Adu Spesifikasi Toyota Vellfire dan Nissan Serena

Anissa · 5 Jun, 2020 15:00

Adu Spesifikasi Toyota Vellfire dan Nissan Serena 01

Toyota Vellfire merupakan salah satu mobil MPV buatan Toyota yang cukup mendominasi pasar otomotif pada segmen MPV di Tanah Air. Selain karena memiliki dimensi yang besar, mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai jenis teknologi yang mutakhir. 

Mobil Toyota Vellfire ini hanya memiliki 1 varian saja. Harga Toyota Vellfire ini hanya dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,19 Milyar. Harga Vellfire ini sama dengan harga Alphard 2.5 G AT yang berada dipertengahan dari varian mobil Toyota Alpard yang merupakan saudara Toyota Vellfire yang juga menjadi salah satu mobil terkenal. Di samping iu, harga Vellfire ini tidak beda jauh dengan Vellfire 2019. Toyota Alphard memiliki total 3 varian. Harga Toyota Alphard berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard tahun 2020. Beda Alphard dan Vellfire yaitu dari aksen desain dan kelengkapan fiturnya saja.

Tetapi mobil yang satu ini juga bukannya tidak memiliki saingan. Dalam segmen MPV, Toyota Vellfire bersaing dengan banyak sekali MPV dengan merek lainnya, dan salah satunya adalah Nissan Serena. Mobil MPV buatan Nissan memiliki dimensi yang tidak jauh berbeda dengan Toyota Vellfire, dan juga memiliki berbagai jenis teknologi termutakhir.

Tetapi kalau kita bicara soal mobil, rasanya belum lengkap kalau kita tidak membahas tentang spesifikasinya. Dan kali ini, kita akan membandingkan spesifikasi yang dimiliki oleh Toyota Vellfire dengan pesaingnya, Nissan Serena.

Keterangan Toyota Vellfire Nissan Serena
Dimensi 4.930 mm x 1.850 mm x 1.895 mm 4.770 mm x 1.740 mm x 1.865 mm
Wheelbase 3.000 mm 2.860 mm
Mesin V6 Dual VVT-I 2.494 cc V4 MR20 CVTC 1.997 cc
Tenaga/Torsi 180 hp/235 Nm 150 PS/200 Nm
Suspensi Double Wishbone dengan Torsion Bar Torsion Beam, Single Action, Coil Spring dengan Stabilizer
Ukuran Ban 235/50 R18 195/60 R16

Toyota Vellfire memiliki panjang bodi 4.930 mm, lebar bodi 1.850 mm, dan tinggi bodi 1.895 mm. Jarak sumbu roda atau wheelbasenya adalah 3.000 mm. Sedangkan ground clearance-nya adalah 160 mm.

Spesifikasi Toyota Vellfire

Adu Spesifikasi Toyota Vellfire dan Nissan Serena 02

Untuk menggerakkan bodinya yang besar ini, Toyota Vellfire dibekali dengan mesin V6 atau enam silinder. Mesin ini juga dipadukan dengan Dual VVT-I untuk mengoptimalkan performa mobil dan menambah efisiensi. Mesin ini sendiri memiliki kapasitas silinder sebesar 2.494 cc.

Dengan mesin ini, Toyota Vellfire bisa menghasilkan tenaga keluaran sebesar 180 tenaga kuda dan torsi maksimal 235 Nm. Tidak lupa, mesin ini juga dipadukan dengan sistem transmisi baru, yaitu transmisi DSG (Direct Shift Gearbox) delapan percepatan. Performa mesin ini juga diimbangi dengan dihadirkannya teknologi pengereman ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic-force Brake Distribution) dan BA (Brake Assist), sehingga pengendara bisa mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman. 

Untuk suspensi belakangnya, mobil ini menggunakan Double Wishbone dengan Torsion Bar. Lalu untuk bannya sendiri, mobil ini menggunakan ban berukuran 235/50 R18. Selain itu, untuk menambah kemudahan handling, mobil ini juga menyematkan teknologi Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRAC), serta Cruise Control.

Adu Spesifikasi Toyota Vellfire dan Nissan Serena 03

Dengan kisaran harga yang berada di angka Rp1,1 hingga 1,2 Miliaran, mobil Toyota Vellfire ini memang menghadirkan beragam fungsi yang bisa memenuhi kebutuhan penggunanya. Beragam fitur mewah yang dimilikinya juga membuat mobil ini dijadikan sebagai mobil perusahaan maupun mobil keluarga. 

Spesifikasi Nissan Serena

Sekarang kita beralih ke salah satu model MPV pesaing Toyota Vellfire, yaitu Nissan Serena. Dimensi bodi Nissan Serena tidak jauh berbeda dengan Toyota Vellfire. Mobil ini memiliki panjang bodi 4.770 mm, lebar bodi 1.740 mm, serta tinggi bodi 1.865 mm. Sedangkan jarak sumbu roda atau wheelbase-nya adalah 2.860 mm, sedikit lebih pendek dibandingkan Toyota Vellfire.

Berbeda dengan Toyota Vellfire, suspensi belakang dari mobil Nissan Serena ini menggunakan Torsion Beam, Single Action, Coil Spring dengan Stabilizer. Kemudian ukuran bannya sendiri sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Toyota Vellfire, yaitu 195/60 R16.

Lalu soal jantung mekanisnya, Nissan Serena dibekali dengan mesin empat silinder MR20 CVTC berkapasitas 1.997 cc. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan keluaran tenaga 150 PS dan torsi maksimal 200 Nm. 

Adu Spesifikasi Toyota Vellfire dan Nissan Serena 04

Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut disalurkan ke penggerak roda depan melalui transmisi Xtronic CVT. Mesin juga dinilai lebih efisien dibanding versi sebelumnya berkat penggunaan coating pada bagian piston dan ring piston. Kompresi mesinnya juga lebih tinggi, yakni 1:12,5. Sistem transmisi yang digunakan pada Nissan Serena juga dilengkapi dengan teknologi Adaptive Shift Control (ASC). Teknologi ini bisa membaca gaya mengemudi, dan kemudian menggunakannya untuk mengatur performa yang dibutuhkan oleh pengendara. 

Selain itu, sama seperti Toyota Vellfire, Nissan Serena ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur keselamatan yang bisa mengimbangi performa pengendaraan. Beberapa teknologi dasar yang juga ada pada mobil ini adalah ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic-force Brake Distribution) dan BA (Brake Assist). Selain itu, ada pula teknologi lain seperti Vehicle Dynamic Control, Traction Control System, dan Hill Start Assist yang membantu meningkatkan pengalaman berkendara. 

Bicara soal harga, Nissan Serena memang berada jauh di bawah Toyota Vellfire. Jika Toyota Vellfire dibanderol dengan harga yang menyentuh angka miliaran rupiah, maka Nissan Serena dibanderol dengan kisaran harga Rp 448.000.000 hingga Rp 465.000.000 saja. Hal ini bukan hal yang mengherankan, karena dilihat dari sisi interior dan eksteriornya, Nissan Serena memang belum memiliki kemewahan yang dimiliki oleh Toyota Vellfire.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Vellfire 2.5 G A/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru