window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Alami Kondisi Darurat di Jalan Tol, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan

Prasetyo · 8 Jan, 2023 15:02

Alami Kondisi Darurat di Jalan Tol, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan 01

Kondisi darurat di jalan tol bisa terjadi kapan saja dimana saja. Pasalnya pada jalan bebas hambatan itu, pengemudi cenderung memacu kendaraannya dengan lebih kencang. Disatu sisi, sejumlah hal bisa jadi pemicu kendaraan itu mengalami masalah secara tiba-iba.

Beberapa kondisi darurat di jalan tol yang sering terjadi antara lain kecelakaan. Baik itu kecelakaan tunggal ataupun tabrakan beruntun. Bisa juga terjdi ban kempis atau pecah. Tak jarang beberapa kendaraan mengalami overheat pada bagian mesin saat dipacu di jalan tol.

Alami Kondisi Darurat di Jalan Tol, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan 02

Bisa saja mobil tiba-tiba mogok di jalan

"Semua pemilik mobil pasti tidak ingin mengalami masalah darurat di jalan karena akan merepotkan dan mengganggu ketertiban, bahkan memicu kecelakaan," kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lantas apa yang harus dilakukan sata menghadapi situasi daurat seperti itu? Auto2000 pun memberikan tips bagaimana ketika terjadi kondisi darurat di jalan tol.

Baca juga: Viral Kendaraan Mogok Pasca Isi Pertalite Campur Air di SPBU, Hati-hati Kerusakannya Bikin Jebol Kantong

1. Kurangi Kecepatan Mobil

Alami Kondisi Darurat di Jalan Tol, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan 01

Tetap tenang dan segera kurangi kecepatan kendaraan

Ketika terjadi situasi darurat, yang pertama harus Anda lakukan adalah tetap tenang. Kemudian segera kurangi kecepatan mobil dan melajulah di lajur paling kiri untuk memastikan apakah keanehan terus berlanjut. Amati panel instrumen untuk melihat indikator kerusakan yang menyala sebagai pertanda masalah. Perhatikan rambu-rambu di pinggir jalan supaya tidak memicu kecelakaan.

2. Cari Tempat Berhenti yang Aman

 

Alami Kondisi Darurat di Jalan Tol, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan 02

Car rest area terdekat

Kalau ada petunjuk rest area di jalan tol, arahkan mobil untuk masuk ke dalam rest area karena lebih aman untuk berhenti. Jika tidak menemukan sementara kondisi mobil semakin buruk, bahu jalan adalah solusinya. 

Baca juga: Jangan Tunggu Mogok, Ini Tanda Busi Mobil Mau Mati

3. Parkir dengan Posisi yang Aman dan Nyaman

Alami Kondisi Darurat di Jalan Tol, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan 03

Parkir di bahu jalan yang aman

Pastikan posisi parkir sudah benar sehingga tidak mengganggu mobil lain. Sebaiknya parkir di jalan yang rata untuk memudahkan proses pengecekan kendaraan. Kalau di bahu jalan, berhentilah di posisi yang aman dengan berpatokan pada garis lurus sebagai pembatas bahu jalan. Pastikan kontur bahu jalan mendukung untuk berhenti, seperti tidak miring atau rusak. 

4. Periksa Kerusakan Mobil

Alami Kondisi Darurat di Jalan Tol, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan 04

Jangan lupa aktifkan lampu hazard

Sebelumnya melangkah lebih jauh, nyalakan lampu hazard. Ambil segitiga pengaman dari bagasi dan pasang di belakang mobil dengan jarak minimal 5 kali bodi mobil. Lakukan pengecekan pada bagian yang dicurigai bermasalah. Hati-hati saat memegang komponen mobil karena kondisinya masih panas, terutama di area ruang mesin. Gunakan sarung tangan dan pelajari buku manual kendaraan sebagai panduan.

5. Hubungi Layanan Emergency

Alami Kondisi Darurat di Jalan Tol, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan 05

Anda bisa juga manfaatkan jasa derek gratis dari Jasa Marga

Jika kerusakan yang terjadi ternyata cukup berat dan membutuhkan bantuan, Anda bisa hubungi nomor-nomor penting. Misalnya layanan darurat dari Jasa Marga, atau layanan Emergency 24 jam dari pihak pabrikan kendaraan Anda. Untuk pemilik Toyota silakan hubungi ERA (Emergency Roadside Assistance) di 1500 898, sebagai layanan darurat Auto2000.

Baca juga: Pakai Busi Iridium di Mobil, Harga Mahal Jamin Performa Lebih Baik?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil