window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu SUV Ala India, Mana Lebih Oke Antara Hyundai Creta Style dan Suzuki Grand Vitara GX?

Yongki Sanjaya · 22 Mar, 2023 09:30

Adu SUV Ala India, Mana Lebih Oke Antara Hyundai Creta Style dan Suzuki Grand Vitara GX? 01

Segmen SUV 5-seater menghadirkan pertarungan yang cukup ketat, karena banyak merek yang menghadirkan produk mereka di sini. Terbaru, PT Suzuki Indomobil Sales memperkenalkan Grand Vitara, dimana tipe GX punya harga yang beda tipis dengan Hyundai Creta tipe Style.

Sebagai informasi, berdasarkan pricelist di situs resmi hyundai.com, harga mobil baru Hyundai Creta tipe Style IVT dijual Rp 376.000.000 OTR Jakarta. Kemudian untuk Suzuki Vitara varian GX tersedia 4 pilihan warna, yaitu Pearl Splendid Silver + Black, dan Pearl Artic White + Black, yang ditawarkan dengan harga Rp 387.400.000. Untuk warna Pearl Celestial Blue dan Pearl Midnight Black ditawarkan dengan harga Rp 384.400.000. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baik Hyundai Creta maupun Suzuki Vitara GX ini sama-sama dikembangkan di India, sehingga desainnya ada aksen JDM alias Jaipur Domestic Market. Bedanya, Creta kini diproduksi di Indonesia sedangkan Grand Vitara masih diimpor dari India.

Hyundai yang kini telah berganti agen pemegang merek di Indonesia yaitu PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) tampil all-out di setiap model yang mereka tawarkan. Dengan beda sekitar Rp8 jutaan, mana sih SUV yang paling komplit soal kelengkapan fitur? 

Supaya tidak penasaran, mari kita bandingkan kedua  model tersebut. Simak uraiannya berikut ini.

Hyundai Creta tipe Style, Komplit dengan Harga Miring

Adu SUV Ala India, Mana Lebih Oke Antara Hyundai Creta Style dan Suzuki Grand Vitara GX? 01

Bila kalian belum sanggup membeli tipe Prime yang sudah di atas Rp400 juta, maka opsi rasional yaitu melirik Creta tipe Style. Hyundai Creta memiliki dimensi 4.315 x 1.790 x 1.630 mm dengan wheelbase 2.610 mm. 

Sebagai tipe nomor dua dari atas, jelas fiturnya cukup beragam untuk kelas crossover. Pada sisi eksterior, telah didukung sistem pencahayaan LED untuk lampu depan.

Hyundai Creta pada bagian grille hadir dalam pilihan warna warna dark chrome untuk varian Hyundai Creta Style dan Prime. Velg berdiameter 17 inci dengan diamond cut alloy yang semakin menambah kesan sporty. Agak disayangkan, tipe Style ini belum mendapat panoramic sunroof. 

Adu SUV Ala India, Mana Lebih Oke Antara Hyundai Creta Style dan Suzuki Grand Vitara GX? 02

Fitur yang dimiliki cukup lengkap dengan dukungan Driver Rear View Monitor dan layanan Hyundai BlueLink untuk mengkoneksikan smartphone. Terdapat layar cluster meter berukuran 10,25 inci TFT LCD. Interiornya juga terdapat Ambient Lights yang mempercantik suasana.

Seluruh Hyundai Creta dilengkapi dengan layar Display Audio berukuran 8 Inci dengan berbagai fitur dan dapat terhubung ke smartphone. Pada varian Style dan Prime, perangkat ini terhubung ke 8 unit speaker BOSE Premium Sound System. Adapun pengaturan audio bisa dilakukan Steering Wheel Audio and Bluetooth® Remote Control. 

Sistem penyejuk udara di mobil ini telah didukung AC Full Automatic Temperature Control.  Nah, untuk kenyamanan posisi mengemudi bisa diatur melalui tilt & telescopic steering. Gimmick lainnya yaitu Cooled Glove Box di mana laci dashboard dapat digunakan sebagai tempat untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman, termasuk Ventilated Seat yang tersedia pada varian Style dan Prime. 

Fitur Keselamatan Cukup Lengkap

Adu SUV Ala India, Mana Lebih Oke Antara Hyundai Creta Style dan Suzuki Grand Vitara GX? 03

Fitur keselamatan dan keamanan yang ada di Hyundai Creta cukup lengkap, dan tersedia nyaris merata pada seluruh varian seperti Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control, Brake Assistant System, Vehicle Stability Management, Hill-Start Assist Control (HAC), Emergency Stop Signal, Speed Sensing Auto Door Lock, Impact Sensing Auto Door Unlock, Child Protector Rear Door Unlock, Immobilizer. Terdapat 6 Airbag varian Style dan Prime.

Kemudian, tersedia pula fitur Hyundai Smartsense yang lebih lengkap mulai dari Manual Speed Limit Assist, Blind-spot Collision, Safe Exit Warning hingga Rear Cross-traffic-Collision Assist. Untuk memanjakan pengemudi saat perjalanan jarak jauh, tersedia fitur cruise control di Creta tipe ini. 

Harga Lebih Mahal, Fitur Suzuki Grand Vitara Kalah Komplit

Adu SUV Ala India, Mana Lebih Oke Antara Hyundai Creta Style dan Suzuki Grand Vitara GX? 04

Sebagai produk flagship, Grand Vitara tipe teratas memiliki nyaris seluruh kelengkapan khas medium SUV. Secara segmen memang Grand Vitara ini merupakan medium SUV sedangkan Hyundai Creta berwujud crossover.

Dimensi Suzuki Grand Virara GX 2023 ini cukup proporsional, dengan ukuran panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm dan tinggi 1.645 mm, dengan wheelbase 2.600 mm. Kelengkapan pada eksteriornya lebih oke karena terdapat panoramic sunroof, LED Projector Headlamp berikut Autolight with Guide Me Light. 

Masuk ke dalam interior, fiturnya tak lebih baik ketimbang Creta Sytle, dimana terdapat head unit touchscreen 9 inch yang dapat terkoneksi dengan smartphone, Head Up Display (HUD) dan smartphone wireless charging. 

Fitur Keselamatan Tidak Terlalu Istimewa

Adu SUV Ala India, Mana Lebih Oke Antara Hyundai Creta Style dan Suzuki Grand Vitara GX? 05

Agak disayangkan mobil ini belum terdapat teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS) untuk fitur keselamatan aktif. Sebagai produk flagship Suzuki, Grand Vitara hanya memiliki 6 Airbag, ESP (Electronic Stability Program), ABS (Anti-lock Braking System), BA (Brake Assist) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution). 

Fitur pendukung lainnya berupa dilengkapi dengan 360 camera, rear parking camera serta parking sensor untuk memudahkan pengendara melihat kondisi sekitar mobil. Tak luput, kehadiran fitur Hill Hold Control juga memberikan rasa aman saat kondisi mobil mulai bergerak di jalanan menanjak.

Adu Performa Suzuki Grand Vitara GX Vs Hyundai Creta Style, Mana Paling Perkasa?

Adu SUV Ala India, Mana Lebih Oke Antara Hyundai Creta Style dan Suzuki Grand Vitara GX? 06

Suzuki Grand Vitara cukup canggih karena sudah didukung teknologi pintar, Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Teknologi SHVS mengusung penggunaan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion Battery.

Mesin 1.500cc berkode K15C berteknologi SHVS ini memproduksi tenaga sebesar 103,06 PS/6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm/4.400 rpm disalurkan ke roda depan. Distribusi tenaga melalui 6-speed Automatic Transmission yang juga dilengkapi dengan paddle shift di balik lingkar kemudi.

Hyundai Creta tipe Style boleh jumawa karena mesin bensin Smartstream 1.5L dengan transmisi Intelligent Variable Transmission (IVT) tenaganya lebih unggul. Di atas kertas, Hyundai Creta bisa memuntahkan tenaga maksimum hingga 115 PS/6.300 rpm dengan torsi maksimum hingga 143,8 Nm/4.500 rpm. Creta juga memiliki empat jenis mode berkendara atau Drive Mode untuk membantu menentukan gaya berkendara yang paling sesuai, yaitu Eco, Comfort, Smart, dan Sport.

Kesimpulan

Berdasarkan fakta di atas, bisa kita lihat kalau raksasa otomotif asal Korea Selatan ini begitu jor-joran soal fitur untuk lini model mereka. Secara kelengkapan, Creta hanya kalah soal sunroof dan selebihnya punya beragam kebutuhan terkini. Bahkan, harga Hyundai juga lebih murah ketimbang Suzuki Grand Vitara.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Grand Vitara GL 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil