window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu SUV 5-seater Rp500 jutaan yang Manggung di IIMS 2022, Honda HR-V Ungguli Mazda CX-5 dan MG HS Edisi Khusus?

Yongki Sanjaya · 5 Apr, 2022 11:30

Adu SUV 5-seater Rp500 jutaan yang Manggung di IIMS 2022, Honda HR-V Ungguli Mazda CX-5 dan MG HS Edisi Khusus? 01

Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 dimanfaatkan dengan baik oleh deretan merek otomotif kenamaan untuk unjuk diri. Deretan model terkini diperkenalkan dan dipamerkan pada khalayak. Pada penyelenggaraan IIMS tahun ini, setidaknya ada tiga SUV 5-seater terbaru yang naik pentas, yakni Honda HR-V 1.5 RS Turbo, MG HS Dark Midnight Edition, dan Mazda CX-5.

Ketiganya ditawarkan dengan harga baru di atas Rp500 juta, termasuk Honda HR-V 1.5 RS Turbo yang naik karena dampak perubahan regulasi PPN menjadi 11 persen. All New Honda HR-V 1.5L Turbo RS awalnya Rp 499,9 Juta naik menjadi Rp 503,9 juta. Sementara itu untuk dua model lainnya yaitu MG HS Dark Midnight Edition dan Mazda CX-5 sudah ditawarkan dengan harga baru.

Patut dicermati pertarungan SUV compact to medium ini. Karena secara kelengkapannya HR-V yang lebih murah bisa unggul dari MG HS Dark Midnight Edition dan Mazda CX-5.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tidak percaya? Berikut ini ulasannya.

MG HS Dark Midnight Edition, Apa Menariknya di Harga Rp500 Jutaan?

Adu SUV 5-seater Rp500 jutaan yang Manggung di IIMS 2022, Honda HR-V Ungguli Mazda CX-5 dan MG HS Edisi Khusus? 01

Edisi terbatas dari MG HS ini dijual dengan harga lebih mahal Rp25 juta dari MG HS tipe reguler, dan hanya tersedia sebanyak 100 unit di seluruh Indonesia. MG HS Dark Midnight Edition memiliki harga Rp 514,8 juta OTR Jakarta.

Secara fisik, SUV ini bisa kita kenali dengan mudah karena MG HS Dark Midnight Edition hadir dengan warna serba hitam. Hal menarik lainnya yaitu MG HS Dark Midnight Edition juga dilengkapi body kit khusus yang tidak ditemukan pada MG HS Smart Magnify. Selebihnya, fitur dan kelengkapan sama seperti MG HS i-Smart Magnify yang menjadi basisnya.

Dark Midnight Edition dibenamkan mesin berkapasitas 1.490 cc, 4 silinder, DOHC, 16 valve Turbo TGI di mana dipadukan dengan Twin Clutch Sportronic Transmission (TST) 7-percepatan. Mesin tersebut dapat memproduksi tenaga sebesar 162 ps pada putaran mesin 5.600 rpm dengan torsi puncak 250 Nm di putaran 1.700 – 4.400 rpm.

Pada bagian fascia, bumper depan disematkan spoiler lip, serta garis oktagonal yang membungkus grill, dengan fokus logo MG hitam di tengah grill.

Pada sisi samping, terdapat side skirt yang membuat tampilan semakin sporty. Panel body kit ini membuat sisi bawah terjaga dari kemungkinan benturan ataupun kerikil. MG HS Dark Midnight Edition memakai velg rim ukuran 18 yang juga berwarna hitam, yang memberi kesan tegas dan misterius. 

Fitur Canggih di MG HS Dark Midnight Edition

Adu SUV 5-seater Rp500 jutaan yang Manggung di IIMS 2022, Honda HR-V Ungguli Mazda CX-5 dan MG HS Edisi Khusus? 02

Bicara soal fitur, MG HS Dark Midnight Edition juga memiliki fitur i-Smart, sebuah teknologi cerdas yang meliputi Smart Drive, Smart Check, Smart Command dan Smart Connect untuk membuat penggunanya selalu terhubung dengan mobilnya. 

MG HS Magnify i-Smart pun dilengkapi MG i-SMART, sebuah teknologi cerdas yang meliputi Smart Drive, Smart Check, Smart Command, dan Smart Connect. Teknologi tersebut memungkinkan pengguna selalu terhubung dengan mobilnya itu setiap saat. Terdapat teknologi MG Pilot sebagai kesatuan Advanced Driver Assistance System (ADAS), yakni teknologi berkendara mobil otonom yang membuat pengemudi ekstra percaya diri atas keamanan mobil tersebut.

Berikut ini adalah rincian dari teknologi i-Smart yang cerdas dalam menerima perintah pengguna (i-Smart Intelligent Command):

1. Smart Check
- Remote Vehicle Control
- Security Alarm
- Remote Vehicle Diagnosis
- Geo Fence
- MG Touch Point
- Travel Plan

2. Smart Command
- Voice Command
- Smart Call
- i-Call (sambungan telepon langsung ke MG Call Center yang beroperasi 24 jam)
- POI (Point of Interest)

3. Smart Connect
- AVN Water
- Online Music
- Food and Travel Guide
- Smart Navigation
- EasyCon

4. Smart Drive
A. Lane Assist System (LAS)
- Lane Departure Warning
- Lane Departure Prevention
- Lane Keep Assist

B. Front Drive Assist
- Adaptive Cruise Control
- Traffic Jam Assist
- Forward Collision Warning
- Intelligent High-beam Control

C. Rear Drive Assist
- Lane Change Assist
- Rear Cross Traffic Alert
- Blind Spot Detection

New Mazda CX-5, SUV dengan Status 'Mewah'

Adu SUV 5-seater Rp500 jutaan yang Manggung di IIMS 2022, Honda HR-V Ungguli Mazda CX-5 dan MG HS Edisi Khusus? 03

Brand Mazda kini telah berinovasi menjadi sebuah merek Jepang kelas atas. Menjunjung tinggi filosofi Jinba Ittai New Mazda CX-5 dilengkapi dengan Skyactiv-Vehicle Architecture. Filosofi ini menciptakan sebuah kendaraan yang bisa menyatukan manusia dengan mobil. 

Mazda memakai pendekatan unik terhadap teknologi struktur kendaraan baik dari body, suspensi, hingga kursi, memberikan pengalaman berkendara yang lebih natural dan nyaman. Adapun untuk harganya, Mazda CX-5 Elite dijual Rp 597.700.000. Sedangkan untuk model Kuro Design ditawarkan dengan harga Rp 607.700.000

Terdapat banyak peningkatan fitur fungsionalitas di New Mazda CX-5, seperti wireless charging (Qi). Terdapat drive mode selection indicator yang membantu pengemudi lebih mudah mengidentifikasi mode seleksi berkendara. 

Untuk ruang bagasi cukup inovatif dimana papan bagian depan dan belakang dapat diatur secara fleksibel untuk mengakomodir kapasitas yang dibutuhkan dan juga dapat dibalik untuk material tahan air. Fitur hands-free power liftgate memungkinkan buka-tutup pintu bagasi secara otomatis melalui sensor di bagian tengah bawah bumper belakang. 

Adu SUV 5-seater Rp500 jutaan yang Manggung di IIMS 2022, Honda HR-V Ungguli Mazda CX-5 dan MG HS Edisi Khusus? 04

Bicara soal performa, Mazda CX-5 menggunakan mesin Skyactiv berbahan bakar bensin dengan  kapasitas 2.5L yang memiliki tenaga sebesar 190ps dan torsi 252 Nm. Selain itu mesin ini dilengkapi dengan teknologi cylinder deactivation yang dirancang untuk meningkatkan penghematan bahan bakar dengan menonaktifkan 2 dari 4 silinder saat mengemudi. 

Fungsi ini secara otomatis menentukan mana yang lebih baik untuk  pengemudian; 4 silinder atau 2 silinder,  terlepas dari operasi pengemudi, dan melakukan perpindahan secara otomatis. Silinder satu dan empat dinonaktifkan dalam situasi berkendara ringan, seperti saat melaju dengan kecepatan konstan.

Fitur Keselamatan Canggih di Mazda CX-5, Walau Tak Selengkap MG HS dan Honda HR-V 1.5 RS Turbo

Adu SUV 5-seater Rp500 jutaan yang Manggung di IIMS 2022, Honda HR-V Ungguli Mazda CX-5 dan MG HS Edisi Khusus? 05

Bicara fitur keselamatan, Mazda CX-5 memiliki teknologi i-ACTIVSENSE yang mencakup serangkaian fitur keselamatan canggih. The New CX-5 sudah  dilengkapi dengan serangkaian fitur safety lengkap seperti Mazda Radar Cruise Control (MRCC) yang membantu pengemudi menjaga jarak aman dengan kendaraan di depannya ketika diaktifkan, Lane Departure Warning System, Lane Keep Assist, dan juga Cruising and Traffic Support, keselamatan pengemudi Mazda menjadi semakin terjamin.

Tidak cuma itu, Mazda CX-5 facelift juga didukung beragam fitur keselamatan standar yang cukup komprehensif antara lain:

Cruising & Traffic Support (CTS)

Front parking sensor

Mazda connect

Smart City Brake Support (Reverse).

Honda HR-V 1.5 RS Turbo, Termurah Tapi Terlengkap

Adu SUV 5-seater Rp500 jutaan yang Manggung di IIMS 2022, Honda HR-V Ungguli Mazda CX-5 dan MG HS Edisi Khusus? 06

Honda HR-V generasi kedua mungkin dianggap sebagai anak bawang karena memang masuk kategori crossover. Namun secara harga dan fitur, jagoan Honda ini tak kalah dengan dua model di atas. All New Honda HR-V 1.5L Turbo RS layak disandingkan karena harga barunya kini naik menjadi Rp 503,9 juta.

All New Honda HR-V 1.5L RS Turbo hadir dengan tampilan yang semakin sporty dengan Aero Kit RS yang stylish dan aksen garis merah pada bumper bawah, berikut dan Dual Exhaust Pipe Finisher.

Dari segi performa, All New Honda HR-V 1.5L RS Turbo mengusung mesin baru 1.5L VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga 177 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 1.700-4.500 rpm. Untuk semakin menambah sensasi berkendara, terdapat 3 pilihan berkendara yaitu Sport, Normal dan Econ. 

Fitur Kenyamanan dan Keselamatan Jempolan di Honda HR-V 1.5 RS Turbo

Adu SUV 5-seater Rp500 jutaan yang Manggung di IIMS 2022, Honda HR-V Ungguli Mazda CX-5 dan MG HS Edisi Khusus? 07

All New Honda HR-V 1.5L RS Turbo juga dilengkapi dengan 4 Speakers & 2 Tweeters, 6 Airbags dan Hands-Free Power Tailgate + Walk-Away Close serta 7” Interactive TFT Meter Cluster.

All New Honda HR-V juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, Smart Entry System dan Auto Foldable Door Mirror dengan LED Turning Signal.

Sebagai tipe teratas, All New Honda HR-V telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan terbaik, seperti Honda LaneWatchTM, 4 Airbags, struktur rangka G-CON + ACETM dengan Side Impact Beam, teknologi pengereman ABS + EBD + BA, Hill Start Assist, Hill Descent Control, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal, serta Seatbelt Reminder untuk setiap baris kursi.

Kali ini Honda HR-V boleh berbangga karena memperoleh teknologi Honda Sensing di semua tipe. Teknologi Honda SENSINGTM pada All New Honda HR-V meliputi; Collision Mitigation Braking SystemTM (CMBSTM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Kesimpulan

Dengan harga termurah, Honda HR-V 1.5 RS Turbo memberi fitur yang cukup lengkap dan setara bila dibandingkan dengan MG HS Dark Midnight Edition atau Mazda CX-5 Elite yang selisih harganya jauh lebih mahal.

Bahkan secara performa mesin, sokongan turbo di HR-V 1.5 RS Turbo bisa membuatnya jumawa, karena bisa melampaui MG HS yang harganya lebih mahal. Namun, Mazda CX-5 tetap punya output terbaik karena mesin berkapasitas bersar yang diusungnya. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda HR-V 1.5L S 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil