All New Honda Civic 2022 Dapat Rating Terbaik Uji Tabrakan ASEAN NCAP, Terbukti Lindungi Penumpang Dewasa dan Anak-anak

Prasetyo · 1 Nov, 2021 12:39

Honda Civic 2022 ASEAN NCAP

Honda Civic 2022 akhirnya sudah mendarat di Indonesia. Sedan ini merupakan generasi ke-11 dari Honda Civic yang juga punya sejarah panjang di Tanah Air. Desainnya alami perombakan total, serta banyak fitur baru yang sudah disuntikkan.

Namun tahukah Anda, dibalik desain yang anyar dan teknologi jempolan, ternyata All New Honda Civic 2022 juga sudah teruji sisi keselamatannya. Civic terbaru ini baru saja diganjar peringkat bintang lima dalam tes tabrakan yang dilakukan New Car Assessment Program for Southeast Asia (ASEAN NCAP).

Honda Civic 2022 ASEAN NCAP -1

Perlindungan terbaik untuk seluruh penumpang

Sebuah uji tabrak yang dilakukan NCAP tentu menjadi tindakan yang kerap dilakukan terhadap mobil-mobil terbaru yang dipasarkan secara massal. Setiap kawasan negara pun punya tim NCAP tersendiri yang memang bertugas menguji mobil-mobil baru yang dipasarkan di wilayah tersebut. Ini lantaran terjadi perbedaan spesifikasi fitur dan teknis antara mobil yang dipasarkan untuk wilayah Asia dengan kawasan Amerika Serikat atau Eropa.

Baca juga : All New Honda City dan Honda Civic 2022 Resmi Meluncur, Ini Ubahannya

Dapat Nilai Mengesankan untuk Perlindungan Penumpang Depan dan Belakang

Honda Civic RS 2022 -1

Varian RS yang dipasarkan di Indonesia

Melalui dokumen yang dirilis ASEAN NCAP, Honda Civic 2022 memperoleh total nilai 83,47 dari 120 point sebagai nilai tertinggi. Pengujian pun sudah dilakukan termasuk uji tabrakan depan dan samping. Pencapaian ini membuat Civic terbaru berhak meraih bintang 5 atau rating tertinggi dari setiap uji tabrakan yang dilakukan NCAP.

Kemudian pada saat dilakukan pengujian, Civic generasi ke-11 juga menerima skor 29,27 dari 32 untuk nilai perlindungan terhadap penupang dewasa yang duduk di bangku depan atau Adult Occupant Protection (AOP).

Honda Civic RS 2022 -2

Kamera depan yang membantu kinerja Honda Sensing

Kemudian mobil ini juga meraih nilai 46,72 dari skor tertinggi 51 untuk perlindungan penumpang anak-anak atau Child Occupant Protection (COP). Serta ada juga point 19,07 dari 21 untuk Safety Assist Technologies (SAT), dan 8,32 dari 16 untuk Motorcyclist Safety (MS) atau perlindungan terhadap pengendara sepeda motor.

Baca juga : Akses All New Honda Civic RS 2022 Pakai Kartu, Apa Yang Bikin Istimewa?

Honda Civic 2022 Sudah Dibekali Fitur Keselamatan Honda Sensing

Honda Civic RS 2022 -3

Kamera di spion samping buat fitur Honda LaneWatch

Sebelum masuk Indonesia, pertama kali All New Honda Civic masuk ke wilayah Asia Tenggara (ASEAN) pada Agustus 2021. Thailand adalah negara pertama yang mencicipi sedan sporty ini kemudian disusul Singapura, baru Indonesia.

Di ketiga negara itu, Civic sudah dibekali fitur Honda Sensing. Teknologi ini menggunakan bantuan wide view camera yang terpasang dibagian dalam kaca depan. Fungsinya mendeteksi kondisi mengemudi di sekitar kendaraan termasuk memindai posisi mobil, sepeda motor, dan pejalan kaki yang ada di depan secara real time.

Honda Civic RS 2021 -4

Ada fitur Adaptive Cruise Control

Hasil tanggapan gambar kamera itulah yang kemudian digunakan untuk kinerja fitur Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low-Speed Follow (LSF), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Tak sampai disitu, selain Honda Sensing, Civic terbaru juga punya fitur keselamatan aktif dan passif lainnya. Seperti Honda Lane Watch, Driver Attention Monitor, Multi-angle Rearview Camera, Auto Brake Hold, Walk-Away Auto Lock, serta Seat Belt Reminder untuk pengemudi dan seluruh penumpang.

Baca juga : Perbandingan Harga Honda Civic 2022 vs Toyota Corolla Altis, Mana yang Lebih Oke?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2022 Honda Civic Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru