubishi L300 terkesan sangat sederhana

Berbeda dengan Mitsubishi L300, tampilan dalam pick up andalan Tiga Berlian ini terlihat begitu sederhana dan klasik. Hal tersebut dikarenakan pihaknya masih mempertahankan tampilan awalnya sejak pertama kali diluncurkan.

Seperti yang bisa dilihat dashboard daripada mobil ini memiliki bentuk yang flat dengan meter cluster analog berpenampilan lawas. Tuas transmisinya mobil ini pun masih diletakan di bawah kolom setir yang mana akan sedikit menyulitkan bagi kalian yang belum terbiasa membawanya.

Bicara fitur lainnya yang ada di mobil ini, kalian bisa menemukan sistem infotaiment single din serta dua buah kisi-kisi AC di ujungnya yang bisa kalian gunakan ketika ingin menambahkan peranti AC.

Kapasitas Mesin Kia Big-Up Unggul, Namun Soal Tenaga L300 Rajanya

Adu Spesifikasi Kia Big-Up Vs Mitsubishi L300, Big-Up Lebih Unggul Soal Muatan? 06

Kia Big-Up pakai mesin J2 2.7L

Diketahui Kia Big-Up ditanamkan mesin dengan kapasitas lebih besar dibandingkan Mitsubishi L300. Dimana mesin berkode J2 4 Silinder Segaris, Natural Aspiration 2.665 cc yang ada pada Big-Up mampu memeras tenaga 80 PS 4.000 rpm dengan torsi maksimal 164 Nm @2.400 rpm yang kemudian dikawinkan transmisi manual 5-percepatan.

Adu Spesifikasi Kia Big-Up Vs Mitsubishi L300, Big-Up Lebih Unggul Soal Muatan? 07

Mesin 4D56 2.5L pada Mitsubishi L300 

Mitsubishi L300 sendiri disematkan mesin legendaris 4D56 – SOHC 4 silinder segaris 2.477 cc yang mampu memperoleh tenaga 74 PS @4.200 rpm serta torsi maksimal 133,4 Nm @2.500 rpm. Untuk membuatnya dapat berjalan, maka mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Walaupun L300 memiliki kapasitas mesin lebih kecil, nyatanya banyak pengguna yang meyakini bahwa Mitsubishi L300 terasa lebih bertenaga dibandingkan Kia Big-Up.

Kesimpulan

Spesifikasi dua model pick up muatan ringan Kia Big-Up dan Mitsubishi L300 berhasil kami ulas di atas. Secara konklusi, penampilan Big-Up lebih modern, atraktif dan ergonomis. Bukan hanya itu, kapasitas bak yang dimilikinya juga jauh lebih besar dibandingkan L300.

Namun apabila kalian mencari sebuah kendaraan muat barang dengan tenaga lebih besar, tingkat durabilitas yang baik, serta ketersediaan suku cadang melimpah, Mitsubishi L300 merupakan pilihan tepat.

Baca juga: Wujudnya Terlihat Sama, Ini Perbedaan Isuzu Bison dengan Mitsubishi L300

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Mitsubishi L300 Cab Chasiss 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil