All New Daihatsu Xenia Varian 1.3 Tetap Lebih Laris Daripada 1.5, Menang Harga Murah?

Yongki Sanjaya · 3 Des, 2021 08:30

All New Daihatsu Xenia Varian 1.3 Tetap Lebih Laris Daripada 1.5, Menang Harga Murah? 01

Seperti generasi sebelumnya, PT Astra Daihatsu Motor tetap menghadirkan All New Xenia dalam tipe 1.3 liter dan 1.5 liter. Tak cuma itu, kode mesin yang digunakan juga tak berubah. Berdasarkan rekap data penjualan yang direkap oleh Astra International - Daihatsu Sales Operations, penjualan Xenia 1.3 generasi ketiga masih lebih laris. 

Seperti sebuah tradisi, penjualan tipe tertinggi Xenia di awal peluncuran biasanya mengalami kenaikan. Komposisinya pun bukan lagi 80:20 antara varian 1.3L dengan 1.5L 

"Kalau launch produk baru, biasanya yang beli segmen kelas atas. Secara komposisi ada perubahan dibanding Xenia generasi sebelumnya, dimana untuk tipe Xenia 1.5 naik 8 persen. Kontribusi varian Xenia 1.3L masih mendominasi 72 persen, namun kini Xenia 1.5L naik jadi sebesar 28 persen dari total retail 468 unit," ucap Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) di sela-sela test drive Daihatsu Xenia.

Jelang Peluncuran All New Daihatsu Xenia, Unit Lawas Ludes Diobral

All New Daihatsu Xenia Varian 1.3 Tetap Lebih Laris Daripada 1.5, Menang Harga Murah? 02

Beberapa waktu sebelum peluncuran generasi ketiga Xenia, Daihatsu telah melakukan cuci gudang untuk menghabiskan stok Xenia lawas. Selain diskonnya besar, Hendrayadi menyebut kalau momen tersebut dimanfaatkan oleh banyak orang untuk bisa mendapat mobil yang fungsional sesuai kebutuhan mereka. 

"Pada masa pergantian model, itu biasanya banyak orang justru cari yang model lama karena diskonnya memang besar. Artinya apa, kalau orang yang mencari model lama itu lebih kepada melihat fungsional. Nggak penting model baru, yang penting beli mobil," ucapnya.

Kini, unit Xenia lawas pun sudah hampir habis di berbagai dealer Daihatsu. Melihat kondisinya, Xenia lawas ini memenuhi syarat sebagai sebuah mobil 'basic' yang memenuhi kebutuhan konsumen akan kendaraan sehari-hari. 

"Stok kita sudah habis yg lama, atau tinggal sedikit sekali. Ada orang yang cari harga murah dan fungsional," kata Hendrayadi

All New Daihatsu Xenia Varian 1.3 Tetap Lebih Laris Daripada 1.5, Menang Harga Murah? 03

Melihat animo yang masih cukup tinggi terhadap Xenia generasi kedua lalu, pihak ADM lantas masih mempertahankan Xenia generasi sebelumnya dengan penggerak roda belakang dengan tipe 1.3 X MT. 

"Varian tersebut sengaja kami tetap hadirkan untuk memenuhi permintaan pasar yang masih membutuhkan mobil penggerak belakang," tambahnya. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2022 Daihatsu Xenia 1.3 M MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru