window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Akan Kembali ke Indonesia, Chery Tiggo E Berani Tantang Hyundai Kona Electric?

Enda · 15 Jul, 2021 19:00

Akan Kembali ke Indonesia, Chery Tiggo E Berani Tantang Hyundai Kona Electric? 01

Chery Tiggo E, SUV listrik berpenampilan kompak

Salah satu pabrikan otomotif jenama Tingkok, Chery, dikabarkan akan kembali meramaikan pasar otomotif Tanah Air. Di bawah payung Chery Motors Indonesia, apakah pihaknya akan memboyong Chery Tiggo E sebagai SUV kompak bertenaga listrik pesaing dari Hyundai Kona Electric?

Diketahui sebelumnya, Chery Tiggo E ini merupakan kendaraan elektrik berbasis dari Tiggo 5x. Mobil ini lebih dulu diperkenalkan di negara asalnya pada 2019.

Sebelum mengulas lebih jauh soal Chery Tiggo E, Chery ini sempat hengkang dari Indonesia pada 2011. Mobil berkebangsaan Tionghoa ini memutuskan untuk menyudahi bisnisnya di Indonesia karena dianggap memiliki kualitas produk yang dinilai tidak memenuhi standar yang sudah diterapkan di dalam negeri.

Seiring waktu berjalan, Chery mulai berbenah diri dan bersiap untuk kembali ke Tanah Air dengan membawa beberapa produk andalannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ingin mengetahui lebih dekat Chery Tiggo E yang dikabarkan akan menjadi calon pesaing Hyundai Kona Electric di Indonesia? Baca terus ulasannya berikut ini.

Baca juga: Melihat Lebih Dekat Chery Tiggo 8, Layak Jadi Pesaing Wuling Almaz RS?

Chery Tiggo E Punya Eksterior yang Terlihat Mewah dan Dinamis

Akan Kembali ke Indonesia, Chery Tiggo E Berani Tantang Hyundai Kona Electric? 01

Fascia daripada Chery Tiggo E

Secara data, Chery Tiggo E memiliki panjang 4.358 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.670 mm serta wheelbase 2.630 mm. Dari segi tampilan, Chery Tiggo E terlihat sebagai SUV kompak bertenaga listrik yang mewah, dinamis, sekaligus atraktif. Sebagai kendaraan listrik, grill depannya tertutup namun dibuat seolah berlubang untuk memberikan aksen unik. 

Melihat daripada sistem pencahayaannya, mobil ini menganut lampu matrix LED dengan list chrome di reflektor yang mampu menyuguhkan aura mewah juga memberikan visibilitas yang baik. Dibawahnya kalian juga bisa melihat list chrome yang membentang di kedua sisinya.

Sebagai ciri khas SUV yang kental, di ujung bumper depan mobil ini terdapat under guard berkelir silver yang terlihat kokoh.

Menilik bagian samping, menurut kami tidak ada yang spesial dari mobil ini. Lekukan garis yang dibentuk pun terlihat simpel namun macho. Pada lingkar rodanya menggunakan velg berukuran 18 inci mode dual tone dengan profil ban 215/55.

Akan Kembali ke Indonesia, Chery Tiggo E Berani Tantang Hyundai Kona Electric? 02

Tampilan belakang dan samping Chery Tiggo E

Sebagai kendaraan SUV elektrik, mobil ini berhasil disematkan over fender di bagian bawah dan atas rodanya. Tidak ketinggalan di bagian bawah pintunya ditempelkan side moulding berkelir silver dengan bentuk sporty yang meningkatkan suasana mewah di seluruh body mobil.

Bergeser ke bagian buritan, mobil ini mengadopsi desain lampu belakang model transparan dengan teknologi LED, yang lebih mudah dikenali setelah lampu menyala. Ditengahnya juga terdapat garnish memanjang berlapisan chrome yang seolah menghubungkan kedua stop lampnya.

Agar terlihat mewah, bumper bawah juga ditambahkan dengan dekorasi berlapis chrome, dan juga dua lubang muffler di kanan dan kiri sebagai aksesorisnya agar mobil ini juga terkesan sporty.

Interior Chery Tiggo E Tak Kalah Mewah Dari SUV Listrik Lainnya

Akan Kembali ke Indonesia, Chery Tiggo E Berani Tantang Hyundai Kona Electric? 03

Tampilan dashboard Chery Tiggo E

Interior Tiggo e memiliki bentuk yang mewah. Dimana bagian dalam mobil ini didominasi dengan warna hitam berbahan soft touch dengan kombinasi aksen silver. Pada tampilan dashboardnya yang luas, kalian bisa menemukan head unit model floating berukuran 10,25 inci baru serta layar instrument LCD 7 inci dengan bagian dekoratif emas.

Agar terasa ergonomis, beragam tombol pengaturan diletakan menjadi satu pada instrument cluster ditengahnya yang juga bermodelkan floating. Selain itu, mobil baru ini juga dilengkapi dengan kursi listrik 6 arah untuk pengemudi utama dan juga pemanas kursi depan.

Untuk memberikan kemudahan kepada penggunannya, mobil ini dilengkapi pengisian nirkabel ponsel, wiper otomatis, dan juga terdaat kamera 360 derajat.

Baca juga: Siap-Siap Meluncur, Hyundai Kona N Line Lebih Kencang Tapi Harganya Selangit

Chery Tiggo E Mampu Berlari Hingga 160 Km/jam dengan Jarak Tempuh 410 Km

Akan Kembali ke Indonesia, Chery Tiggo E Berani Tantang Hyundai Kona Electric? 04

Chery Tiggo E ditanami motor listrik yang mampu berlari hingga 160 km/jam dengan jarak tempuh 401 km

Dari segi tenaga,  kendaraan yang dibangun oleh platform Chery New Energy T1X, Chery Tiggo ini E ditenagai oleh motor sinkron magnet permanen dari Yaskawa, Jepang, dengan daya maksimum 95kW (129 PS), yang mampu menghasilkan torsi puncak sebesar 250 Nm.

Tenaga listrik yang didapatkannya tersebut disimpan dalam baterai lithium ternary berkapasitas 53.6kWh, dimana jangkauan komprehensif menurut New European Driving Cycle (NEDC) mencapai 401 km. Bicara soal kecepatan yang diraih, mobil ini mampu berlari hingga 160 km/jam.

Fitur Keselamatan Chery Tiggo E Terbilang Cukup Lengkap

Akan Kembali ke Indonesia, Chery Tiggo E Berani Tantang Hyundai Kona Electric? 05

Demi memberikan perlindungan yang baik terhadap setiap penggunannya, Chery Tiggo E berhasil disematkan fitur keselamatan berupa sensor parking, Anti-lock braking system (ABS), Electronic brakeforce distribution (EBD), Brake Assist, Traction Control, Electronic Stability Programme (ESP), Automatic parking brake, Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC) dan Blind Spot Assist (BSA).

Selain itu juga terdapat Airbags dan ISOFIX child seats. Mengenai keamanannya, Chery Tiggo E sudah menganut Keyless engine start dan Keyless entry system.

Baca juga: Hati-hati ya, Baterai Listrik Hyundai Kona EV Mudah Terbakar

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil