window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Alasan Orang Asia Termasuk Indonesia Parkir Mobil Posisinya Mundur, Siapa yang Memulai?

Yongki Sanjaya · 17 Jan, 2022 18:00

Alasan Orang Asia Termasuk Indonesia Parkir Mobil Posisinya Mundur, Siapa yang Memulai? 01

Kita mungkin sudah terbiasa kalau akan memarkir mobil dengan cara mundur, dengan posisi moncong hadap ke jalanan. Ternyata cara parkir ini merupakan suatu kebiasaan, karena di Amerika atau Eropa parkirnya langsung maju dengan buntut hadap depan. Lantas, kenapa jadi kebiasaan yang berbeda antar orang Asia maupun orang barat?

Kebiasaan parkir dengan cara mundur ini jamak kita jumpai di negara-negara Asia seperti Indonesia, Jepang, Hongkong, Malaysia, atau Singapura. Rupanya kebiasaan ini tak diadopsi oleh orang barat, pengemudi di Eropa dan Amerika Serikat (Australia juga) lebih memilih parkir maju dan parkir mundur sangat jarang dilakukan.

Ternyata, kebiasaan parkir ini juga didasari oleh kondisi kepadatan kendaraan dari tiap negara. Lantas, apa sih alasannya yang mendorong kebiasaan parkir mundur ini cenderung dilakukan orang Asia?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Alasan pertama yang jarang disadari ialah parkir mundur lebih efisien dan mobil lebih bisa bermanuver di tempat sempit saat mundur.  Lebih spesifik, parkir mundur umumnya lebih aman karena pengemudi mundur ke ruang kosong.

Keterbatasan Lahan, Bikin Orang Asia Terpaksa Parkir Mobil Mundur

Alasan Orang Asia Termasuk Indonesia Parkir Mobil Posisinya Mundur, Siapa yang Memulai? 01

Kemampuan manuver juga merupakan faktor lain yang jadi pertimbangan.  Karena ruang sangat terbatas, sebagian besar ruang sengaja dirancang untuk hanya memungkinkan parkir mundur yang membutuhkan lebih sedikit ruang untuk parkir.

Saat kita pergi ke pusat perbelanjaan seperti mall atau gedung perkantoran, biasanya kita perlu parkir hadap depan. Walau terlihat sepele tapi sebenarnya butuh keterampilan dan fokus yang cukup baik. Sebab kalau salah ambil haluan, kita bisa saja menyenggol mobil lain disebelahnya. 

Alasan Orang Asia Termasuk Indonesia Parkir Mobil Posisinya Mundur, Siapa yang Memulai? 02

Sementara di Eropa, Amerika, dan Australia, negara-negara tersebut memiliki kepadatan penduduk yang relatif lebih rendah. Supermarket atau gedung perkantoran menawarkan tempat parkir yang lebih lega sehingga membuat orang barat lebih leluasa untuk parkir maju. Manuver keluar pun lebih leluasa karena bidang jalan cukup lebar.

Itulah mengapa, alasan utama mengapa parkir mundur jadi kebiasaan pengendara di Asia adalah karena faktor keterbatasan ruang.  Dibandingkan dengan Barat, supermarket dan kawasan perkantoran seringkali terletak di pusat kota yang lahannya terbatas.

Persoalannya, kita dituntut harus terampil mengambil haluan yang pas supaya bagian belakang mobil bisa masuk ruang di parkiran yang terbatas. Lantas, mana lebih baik antara parkir maju atau mundur?

Kelemahan dan Kelebihan Parkir Mundur, Kebiasaan Khas Orang Asia

Alasan Orang Asia Termasuk Indonesia Parkir Mobil Posisinya Mundur, Siapa yang Memulai? 03

Parkir mundur ini dianggap sedikit merepotkan karena butuh banyak manuver dengan bidang pandangan yang sempit. Bahkan bagi para pemula, parkir mundur ini sulit melihat jarak buntut mobil dengan tembok yang ada di belakangnya.

Meskipun awalnya sulit, tapi sebenarnya arah manuver dalam kondisi mundur ini lebih presisi. Posisi arah setir yang berada di belakang saat parkir mundur membuat sudut haluan lebih sedikit untuk 'ngepasi' posisi parkir mobil.

Kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi saat kita akan memulai berkendara, apakah terburu-buru atau tidak. Ketika dalam kondisi terburu-buru, jelas kita butuh waktu yang singkat supaya mobil lekas pergi. 

Dengan posisi parkir mobil menghadap depan, membuat waktu yang dibutuhkan untuk keluar dari tempat parkir akan lebih singkat.

Parkir Mobil Mundur Lebih Baik Dari Sisi Keamanan Pengendara

Alasan Orang Asia Termasuk Indonesia Parkir Mobil Posisinya Mundur, Siapa yang Memulai? 04

Alasan lain yang menjadi keuntungan waktu kita parkir mundur ialah mendapatkan pandangan yang jelas tentang jalan yang akan Anda lalui saat keluar dari parkiran.
Parkir mundur juga akan lebih aman khususnya bagi wanita.  

Kamu akan memiliki pandangan yang jelas tentang kondisi sekitar mobil. Pengendara akan lebih jelas melihat apakah ada orang yang mendekati Anda setelah Anda parkir atau akan memasuki mobil Anda. Jika misalnya kalian melihat orang yang mencurigakan, Anda dapat dengan mudah kembali ke mobil dan segera pergi.

Kesimpulan

Tidak seperti di Amerika Serikat, tidak ada undang-undang khusus di mana Anda dipaksa untuk parkir mundur atau maju di negara kita.  Kalian bebas memilih cara mana pun untuk memarkir mobil, mau itu maju atau mundur, Namun, kami sangat menyarankan parkir mundur demi keselamatan diri sendiri dan pengendara lain.

Jadi, jika kamu masih belum lincah parkir mundur, kami sarankan kamu segera mulai berlatih!  Ini hanya masalah kebiasaan, sehingga kamu akan menguasainya dalam waktu singkat. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil