window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Alasan Kenapa Harga Bekas Toyota Land Cruiser Terus Meroket, Makin Orisinal dengan Aksesoris Genuine Makin Mahal

Yongki Sanjaya · 9 Agu, 2022 17:00

Alasan Kenapa Harga Bekas Toyota Land Cruiser Terus Meroket, Makin Orisinal dengan Aksesoris Genuine Makin Mahal 01

Membahas sosok Toyota Land Cruiser, pasti langsung terbayang sosok mobil tangguh di segala medan. Sosokl Land Cruiser menjadi legenda hidup di jagat offroad dunia termasuk Indonesia. Harga Toyota Land Cruiser sejak era 40 Series sampai seri 200 Series termasuk gaib, maksudnya sukar diketahui pasaran pastinya.

Harga pasaran bekas Land Cruiser ini cukup kuat, dan peminatnya cukup banyak. Sebagai contoh, dulu harga jual Land Cruiser VX80 dalam kondisi baru cuma beda tipis dengan Mercedes-Benz C200 W202. Kini, harga bekas antara keduanya bagai bumi dan langit. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sering Bikin Bingung, Ini PerbedaanToyota Land Cruiser dan Prado

5 SUV 4X4 Harga 100 Jutaan, Motuba yang Siap Berjibaku di Segala Medan (Part 2)

FAQ Toyota Land Cruiser 300 Series: Selain Tampang yang Berubah, Fitur Apakah Lebih Baik?

"Saya ada cerita lucu sekaligus menyebalkan, dulu sekitar tahu 1995 ibu saya membeli mobil baru Mercedes-Benz C200, harganya saat itu beda sedikit dengan Toyota Land Cruiser 80 series baru. Untuk C200 harganya Rp47 juta dan Land Cruiser VX80 masih Rp349 juta," tulis Kei. B dalam forum diskusi Quora.

Di pasaran mobil bekas, harga Toyota Land Cruiser tidak hanya dipengaruhi tahun atau seri mobil tetapi juga orisinalitas dari mobil itu saat dijual. Alasannya cukup sederhana kenapa Land Cruiser ini harga jual kembali bila dibandingkan mobil sedan Eropa sezaman yang harganya mirip. Land Cruiser terkenal perawatannya cukup mudah, sparepart masih banyak, mobilnya durable dan reliable, tenaganya termasuk besar, dan faktor terakhir yang cukup penting ialah Land Cruiser ini barang hobi.

Varian Toyota Land Cruiser yang Cukup Laris di Indonesia

Alasan Kenapa Harga Bekas Toyota Land Cruiser Terus Meroket, Makin Orisinal dengan Aksesoris Genuine Makin Mahal 01

Hampir setiap seri Land Cruiser ini dibawa oleh Toyota ke Indonesia. Ada beberapa varian yang cukup populer dan laris di kalangan penggemar jip maupun kolektor. Mobil ini kerap digunakan oleh kalangan aristokrat yang menginginkan kemewahan, dan ketangguhan dari sebuah mobil. 

Model tersebut terdiri dari FJ40 versi lawas, BJ40, FJ45 yang memiliki chasis panjang, 80 Series atau lebih dikenal dengan VX80, dan 70 Series yang dikenal dengan nama Bundera. Beberapa model tersebut merupakan model yang paling banyak dicari.

Alasan Toyota Land Cruiser Harganya Selalu Mahal

Alasan Kenapa Harga Bekas Toyota Land Cruiser Terus Meroket, Makin Orisinal dengan Aksesoris Genuine Makin Mahal 02

Alasan Kenapa Harga Bekas Toyota Land Cruiser Terus Meroket, Makin Orisinal dengan Aksesoris Genuine Makin Mahal 03

Bila kita mengamati range harga Land Cruiser sejak model 40 Series sampai 80 series ini harga bekasnya di range ratusan juta. Untuk 40 Series sebagai model paling tua dan termurah misalnya, sangat jarang ditemukan unit bekasnya di bawah Rp100 juta. 

Toyota Land Cruiser sejatinya adalah model flagship Toyota. Mobil ini selalu dijejali fitur dan kemewahan teratas dibanding model Toyota lainnya. Baik fitur hiburan dan kenyamanan hingga fitur keamanan, Land Cruiser selalu menjadi yang tertinggi di lini produk Toyota.

Alasan Kenapa Harga Bekas Toyota Land Cruiser Terus Meroket, Makin Orisinal dengan Aksesoris Genuine Makin Mahal 04

Sepeninggal era 60 Series, Toyota Land Cruiser terus berevolusi menjadi sebuah produk yang tidak cuma tangguh tetapi juga dibalut oleh kenyamanan dan kemewahan. Meskipun mobil ini identik dengan kemampuan off road mumpuni, namun desain interiornya tetap mengedepankan kenyamanan berkendara dengan tampil luxury look. 

Bahkan memasuki model 80 Series, Land Cruiser keluaran terbaru hadir dengan interior mewah layaknya sedan saloon. Mengadopsi gaya SUV premium dan mewah, Land Cruiser menyasar kalangan kelas atas sebagai mobil yang bisa digunakan sehari-hari dengan dikemudikan supir. Meskipun demikian, harga parts nya lumayan banyak dan terjangkau untuk 80 Series dan 100 Series, bila dibandingkan jip sejenis seperti G-Class atau Land Rover.

Faktor CBU, Harga dan Built Quality Lebih Terpercaya?

Alasan Kenapa Harga Bekas Toyota Land Cruiser Terus Meroket, Makin Orisinal dengan Aksesoris Genuine Makin Mahal 05

Kita ambil contoh pada Toyota Land Cruiser VX80 tahun 1996-1997, harganya masih tinggi di pasaran mobil bekas. Hampir seluruh model Land Cruiser tidak dirakit di dalam negeri, jadi merupakan mobil impor utuh (CBU) dari luar.

Pengecualian pada model Land Cruiser 40 Series yang dirakit lokal di Indonesia pada 1970, tepatnya di PT Gaya Motor, anak perusahaan Astra International Tbk. Pabrik perakitannya terletak di Jl. Sulawesi, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Model inilah yang akhirnya dijual secara resmi kepada masyarakat umum.

Kesimpulan

Alasan Kenapa Harga Bekas Toyota Land Cruiser Terus Meroket, Makin Orisinal dengan Aksesoris Genuine Makin Mahal 06

Bagi seorang pria, mengendarai sebuah SUV seperti Land Cruiser tentunya akan dianggap keren dan terlihat sangat macho. Ini karena Land Cruiser punya penampilan maskulin, gagah, dan pastinya didukung teknologi hebat yang durable. 

Bagi orang awam, menilai harga sebuah Land Cruiser jelas tak masuk akal. Banderol harganya masih sangat fantastis untuk ukuran mobil berusia lebih dari 20 tahun.

 Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Land Cruiser ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.   

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Land Cruiser VX Grade

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil