Aletra L8, Pilihan Mobil Listrik Terbaru di Indonesia yang Berwujud MPV
Herdi · 25 Nov, 2024 08:01
0
0
Satu lagi merek mobil hadir di Indonesia yaitu Aletra, yang hadir di bawah payung PT Aletra Mobil Nusantara, dimana mereka bekerja sama dengan perusahaan asal Tiongkok LIVAN Auto, yang juga bagian dari Geely Auto Group.
Kemunculan Aletra di Tanah Air dilakukan bertepatan dengan ajang Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2024 yang berlangsung 22 November-1 Desember 2024.
Nah, sebagai permulaan di pasar otomotif nasional, PT Aletra Mobil Nusantara menawarkan model pertamanya yaitu Aletra L8 yang merupakan mobil listrik bergaya Multi Purpose Vehicle (MPV).
Dijelaskan secara langsung oleh Technical Director Aletra Indonesia Joko Purwanto, Aletra L8 hadir dalam dua varian yaitu Standard Range dan Long Range. "MPV tujuh penumpang terluas di kelasnya," ungkap saat peluncurannya di acara GJAW 2024, di ICE BSD, Tangerang Selatan.
Joko tak menampik, jika Aletra L8 masih memiliki darah dari LIVAN Maple 80 V. Hanya saja, untuk pasar Indonesia, L8 sudah mengalami penyesuaian di berbagai bagian.
Untuk mengetahui apa saja keunggulan dari Aletra L8, berikut ulasannya.
Karena ini mobil MPV listrik dengan kapasitas tujuh penumpang, tentunya ini akan jadi pesaing langsung dari rekan senegaranya yaitu BYD M6. Maka dari itu, secara dimensi L8 harusnya memiliki kabin yang luas, sehingga bisa menampung tujuh penumpang atau barang dalam jumlah yang banyak.
Alhasil untuk dimensi L8 memiliki panjang mencapai 4.812 mm, tinggi 1.909 mm dan lebar 1699 mm, serta jarak sumbu roda 2.807 mm, kemudian Ground Clearance 160 mm.
Dari pantauan AutoFun, MPV ini memiliki baris kedua mengusung Captain Seat, dengan konfigurasi 2+2+3. Sedangkan untuk kapasitas bagasinya mampu menampung 459 liter.
Jujur, tampilan Aletra L8 dari bagian eksterior tidak memiliki ciri khas yang unik dan istimewa, sehingga jika melihatnya mata tidak akan fokus tertuju pada mobil ini.
Namun begitu, pada bagian body luar L8 sudah dilengkapi beberapa hal yang terkesan kekinian, seperti lampu depan sudah LED dengan DRL yang menyerong di kanan dan kirinya. Oia, lampu depan dibuat otomatis, sehingga penerangan bisa diatur, demikian juga dengan lampu kabut.
Karena ini mobil listrik, tak ada grille seperti pada umumnya, sehingga bumper terlihat polos, dengan kisi-kisi vertikal pada bagian bawah dengan balutan warna hitam.
Desain lampu sudah LED DRL
Pada bagian logo depan Aletra, jika ditekan maka akan terbuka dan menjadi rumah untuk colokan kabel listrik CCS 2 sehingga bisa digunakan mengisi daya. Bagian samping mobil ini memiliki garis melintas dari depan sampai belakang, kemudian sudah dilengkapi Electrically Adjustable/ Foldable Exterior Mirrors.
Tak hanya itu, L8 menggunakan velg alloy aero two-toe berukuran 18 inci yang dibalut ban Hankook ion berukuran 225/55, dan juga sudah dilengkapi welcome light serta lampu follow-me-home. Untuk bagian belakang, mobi ini sudah LED, bahkan bisa terlihat memanjang dari kanan ke kiri.
Interior Mewah dan Mempertahankan Beberapa Tombol
Desain kabin
Untuk bagian interior, tampak sebuah kemewahan pada Aletra L8, bahkan gagang kemudi dan door trim sudah menggunakan material soft touch lengkap dengan akses jahitan berwarna putih. Selain itu, berkat panel konsol tengah bermotif kayu berwarna gelap, sehingga menjadi tambah elegan.
Mobil ini cukup memanjakan pengemudi, karena bagian jok depan sudah elektrik dengan penyesuaian 6 arah, ditambah lingkar kemudi sudah teleskopik sehingga bisa menyesuaikan untuk kenyamanan pengemudi.
Layar Head Unit dan tetap mempertahankan beberapa tombol
Beberapa tombol fisik rupanya dipertahankan oleh Aletra agar pengemudi bisa menjangkau, seperti pengaturan AC, mode pengemudi, pengaturan kaca spion, dan lain-lain masih ada.
Untuk sistem hiburan, L8 sudah terpasang layar sentuh berukuran 12,4 inci, yang terintegrasi dengan Bluetooth, Apple Carplay, dan Android Auto nirkabel, serta memiliki jaringan WiFi, sekaligus terdapat tujuh pengeras suara.
Mobil ini juga sudah dilengkapi AC dual zone yang bisa diatur kiri dan kanan, serta sudah double blower dengan dua kompreses yang angingnya akan keluar di baris kedua dan ketiga. AC mobil listrik ini sudah dilengkapi penyaring udara ion negatif dengan filter 2,5 PM, sehingga udaranya akan lebih segar.
Konsol tengah
Pada konsol tengah terdapat tuas transmisi yang bentuknya unik, bahkan logo untuk memindahkan gigi D, N dan D. Selain itu, ada juga Drive Mode, tombol Stability Control, Engine Braking, dan lainnya.
Konsol tengan L8 juga sangat memanjakan penumpang yang kehabisan daya smartphone, sehingga mobil ini sudah dilengkapi pengisian daya nirkabel 50 W yang dilengkapi dengan ventilasi untuk mengurangi panas saat proses charging. Di baris kedua juga sudah dilengkapi dengan colokan USB maupun Type-C.
Baris kedua
Pada baris kedua mobil ini mengusung dengan gaya Captain Seat, lengkapi dengan handrest di kanan dan kiri, sehingga akan memberikan rasa privasi pada penumpang.
Beberapa hal menarik lainnya yang ada pada L8 yaitu ambient light 72 warna, banyak ruang penyimpanan, termasuk keberadaan sistem monitoring tekanan ban, kamera 360-derajat, cruise control, sensor parkir belakang.
Tampak mewah juga bisa dirasakan pada mobil ini, karena sudah pada bagian atap dilengkapi panoramic roof dengan bentuk yang cukup luas.
Fitur Keselamatan
Tampang depan
Aletra L8 ini cukup memperhatikan keamanan dan keselamatan pengemudi maupun penumpang. Maka tak heran kalau sejumlah fitur sudah dibenamkan pada mobil ini.
Ya, beberapa fitur yang ditawarkan di antaranya adalah:
4 Airbags
ISOFIX
Anti-Lock Braking System (ABS)
Electronic Brake-Pressure Distribution (EBD)
Brake Assist (BA)
Traction System Control (TCS)
Vehicle Stability Control (VSC)
Hill-Start Assist Control (HSAC)
Central Lock with Mechanical Child Safety Lock
Performa Aletra L8
Booth Aletra di GJAW 2024
Memang dua varian yang ditawarkan pada Aletra L8 tidak ada perbedaan pada bagian eksterior maupun interior secara detail.
Namun perbedaan ini rupanya terjadi pada kapasitas baterai yang dibenamkan. Dimana untuk Short Range jarak tempuhnya hanya 415 Km (CLTC), sedangkan untuk Long Range mampu menempuh hingga 540 Km (CLTC).
Karena perbedaan baterai ini, maka untuk Short Range memiliki kapasitas 50,4 kWH, sedangkan Long Range 64,7 kWH. Kendati demikian, keduanya sudah ditanam baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP) yang dilengkapi dengan teknologi Short Blade Bullet Proof.
Nah, dengan baterai yang dibenamkan ini maka untuk Short Range maupun Long Range tenaga didapat bisa 120 kWH (161 PS) pada 240 rpm. Di atas kertas, jika baterai terisi penuh maka mobil ini bisa berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 11 detik dan kecepatan tertinggi bisa mencapai 160 km per jam.
Performa mobil ini tak lepas dari peran suspensi depan dari Macpherson independent suspension with Active Comfort, dan suspensi belakang Composite Multi-Link
Harga Aletra L8 Dengan dan Tanpa Baterai
Technical Director Aletra Indonesia Joko Purwanto, umumkan harga Aletra L8
Karena ada dua tipe, maka untuk harganya tentu saja ada perbedaan, termasuk pembelian yang tidak atau dilengkapi Charger.
Harga Aletra L8
Model
Tanpa Charger
Dengan Charger
Harga
Harga
Short Range
Rp435 juta
Rp445 juta
Long Range
Rp478 juta
Rp488 juta
Tapi harga ini juga akan berbeda untuk 200 orang pertama.
Harga Spesial 200 Orang Pertama
Model
Tanpa Charger
Dengan Charger
Harga
Harga
Short Range
Rp415 juta
Rp425 juta
Long Range
Rp448 juta
Rp458 juta
Perlu dicatat, jika membeli L8 Short Range maka akan mendapatkan warranty 8 tahun atau jarak 200.000 km.
Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.