window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Aki Soak Bikin Mobil Tiba-Tiba Mogok di Jalan? Jangan Panik, Ini Solusinya

Prasetyo · 12 Mei, 2021 09:00

Aki Soak Bikin Mobil Tiba-Tiba Mogok di Jalan? Jangan Panik, Ini Solusinya 01

Mobil mogok di jalan secara tiba-tiba bisa karena banyak sebab, satu diantaranya aki soak. Kondisi aki mobil yang soak ini lantaran tak sanggup lagi memberikan pasokan kebutuhan daya listik ke komponen lainnya di kendaraan tersebut.

Padahal untuk menstarter mesin saja, mobil butuh suplai listrik dari aki. Kalau sudah seperti itu maka jangan lantas panik akibat mesin mobil tak bisa dihidupkan.

Aki Mobil Soak

Kondisi aki kadang luput dari perhatian pemilik mobil

Berikut ini akan kami beberkan beberapa tanda jika aki mobil mulai soak. Serta apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi apabila aki soak di jalan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tanda-Tanda Aki Mobil Soak

Aki alias accu pada kendaraan bermotor tentunya memiliki usia pakai. Usia pakai aki mobil antara 2-3 tahun. Namun masa pakai ini bisa saja lebih cepat atau malah lebih panjang, tergantung bagaimana perawataan Anda terhadap komponen tersebut.

Baca juga : Jangan Cuek, Gagal Connect Jadi Kelemahan Immobilizer yang Patut Diwaspadai

Tanda Aki Mobil Soak

Tanda merah ini indikator ada masalah pada aki mobil

Kalau aki dirawat dengan baik, maka bisa digunakan hingga 4 tahun. Tapi kalau tidak pernah mendapat perawatan, bisa saja aki soak meski usia pakainya belum genap 2 tahun.

Tapi sering kali pemilik mobil tidak mengetahui kapan waktunya aki mobil diganti. Padahal ada beberapa tanda aki soak yang bisa dirasakan si pemilik mobil atau pengemudi.

1. Mesin Tidak Bisa Distarter

Starter Mesin Mobil

Mesin sulit distarter

Tanda pertama yang paling sering dialami jika kondisi aki mulai melemah adalah mesin mobil yang tidak bisa dinyalakan. Ketika kunci kontak di putar atau dicoba starter mesin, maka yang timbul cuma suara "tek...tek...tek...". Atau bahkan tidak muncul suara sama sekali dan mesin tidak bergeming walau sudah coba distarter berulang-ulang.

2. Lampu Utama Meredup

Lampu Utama Mobil Menyala

Cahaya lampu depan jadi lebih redup

Indikator berikutnya yang juga sering jadi tanda aki mobil soak ada di bagian lampu utama (head lamp). Sering kali cahaya lampu ini lebih redup dari biasanya. Itu akibat pasokan daya listrik dari aki juga melemah.

3. Suara Klakson Melemah atau Bahkan Mati

Tekan Klakson Mobil

Kadang klakson tidak bunyi sama sekali

Tanda berikutnya apabila aki mobil sudah tak lagi bekerja normal yaitu suara klakson yang melemah. Atau pada kondisi tertentu, klakson juga tak bisa dibunyikan sama sekali.

4. Kualitas Audio Mobil Menurun

Speaker Mobil

Suara dari speaker melemah

Meskipun terkadang tidak disadari, namun apabila suatu saat Anda menemui kualitas suara dari audio mobil yang menurun maka wajib dicurigai. Misalnya tiba-tiba suara yang keluar dari speaker tidak terlalu jelas padahal volume audio sudah di set tinggi.

Baca juga: Jangan Sampai Kejadian, Waspadai 5 Hal yang Bikin Mobil Mogok di Jalan

Penanganan Mobil Mogok di Jalan Akibat Aki Soak

Aki Mobil Soak

Penting selalu bawa kabel jumper aki

Setelah mengetahui tanda aki soak, maka apa yang sebaiknya dilakukan jika situasi ini terjadi saat mobil sedang digunakan? Sebaiknya jangan panik dan lakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Lakukan Jumper Aki

Langkah darurat apabila mengalami aki soak di jalan adalah dengan melakukan jump start atau yang juga dikenal dengan istilah jumper aki. Caranya, Anda meminta bantuan mobil lain yang kondisi akinya masih bagus untuk mendekat guna memberikan donasi daya listrik ke aki mobil Anda yang soak.

Jumper Aki Mobil

Perhatikan jalur kabel jumper aki mobil

Perhatikan cara jumper aki mobil yang benar. Untuk mobil transmisi manual posisikan tuas transmisi di Netral (N). Sedangkan untuk mobil matik di posisi Parking (P). Jangan lupa aktifkan rem tangan (parking brake).

Kemudian mobil pendonor sebaiknya matikan mesin terlebih dulu. Selanjutnya pasang pengait kabel jumper aki berwarna merah di kutup (+) aki mobil yang soak. Lalu sambungkan ujung pengait kabel merah yang lainnya di kutup (+) aki mobil pendonor.

Setelah itu pasang penjepit kabel jumper berwarna hitam di kutub negatif (-) aki mobil pendonor. Kemudian penjepit kabel hitam yang ujung satunya dipasang pada bagian rangka bodi mobil aki yang soak.

Kalau semua rangkaian kabel sudah tepat, maka langkah berikutnya adalah hidupkan mesin mobil pendonor. Biarkan mesin tersebut hidup beberapa saat, baru kemudian coba hidupkan mesin mobil yang akinya soak.

Jika kedua mobil berhasil dihidupkan, tunggu beberapa saat sampai pengisian daya listrik dirasa cukup ke aki yang soak. Setelah itu baru boleh cabut kabel jumper aki dengan terlebih dulu pencopot kabel hitam baru diikuti mencopot penjepit kabel merah. Ingat, dahulukan melepas penjepit kabel dari aki mobil yang sebelumnya soak baru melepas penjepit aki di mobil pendonor.

2. Hubungi Layanan Home Service

Toyota Home Service

Layanan darurat biasanya juga bisa ganti aki

Apabila Anda tidak memiliki kabel jumper aki atau tak menemui mobil pendonor, bisa juga menggunakan layanan darurat yang disediakan bengkel resmi. Biasanya jasa Home Service ini juga menyediakan layanan ganti aki darurat di jalan.

Atau Anda dapat menghubungi toko penjual suku cadang yang terpercaya seperti Shop and Drive. Toko-toko seperti ini umumnya juga menyediakan layanan ganti aki di rumah atau di jalan dalam kondisi darurat.

3. Minta Bantuan Derek Resmi

Derek jalan tol

Pastikan menggunakan derek resmi

Apabila sata itu lokasi Anda tidak memungkinkan mendapat bantuan dari mobil lain atau didatangi layanan darurat dari bengkel resmi, maka sebaiknya hubungi jasa derek. Namun pastikan Anda menggunakan layanan derek resmi.

Umumnya produsen mobil di Indonesia menyediakan layanan Emergency Service 24 Jam. Atau jika kejadiannya di tol, maka Anda bsia manfaatkan derek resmi dair pihak penyedia jalan tol seperti Jasa Marga.

4. Segera ke Bengkel

Bengkel Resmi Mitsubishi

Jangan tunda ganti aki dengan yang baru

Hal yang perlu diingat adalah teknik jumper aki hanyalah langkah sementara agar mesin mobil kembali bisa dihidupkan. Apabila mobil sudah bisa kembali melaju, maka sebaiknya langsung arahkan ke bengkel resmi atau toko penjual aki mobil.

Atau kalau pun di derek, maka sebaiknya arahkan ke bengkel resmi. Tindakan ini untuk melakukan proses penggantian aki soak tadi dengan aki baru.

Baca juga: Mengenal Kode Pembuatan dan Kemampuan Pada Kaca Mobil

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil