window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Alasan Mengapa Mobil Honda Didominasi FWD Sejak Era Civic Koper

Yongki Sanjaya · 6 Jul, 2021 17:30

Alasan Mengapa Mobil Honda Didominasi FWD Sejak Era Civic Koper 01

Mobil dengan penggerak roda depan sudah cukup lama hadir di Indonesia. Bahkan Honda pun hampir selalu merilis mobil dengan front wheel drive dan beberapa all wheel drive. Rupanya, eksistensi mobil FWD sudah ada sejak lama, bahkan ketika era Honda Civic Koper. 

Puncak kesuksesan Honda dengan FWD yaitu ketika meluncurkan Civic Type R. Ini menjadi mobil yang praktis, andal, nyaman yang dapat dengan mudah digunakan setiap hari dan juga bisa dibeli dengan harga yang sangat wajar.

Honda pernah merilis mobil dengan rear wheel drive, namun unitnya sangat jarang. Bahkan produk mobil Honda yang hadir di Indonesia hampir seluruhnya pakai FWD. Ciri khas ini bahkan sampai mendorong Honda membuat iklan khusus berbahasa Inggris di media cetak Amerika.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Alasan Mengapa Mobil Honda Didominasi FWD Sejak Era Civic Koper 01

Setidaknya, produk awal Honda yaitu Honda Vamos dan beberapa mobil sport bikinan Honda ada yang memakai RWD. Bahkan supercar Honda yaitu NSX pun dibangun memakai penggerak roda belakang. 

Tapi kenapa mobil penumpang Honda biasanya memakai FWD atau AWD? Berdasarkan screenshot iklan yang kami dapat, mari coba ulas alasan mengapa Honda fokus mengembangkan FWD di sebagian besar produk mereka.

Kelebihan FWD di Mobil Honda, Maksimalkan Kabin

Alasan Mengapa Mobil Honda Didominasi FWD Sejak Era Civic Koper 02

Honda merancang mobil dengan penggerak roda depan karena memiliki beberapa keuntungan sesuai falsafahnya yaitu mungil di luar, lega di dalam. Honda berupaya supaya kabinnya lebih dari cukup untuk pengemudi dan penumpang.

Bila memakai penggerak roda belakang, maka ruang kabin akan berkurang karena adanya gardan yang melintang di kolong kabin. Karena memakai FWD, maka ruang kaki bisa cukup lega tanpa gundukan besar untuk gardan.

Pakai FWD Bisa Mengurangi Kebisingan Kabin

Alasan Mengapa Mobil Honda Didominasi FWD Sejak Era Civic Koper 03

Selain itu, tingkat kesenyapan yang dimiliki oleh Mobil Honda dengan system Front Wheel Drive (FWD) terbilang lebih baik dibanding mobil sistem Rear Wheel Drive (RWD). Penumpang di kabin merasa nyaman karena cukup senyap. 

Karena dahulu mobil Honda ukurannya cukup mungil, maka cara untuk mengurangi kebisingan kabin tanpa memberikan banyak peredam ialah dengan memakai FWD. Sebagaimana kita ketahui, gerak putar gardan ini menimbulkan kebisingan dan getaran yang cukup bisa dirasakan penumpang di kabin. 

Pakai FWD Bisa Kurangi Bobot Mobil Secara Signifikan

Alasan Mengapa Mobil Honda Didominasi FWD Sejak Era Civic Koper 04

Penerapan FWD di mobil Honda tidak semata hanya untuk utilitas maupun kenyamanan. Pabrikan yang didirikan oleh Soichiro Honda ini melihat benefit lain dari penggerak depan berupa bobot kendaraan yang ringan. 

Sebab, tenaga dari mesin setelah melewati transmisi langsung didistribusikan ke roda depan. Artinya, cukup sedikit komponen yang mendistribusikan tenaga, tidak seperti RWD yang butuh as kopel dan gigi diferensial di gardan belakang. 

Menurut Honda, bobot kendaraan yang cukup ringan membuat traksi yang dihasilkan FWD pun lebih baik. Beban yang lebih besar di depan juga membantu mobil untuk mendapat cengkraman ban yang baik di depan. Inilah yang membuat FWD lebih unggul dalam traksi terutama pada kondisi jalan yang licin.

Mobil RWD Honda, Apa Saja?

Alasan Mengapa Mobil Honda Didominasi FWD Sejak Era Civic Koper 05

Walau selama ini Honda sering memproduksi mobil FWD, bukan berarti mereka tidak pernah merancang mobil RWD. Bahkan, mobil sport ikonik mereka yaitu Honda NSX generasi pertama dan kedua memakai penggerak roda belakang.

Itu saja? Tidak kok, kami akan mengulas mobil Honda yang memakai RWD. Hanya sedikit modelnya, tapi jadi icon kehebatan tim engineering Honda.

Model pertama yaitu Honda Vamos di awal 1970-an. Mobil ini berwujud pick up dan masuk kategori Kei Car untuk konsumen domestik Jepang. Kiprah Vamos kembali hadir di akhir dekade 1990-an sebagai Vamos Hobio. 

Alasan Mengapa Mobil Honda Didominasi FWD Sejak Era Civic Koper 06

Model selanjutnya yang cukup ikonik yaitu Honda S2000. Kamu yang menjadi penggemar sekuel film Fast and Furious pasti tidak asing dengan mobil sport dua pintu ini. 

Honda S2000 adalah salah satu dari roadster dua kursi yang paling dicintai sepanjang masa. Mobil ini terkenal dengan handling yang sangat baik dan kinerja mesin putaran tinggi. 

Alasan Mengapa Mobil Honda Didominasi FWD Sejak Era Civic Koper 07

Keluarga S Series yang ada di Jepang pun setia dengan RWD, seperti S500, S600 dan S800. Honda Beat (bukan skuter) juga termasuk Kei Car yang dibekali RWD. 

Honda NSX, Lawan Ferrari dan Lamborghini dari Jepang

Alasan Mengapa Mobil Honda Didominasi FWD Sejak Era Civic Koper 08

Honda NSX generasi pertama adalah jawaban Honda untuk melawan Ferrari dan Lamborghini dan salah satu mobil terbaik tahun 1990-an. Kiprah NSX berlanjut ke generasi kedua yang hadir hingga saat ini. 

 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil