window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Alasan Toyota Hiace Jadi Andalan Pengusaha Travel dan 'Menyingkirkan' Isuzu Elf NKR

Yongki Sanjaya · 4 Mei, 2022 11:00

Alasan Toyota Hiace Jadi Andalan Pengusaha Travel dan 'Menyingkirkan' Isuzu Elf NKR 01

Segmen kendaraan penumpang komersial kini semakin naik daun semenjak hadirnya tol Trans Jawa dan Trans Sumatera. Minibus ukuran tanggung seperti Isuzu Elf atau Toyota Hiace kian dibutuhkan karena menjadi mobil antar kota jarak menengah. Bicara soal kenyamanan, kini Toyota Hiace dianggap lebih baik dari Isuzu Elf NKR. 

Sebelum kemunculan Toyota Hiace, armada travel antar kota umumnya memakai Isuzu Elf sebagai armada operasionalnya. Pamor Isuzu Elf kian menurun setelah Toyota merilis Hiace yang gayanya lebih berkelas dan pastinya diproduksi berstandar pabrikan. 

Pasalnya, Isuzu Astra Motor Indonesia memasarkan Isuzu Elf NKR 55 dan NLR 55 berupa sasis dengan kabin yang setengah jadi, bukan mobil utuh seperti Hiace. Isuzu Elf pun modelnya terkesan monoton, hanya berbentuk kotak. Bahkan desain mukanya mirip dengan versi mobil angkutan barang. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Alasan Toyota Hiace Jadi Andalan Pengusaha Travel dan 'Menyingkirkan' Isuzu Elf NKR 01

Dengan begitu, apakah Elf NKR 55 ini buruk? Tidak juga karena Isuzu ini bisa dikustomisasi lebih fleksibel sesuai kebutuhan pengusaha. Ketangguhan mesinnya juga tak kalah ketimbang Hiace. 

Untuk Toyota Hiace ini ada varian standar (Commuter) dan ada varian Premio. Untuk Hiace Premio ini mengisi segmen premium dan kelasnya sepadan dengan Mercedes-Benz Sprinter. Adapun Hiace Commuter baru saja  mendapat facelift di bulan lalu. 

Lantas, apa saja sisi menarik dari Toyota Hiace Commuter versi facelift ini? Apakah Isuzu Elf Bisa Menyamai Kenyamanannya? 

Perbandingan Toyota Hiace Commuter dengan Isuzu Elf NKR, Mana Paling Lega?

Alasan Toyota Hiace Jadi Andalan Pengusaha Travel dan 'Menyingkirkan' Isuzu Elf NKR 02

Hiace Commuter panjangnya 5.380 mm, lebar 1.880 mm dan tinggi 2.285 mm. Elf NKR 55 menjadi lawan sepadan Hiace standar di kendaraan travel. Elf NKR punya dimensi PXLXT 5.505 mm x 1.695 mm x 2.127 mm dan wheelbase 3.405 mm.

Sebagai kendaraan penumpang komersial, susunan kursi di Hiace Commuter maupun Elf NKR 55 sama-sama bisa mengangkut 15 penumpang. Secara dimensi, Elf NKR ukurannya lebih panjang, yang membuatnya punya ruang kaki lebih leluasa daripada Hiace. 

Alasan Toyota Hiace Jadi Andalan Pengusaha Travel dan 'Menyingkirkan' Isuzu Elf NKR 03

Baik Hiace Commuter atau Elf NKR mesinnya ada di bawah kursi pengemudi. Meskipun demikian, tingkat kebisingan dan kenyamanan di Hiace cukup baik karena dukungan peredamnya yang berstandar pabrikan.

Pakai Basis Truk Ringan, Isuzu Elf NKR 55 Kalah Nyaman Dari Toyota Hiace

Alasan Toyota Hiace Jadi Andalan Pengusaha Travel dan 'Menyingkirkan' Isuzu Elf NKR 04

Setelah mengulas kabin Hiace dan Elf, kita perlu tahu sisi kenyamanan dari keduanya. Bagaimana dengan perbandingan fitur kenyamanan di Toyota Hiace dan Isuzu Elf NKR? 

Hal yang membuat banyak pengusaha angkutan beralih memakai Toyota Hiace ialah karena tingkat kenyamanan yang lebih baik. Ini karena basis Hiace adalah kendaraan penumpang, sedangkan Isuzu Elf adalah kendaraan barang. 

Alasan Toyota Hiace Jadi Andalan Pengusaha Travel dan 'Menyingkirkan' Isuzu Elf NKR 05

Suspensi yang digunakan Toyota Hiace sudah mengadopsi suspensi per keong. Bantingannya dijamin lebih empuk ketika melintasi jalan yang tidak mulus. 

Untuk Isuzu Elf yang berbasis truk ringan masih mengadopsi sistem per daun, yang dipastikan lebih terasa keras ketika melewati jalanan yang tidak mulus. Ini yang membuat sebagian pengusaha travel terpaksa memodifikasi suspensi Isuzu elf mereka supaya penumpang lebih nyaman.

Adu Fitur Bawaan Isuzu Elf NKR vs Toyota Hiace Euro 

Alasan Toyota Hiace Jadi Andalan Pengusaha Travel dan 'Menyingkirkan' Isuzu Elf NKR 06

Sebagaimana kita tahu, Isuzu Elf versi minibus adalah hasil rakitan karoseri, dengan kursi buatan produsen lokal bukan bawaan pabrik. Begitu pula dengan penyejuk udara, dimana Isuzu Elf memakai produk aftermarket dan bukan fitur bawaan. 

Layaknya MPV, kalian juga bisa menjumpai adanya New Parking Sensor serta tambahan USB Charging sebanyak 4 buah. Tak tertinggal dari segi keselamatan telah disematkan 3-Points Seat Belt di seluruh bangku, Dual SRS Airbags, dan rem ABS+BA dengan piringan cakram di roda depan sebagai safety features.

Alasan Toyota Hiace Jadi Andalan Pengusaha Travel dan 'Menyingkirkan' Isuzu Elf NKR 07

 

Untuk Isuzu Elf NKR ini kelengkapan fiturnya tidak ada standar baku seperti desain kursi atau louver AC layaknya Hiace yang merupakan bawaan pabrikan Toyota. Bahkan, cukup banyak juga Elf NKR yang tidak memakai AC sehingga hanya mengandalkan hembusan angin dari jendela. 

Kesimpulan 

Toyota berusaha memikat segmen kendaraan penumpang komersial dengan menghadirkan Hiace Commuter. Langkah yang dilakukan ini cukup berhasil membuat para pengusaha langsung terpikat. 

Pengusaha travel kini lebih memperhatikan kenyamanan pelanggan demi menjaga loyalitas mereka dalam memakai jasa. Duduk di kursi yang busanya lebih empuk dan hembusan AC yang lebih dingin inilah yang akan dirasakan penumpang saat naik Hiace. Padahal sebelumnya, Isuzu Elf dipercaya bertahun-tahun menjadi kendaraan penumpang komersial jarak dekat dan menengah. 

Kabin yang lebih kaya fitur dan kursi yang lebih nyaman membuat Elf tergeser oleh Hiace. Kini, peran Isuzu Elf lebih dominan menjadi kendaraan charteran wisata karena harga sewa yang ditawarkan lebih hemat. 

 

Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Hiace ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.   

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Hiace STD Manual

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil