window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu SUV 5-seater, Toyota Corolla Cross Hybrid yang Lebih Murah Sanggup Ungguli Subaru Forester?

Yongki Sanjaya · 19 Mei, 2022 16:30

Adu SUV 5-seater, Toyota Corolla Cross Hybrid yang Lebih Murah Sanggup Ungguli Subaru Forester? 01

Subaru yang diwakili oleh PT Plaza Auto Mega baru saja memperkenalkan secara resmi the all-new Subaru Forester. SUV 5-seater ini hadir dengan spesifikasi mumpuni untuk medan off road, karena pakai penggerak AWD. Sosok Subaru Forester ini pun mendapat banyak rival, salah satunya Toyota Corolla Cross.

All-new Subaru Forester diperkenalkan dengan 2 varian trim, yaitu Subaru Forester 2.0i-L yang ditawarkan dengan harga Rp. 579.500.000,- (on-the-road Jakarta) dan Subaru Forester 2.0i-S EyeSight ditawarkan dengan harga Rp. 659.500.000,- (on-the-road Jakarta). Sementara itu, Toyota Corolla Cross dijual Rp519.200.000. 

Dengan range harga yang beda sekitar Rp60 jutaan, apakah Subaru Forester unggul mutlak dari Corolla Cross? Mari kita bandingkan keduanya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Subaru Forester 2.0i-L, Pakai Penggerak AWD yang Tangguh di Segala Kondisi Jalan

Adu SUV 5-seater, Toyota Corolla Cross Hybrid yang Lebih Murah Sanggup Ungguli Subaru Forester? 01

Sistem penggerak Symmetrical All-Wheel drive menjadi andalan di Subaru Forester, yang memungkinkan pergerakan empat roda secara fulltime, menjamin traksi optimal di semua kondisi jalan. 

Teknologi X-Mode berfungsi untuk meningkatkan kemampuan jelajah di segala medan. Optimalisasi X-Mode bertugas mengontrol mesin, transmisi, dan rem pada permukaan licin, meningkatkan kemampuan berkendara dalam kondisi off-road dan jalan yang tidak rata. 

Hanya saja, tipe ini tak memiliki mode Snow/Dirt dan Deep Snow/Mud seperti varian 2.0i-S EyeSight. Kombinasi Symmetrical All-Wheel Drive dan X-Mode terbaru yang ada pada the all-new Subaru Forester menjanjikan “Enjoyment dan Peace of Mind” di semua kondisi jalan.

Mesin Boxer di Subaru Forester, Melegenda dan Tetap Terpercaya

Adu SUV 5-seater, Toyota Corolla Cross Hybrid yang Lebih Murah Sanggup Ungguli Subaru Forester? 02

Subaru Forester yang dipasarkan di Indonesia dilengkapi dengan 1 pilihan mesin, Subaru FB20, BOXER Engine, 4-silinder, 2.0L Naturally Aspirated yang menghasilkan tenaga 156 ps di 6000 rpm dan torsi hingga 196 Nm di 4000 rpm. Mesin tersebut menggunakan transmisi Lineartronic CVT 7-percepatan dan Active Torque Split AWD. 

Transmisi ini digunakan untuk penyaluran tenaga yang halus dan merata di semua putaran dan kondisi jalan. Perpindahan gigi juga dapat dilakukan secara manual melalui paddle shift pada lingkar setir.

Sebagai informasi, konfigurasi mesin BOXER dengan tata letak poros simetris 180° menghasilkan mesin yang seimbang, halus, dan minim getaran. Konfigurasi tersebut memungkinkan posisi mesin yang lebih rendah dan “ultra-low center of gravity” untuk pengendalian yang lebih stabil.

Fitur Berkelas di Subaru Forester 2.0i-L, Menegaskan Kemewahan dari SUV Medium

Adu SUV 5-seater, Toyota Corolla Cross Hybrid yang Lebih Murah Sanggup Ungguli Subaru Forester? 03

Hadir sebagai SUV medium, Subaru Forester tipe terbawah ini sudah dibekali beragam fitur yang 'mewah'. interior the all-new Subaru Forester. Dengan material terbaik dan built quality khas Monozukuri craftmanship dari Jepang.

Instrument cluster hadir dengan 2 (dua) dial dan satu layar LED untuk informasi yang interaktif. Sistem infotainment dengan layar sentuh 8-inch dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto menjadi standart untuk semua variant. 

Layar kedua di center console menampilkan informasi lebih lengkap seperti; konsumsi bahan bakar, temperatur, OFF-ROAD display, Subaru EyeSight, dan Kompas.

Bangku depan seluruh varian sudah dilengkapi dengan Electric seat dengan Memory function. Sementara itu, bangku belakang dilengkapi hand-rest, cup-holder, dan dapat direbahkan sesuai kebutuhan. Adapun kapasitas bagasi sebesar 500 liter dan dapat diperluas hingga 1740 liter.

Toyota Corolla Cross, Hadir dengan Mesin Ramah Lingkungan

Adu SUV 5-seater, Toyota Corolla Cross Hybrid yang Lebih Murah Sanggup Ungguli Subaru Forester? 04

Corolla Cross hadir mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA), mesin hybridnya mengombinasikan tenaga baterai dengan mesin konvensional ICE (Internal Combustion Engine).

Toyota Corolla Cross Hybrid mengusung mesin 2ZR-FXE 1.800 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang disandingkan dengan motor elektrik. Keduanya beroperasi secara mandiri sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan daya pada baterai.

Untuk mesin konvensional dapat menghasilkan tenaga 96 hp dengan torsi yang mencapai 142 Nm. Sementara itu, motor listriknya mampu memproduksi tenaga sebesar 70 hp dengan torsi puncak yang mencapai 163 Nm. Total, tenaga yang dihasilkan mencapai 166 hp dengan torsi 305 Nm.

Adu SUV 5-seater, Toyota Corolla Cross Hybrid yang Lebih Murah Sanggup Ungguli Subaru Forester? 05

Secara daya, tenaga dan torsi milik Toyota Corolla Cross unggul dari Subaru Forester yang bermesin naturally asporated. Kemampuan akselerasi pertama dan respons mobil yang spontan dari dukungan motor listrik menciptakan rasa berkendara yang fun to drive.

Teknologi hybrid di Corolla Cross tidak membutuhkan charging station untuk pengisian daya listrik. Mesin konvensionalnya berfungsi membantu pengisian baterai sebagai energi menggerakkan motor listrik. Transmisi matic CVT 7 speed juga memberikan kenyamanan dan lebih safety dalam berkendara, dan juga pergantian giginya cukup halus, kendaraan juga lebih senyap dan smooth. 

Fitur di Toyota Corolla Cross, Lengkap dan Berkelas

Adu SUV 5-seater, Toyota Corolla Cross Hybrid yang Lebih Murah Sanggup Ungguli Subaru Forester? 06

Bicara soal fitur, Corolla Cross didukung fitur yang melimpah dan membuat betah penumpang pada saat melakukan perjalanan jauh. Sebut saja, steering switch untuk mengendalikan audio, cruise control, MID sampai AC digital dual zone. Tersedia head unit 9 inchi IPS display dilengkapi radio, Bluetooth, NFC, Miracast, dan voice command. Plus smart entry untuk buka-tutup pintu mobil tanpa perlu menyentuh kunci. Untuk menikmati suasana malam hari atau siang hari, terdapat moonroof yang bisa dibuka dan ditutup otomatis.

Jika turun hujan, rain sensor secara otomatif mengaktifkan wiper, sementara
auto fold mirror akan menekuk spion samping otomatis. Parkir di area sempit tak akan membuat khawatir. Power back door dilengkapi kick sensor memberi kemudahan untuk mengakses pintu bagasi.

Fitur Safety di Toyota Corolla Cross Komplit 

Adu SUV 5-seater, Toyota Corolla Cross Hybrid yang Lebih Murah Sanggup Ungguli Subaru Forester? 07

Sebagai crossover kelas menengah atas, Toyota pun mengaplikasikan beragam fitur keselamatan pada Corolla Cross Hybrid. Corolla Cross ini dibekali rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, Emergency Braking Signal.

Kemudian terdapat sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang. Fitur keamanannya ditunjang immobilizer dan alarm untuk menjaga keamanan ketika parkir.

Kesimpulan

Melihat spesifikasi yang diusung, Corolla Cross versi hybrid ini memiliki beragam fitur menarik dan teknologi canggih HEV yang membuatnya efisien dalam konsumsi BBM. Ditawarkan dengan harga lebih murah, Corolla Cross hanya kalah dari sistem penggerak, yaitu FWD bila dibandingkan Forester yang AWD.

Nsmun demikian, Corolla Cross ternyata unggul dari sisi tenaga, ditambah lagi dengan karakter mobil listrik yang memiliki torsi instan di putaran bawah. Crossover besutan Toyota ini lebih fun to drive saat dikendarai di jalan aspal.

Namun bagi kalian yang doyan berpetualang, maka spesifikasi Subaru Forester dirasa telah cukup tangguh untuk melewati medan off road dan berbatu khas jalanan di Indonesia. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Corolla Cross Hybrid GR Sport 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil