Adu Tangguh Blind Van Tiongkok, DFSK Gelora Kalah Nama Tapi Lebih Jumawa Dari Wuling Formo

Enda · 4 Jul, 2022 08:30

Wuling Formo Vs DFSK Gelora blind van

Bicara kendaraan niaga muatan ringan jenis blind van jenama Negeri Tiongkok, saat ini pilihanya ada dua, yaitu DFSK Gelora dan Wuling Formo. Untuk harganya sendiri DFSK Gelora kini ditawarkan Rp170.400.000, sedangkan pesaingnya Wuling Formo diniagakan Rp137.200.000.

Dibandrol lebih murah Rp33,2 juta, apakah Wuling Formo mampu ungguli DFSK Gelora di segmen blind van dari segi spesifikasi, atau justru sebaliknya? Supaya tidak penasaran, simak perbandingan spesifikasi keduanya di bawah ini.

Menang Bongsor DFSK Gelora Bisa Bawa Barang Banyak

Wuling Formo Vs DFSK Gelora blind van

Kapasitas kargo DFSK Gelora blind van mencapai 4.800 liter

Dari segi fungsionalitas DFSK Gelora blind van mampu mengakomodir barang muatan lebih banyak dibandingkan dengan Wuling Formo. Hal ini dibuktikan dari dimensinya dimana mobil ini memiliki panjang 4.500 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 2.000 mm. Sedangkan untuk wheelbasenya berada di angka 3.050 mm.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Sebagai Light Commercial Vehicle (LCV), soal volume kabin barangnya tercatat mobil ini mencapai 4.800 liter sehingga terasa cocok untuk kalian yang gemar membawa barang banyak.

Baca juga: Harga Wuling Formo S di Bawah Rp140 Jutaan Setara LCGC, Apakah Fiturnya Lebih Baik?

Wuling Formo Vs DFSK Gelora blind van

Kapasitas muat barang Wuling Formo kalah besar dari DFSK Gelora

Lalu bagaimana dengan Wuling Formo? Di atas kertas MPV dengan utilitas komersialnya tersebut untuk dimensinya berada di angka 4.493 mm, lebar 1.691 mm, dan tinggi 1.715 mm, serta wheelbase mencapai 2.720 mm. Bicara ruang kabinnya, untuk kapasitas daya angkutnya mobil ini mencapai 3.200 liter.

Sedikit menarik kesimpulan, untuk urusan daya angkutnya DFSK Gelora blind van lebih besar 1.600 liter dari Wuling Formo. Punya ruang kabin lebih besar, tentunya DFSK Gelora mampu mengakomodir muatan barang lebih banyak ketimbang Wuling Formo.

Dimensi Keseluruhan Wuling Formo 4 Vs DFSK Gelora
Keterangan Wuling Formo DFSK Gelora
Panjang 4.493 mm 4.500 mm
Lebar 1.691 mm 1.680 mm
Tinggi 1.715 mm 2.000 mm
Wheelbase 2.720 mm 3.050 mm
Volume Muat Barang 3.200 liter 4.800 liter

Adu Fitur Unggulan DFSK Gelora Vs Wuling Formo Blind Van

Wuling Formo Vs DFSK Gelora blind van

Fitur unggulan DFSK Gelora blind van

Mengenai fitur unggulan, DFSK gelora bisa dibilang mampu memberikan kenyamanan terhadap setiap penggunannya. Seperti yang bisa dilihat pada center clusternya telah dibenamkan head unit single din dengan dua buah speaker, serta tombol pengaturan AC model knob putar yang ergonomis.

Begitu juga pada meter cluster, tampilannya terkesan begitu atraktif dan modern tanpa mengurangi tingkat fungsionalnya. Tak hanya itu, guna memudahkan penggunanya saat ingin menaikan serta menurunkan jendela, mobil ini juga telah disematkan electric power window.

Baca juga: Gak Cuma Paling Murah, Biaya Operasional DFSK Gelora E Juga Lebih Hemat daripada Mobil Pick Up Bensin

Wuling Formo Vs DFSK Gelora blind van

Wuling Formo dilengkapi dengan single din dan sistem pendingin udara

Sebagai rival terdekatnya, Wuling Formo blind van juga memiliki fitur yang tak kalah keren. Dimana pada center clusternya mobil ini juga dilengkapi head unit single din yang mendukung format radio serta USB.

Selain mampu menampilkan status kendaraan secara informatif, sekelas mobil niaga untuk panel clusternya Wuling Formo juga terlihat eyes-catching. Seperti yang bisa dilihat didalamnya telah dilengkapi Meter Cluster With Multi Information Display (MID) yang dihimpit degan tachmoter serta speedometer dengan penampilan analog.

Tak berhenti sampai disitu, untuk memberikan rasa nyaman selama berkendara, mobil ini telah tersematkan sistem pendingin udara dengan pengaturan dua arah semburan. Sama seperti DFSK Gelora, untuk menaikan dan menurunkan kacanya Wuling Formo juga bisa dilakukan hanya dengan menekan tombol berkat adanya electric power window.

Oh iya, sebagai informasi baik DFSK Gelora maupun Wuling Formo sama-sama dilengkapi Electronic Power Steering (EPS) yang memudahkan penggunanya saat mermarkirkan kendaraan maupun melakukan manuver.

Fitur Keselamatan DFSK Gelora Blind Van Paling Komplit?

Wuling Formo Vs DFSK Gelora blind van

DFSK Gelora blind van diilengkapi double anti collision

Dari segi keselamatan berkendara Wuling Formo disematkan seatbelt indicator serta seatbelt di semua joknya. Untuk sistem pengereman, pada bagian depan menggunakan disc brake, serta drum brake di roda belakangnya.

Selanjutnya untuk fitur keselamatan yang ada pada DFSK Gelora blind van, pabrikan membekalinya dengan front-disc rear-drum serta hydraulic dual-circuit braking system. Tidak berhenti sampai disitu, pabrikan juga menambahkan double anti collision guna memberikan perlindungan kepada setiap penggunanya ketika mengalami benturan cukup keras untuk meminimalisir cidera yang serius.

Performa Wuling Formo Kalah Jauh dari DFSK Gelora Blind Van

Wuling Formo Vs DFSK Gelora blind van

Mesin 1.2L Wuling Formo

Berbekal mesin 4-silinder segaris DOHC I-VVT 1.206 cc berkombusi injeksi dengan standar emisi Euro 4, Wuling Formo mampu menghasilkan tenaga 77.5 PS @5.600 rpm serta torsi puncak 110 Nm @3.600-4.000 rpm.

Beda halnya dengan DFSK Gelora blind van, mobil ini terasa lebih bertenaga sekaligus bisa diandalkan berkat ditunjang mesin DK 1.500 cc DVVT dengan perolehan tenaga 110 PS @6.000 rpm serta torsi mencapai 140 Nm @ 3.200-4.000 rpm.

Perlu diketahui, baik Wuling Formo maupun DFSK Gelora Blind Van sama-sama ditawarkan transmisi manual 5-percepatan yang kemudian disalurkan ke penggerak roda belakang.

Agar dapat menunjang bisnis sehari-hari, putaran mesin yang dihasilkan keduanya sama-sama dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan yang kemudian ditranslasi ke penggerak roda belakang.

Kesimpulan

Untuk sebuah mobil niaga muatan ringan jenis blind van asal Negeri Tirai Bambu, harga barunya saat ini Wuling Formo ditawarkan lebih murah Rp33,2 juta dari DFSK Gelora. Punya harga baru lebih murah, untuk daya angkutnya Wuling Formo tak sebesar rival terdekatnya. Namun untuk fitur unggulan serta keselamatan berkendara, keduanya bisa dibilang sepadan.

Melihat dari segi performa, DFSK Gelora lebih bisa diandalkan guna mendukung kegiatan bisnis sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan Gelora memiliki tenaga serta torsi yang lebih besar.

Baca juga: Formo Minibus Jadi Mobil Wuling Termurah, Ini Bedanya dengan Confero S Facelift

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Mobil Terbaru