window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu SUV 4X4, Spesifikasi Daihatsu Taft Rocky Lebih Menggoda Daripada Suzuki Vitara?

Yongki Sanjaya · 23 Jun, 2022 19:00

Adu SUV 4X4, Spesifikasi Daihatsu Taft Rocky Lebih Menggoda Daripada Suzuki Vitara? 01

Segmen mobil 4x4 cukup banyak peminatnya, karena kondisi jalanan di wilayah terpencil yang masih begitu buruk. Kebijakan pajak yang dahulu begitu tinggi untuk mobil 4x4 membuat populasinya tak begitu banyak. Dari segelintir model, apakah Suzuki Vitara mampu memikat is o{Daihatsu Taft Rocky dari segi spesifikasi?

Keduanya hadir dengan kemampuan 4WD yang tangguh untuk melibas medan jalan tanah licin atau medan berbatu yang sulit dilalui mobil biasa. Bedanya, Daihatsu Taft Rocky ini hadir lebih sebagai SUV pekerja sedangkan Suzuki Vitara ini merupakan SUV keluarga. 

Itulah mengapa jenis mesinnya juga berbeda, dimana Taft Rocky mengandalkan mesin diesel yang unggul dari sisi torsi dan durabilitas. Untuk Vitara masih mengandalkan mesin bensin yang halus dan cukup nyaman karena minim getaran.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Keduanya punya karakter yang cukup berbeda, dan manakah yang cocok untuk kebutuhan Anda? Mari kita bandingkan keduanya.

Suzuki Vitara, SUV Bermesin Bensin yang Family Oriented

Adu SUV 4X4, Spesifikasi Daihatsu Taft Rocky Lebih Menggoda Daripada Suzuki Vitara? 01

Vitara mengawali kehadirannya di Indonesia di tahun 1992 sebagai SUV dengan fitur terlengkap, dan memakai penggerak 4x4. Desain yang mengotak dan luwes membuat Vitara sangat berkarakter kuat di mata pecinta SUV Tanah Air. Desain ini pun tak lekas usang, cocok untuk segala zaman dan sangat ikonik.

Interior dengan Fitur Lengkap dan Modern

Adu SUV 4X4, Spesifikasi Daihatsu Taft Rocky Lebih Menggoda Daripada Suzuki Vitara? 02

Sebagai SUV keluarga, Vitara memiliki kenyamanan dengan per keong dan desain yang lebih menarik dari kompetitornya. Suzuki Indomobil membawa masuk Vitara ke Indonesia saat itu tanpa penurunan spek, dengan trim JX dan JLX. 

Perbedaannya yaitu tipe JX hanya dilengkapi power steering dan central lock saja. Sedangkan tipe JLX memiliki fitur paling lengkap, misalnya electric mirror, pengatur AC dengan heater, wiper belakang, defogger, body stripe hingga side moulding. 

Performa Suzuki Vitara, Andalkan Mesin Bensin dengan Karburator

Adu SUV 4X4, Spesifikasi Daihatsu Taft Rocky Lebih Menggoda Daripada Suzuki Vitara? 03

Suzuki Vitara didukung mesin G16A karburator 1600cc 4 silinder segaris SOHC 8 katup Suzuki Escudo dan Vitara generasi awal dilengkapi dengan mesin bertipe G16A 1.6 liter SOHC 16 katup dengan 4 silinder segaris. Mesinnya tidak istimewa tapi torsinya cukup bisa diandalkan untuk menjelajah. 

Dengan mesin tersebut, mampu mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 85 Hp pada putaran mesin 6.000 rpm sedangkan untuk torsinya mencapai 144 Nm di putaran 4.500 rpm. 

Karena memakai penggerak 4x4, maka ground clearance Vitara juga lebih tinggi dan kaki-kaki yang lebih kuat. Sehingga sangat cocok ketika kita ingin memodifikasi dengan roda dan ban berukuran besar.

Kelemahan mobil ini adalah konsumsi bensinnya yang lumayan boros dan agak rentan overheat. Angka konsumsi bahan bakarnya berkisar antara 7-9 km/liter saja tergantung kondisi lalu-lintas. Bila mobilnya diganti dengan ban yang ukurannya semakin besar maka semakin boros.

Daihatsu Taft Rocky, SUV Pekerja yang Perkasa

Adu SUV 4X4, Spesifikasi Daihatsu Taft Rocky Lebih Menggoda Daripada Suzuki Vitara? 04

Bila kamu hanya mencari SUV yang bandel, maka Taft Rocky ini adalah pilihan yang ideal. Pada 1996, Daihatsu Rocky kembali mendapat update. 

Rocky generasi terbaru yang diberi kode F78 ini juga telah memakai suspensi independen (Independent front suspension) untuk roda depan dan gardan solid dengan per keong di roda belakang. Per keong membuat bantingan mobil ini makin nyaman. 

Hal yang membedakan antara Rocky terbaru dengan generasi sebelumnya yaitu terlihat pada fascianya. Untuk Rocky generasi kedua memiliki wajah yang lebih modern yang mirip seperti Feroza.

Kalau bisa kita bilang, Rocky ini seperti paket lengkap sebuah SUV. Pakai suspensi independen, penggerak 4X4, dan kursi belakangnya hadap depan. Akhirnya pada 2007, Daihatsu Taft dihentikan penjualannya oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Spesifikasi Mesin Daihatsu Taft Rocky F78, Lebih Senyap dan Bertenaga

Adu SUV 4X4, Spesifikasi Daihatsu Taft Rocky Lebih Menggoda Daripada Suzuki Vitara? 05

Pada generasi F78 ini dibekali mesin DL42 yang kapasitasnya 2.765 cc. Mesin itu menghasilkan tenaga sekitar 76 dk dan torsi 245 Nm dan juga masih dikombinasikan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Mesin DL42 memakai timing belt sebagai penggerak katup untuk memompa injeksi rotari yang menggantikan pompa injeksi in-line. Ubahan ini turut membuat mesin dieselnya menjadi lebih senyap dari model sebelumnya.

Kabin Daihatsu Taft Rocky yang Luas

Adu SUV 4X4, Spesifikasi Daihatsu Taft Rocky Lebih Menggoda Daripada Suzuki Vitara? 06

Meskipun didesain sebagai 'mobil pekerja', tapi Taft Rocky ini interiornya lebih nyaman dari Taft Independent karena kursi baris kedua menghadap ke depan dan atap belakang lebih tinggi dari Taft. Ini membuat suasana di baris kedua jadi terasa luas. 

Interior Bersahaja di Daihatsu Taft Rocky

Karena konsepnya sebagai mobil pekerja yang serba bisa, maka Daihatsu Taft Rocky ini mengutamakan kemampuan di medan off road daripada penampilan interior. Secara kelengkapan fitur, Taft Rocky kalah lengkap daripada Vitara. Mobil ini telah dilengkapi power steering, central lock, dan pengatur AC dengan heater. 

Kesimpulan

Rocky dengan kode body F78 masih diburu sebagai simpanan kolektor, mobil hoby, mobil off road, maupun mobil harian yang terbukti akan kehandalannya. Mesin diesel yang halus dan bandel membuat Taft Rocky lebih diminati ketimbang Vitara bensin.

Seperti biasa, kebanyakan masyarakat Indonesia lebih menyukai mobil yang sederhana asalkan durabilitasnya luar biasa. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil