window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

All New Toyota Avanza Kembaran Daihatsu Xenia Meluncur Di 2021, Begini Rupanya

Anissa · 3 Nov, 2020 15:30

All New Toyota Avanza Kembaran Daihatsu Xenia Meluncur Di 2021, Begini Rupanya 01

All New Toyota Avanza kabarnya akan segera hadir pada tahun 2021 mendatang. Toyota Avanza sendiri merupakan salah satu mobil MPV andalan dari Toyota dan merupakan mobil kembaran Daihatsu Xenia. Toyota Avanza memang sudah cukup lama tidak mendapatkan facelift dari Toyota, sehingga kabar kehadiran All New Toyota Avanza 2021 ini disambut baik oleh para pecinta otomotif.

Kabarnya, Toyota sendiri akan memberikan tampilan baru pada All New Toyota Avanza 2021 ini. Berdasarkan kabar yang beredar, mobil ini, bersama dengan Daihatsu Xenia generasi terbaru akan menggunakan basis dari Daihatsu DN Multsixi yang pernah diperkenalkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada tahun 2017.

Menariknya lagi, baik Daihatsu Xenia maupun New Toyota Avanza ini akan menggunakan platform baru dari Daihatsu. Platform baru ini sendiri disebut Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Pada dasarnya, bentuk platform yang dimiliki oleh Daihatsu DN Multisix ini masih sama dengan Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia, yaitu MPV tiga baris berkapasitas enam orang penumpang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Meskipun belum ada informasi lebih lanjut terkait peluncuran All New Toyota Avanza 2021, tetapi sudah ada beberapa bocoran yang beredar mengenai sebagian kecil dari spesifikasinya. Langsung saja kita simak pembahasannya berikut ini.

Perubahan Toyota Avanza Dari Generasi Ke Generasi

Sebelum membicarakan soal spesifikasi dari All New Toyota Avanza 2021, kita akan bahas dulu tentang perubahan Toyota Avanza dari generasi ke generasi. Berikut ini adalah uraian mengenai perubahan Toyota Avanza.

1. Toyota Avanza 2003 – 2011

Toyota Avanza generasi pertama hadir di Indonesia pada tahun 2003 sampai 2011. Jangka waktu produksi mobil yang satu ini memang cukup lama. Ketika itu, Toyota Avanza hadir dalam 2 varian, yakni Toyota Avanza 1.3 E dan 1.3 G dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan.

Kendati fitur yang dimilikinya ketika itu masih sangat minim, tetapi desain Toyota Avanza berhasil menarik perhatian para pecinta otomotif di Indonesia. Selain itu, fungsinya sebagai mobil MPV 7 penumpang juga menjadi salah satu kelebihan yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia.

All New Toyota Avanza Kembaran Daihatsu Xenia Meluncur Di 2021, Begini Rupanya 01

Ketika itu, interior mobil ini didominasi dengan warna hitam dan abu-abu. Sistem hiburannya juga masih mengandalkan head unit single DIN yang hanya memutar CD. Tetapi untuk pengaturan kaca jendelanya sudah menggunakan teknologi power window.

Kedua varian dari Toyota Avanza ketika itu menggunakan mesin yang sama, yakni mesin dengan kode K3DE, berkapasitas 1.300 cc, yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 87 HP dengan torsi 116 Nm. Setahun kemudian, Toyota menghadirkan Toyota Avanza tipe 1.3 S yang dilengkapi sistem transmisi otomatis 4 percepatan. Mesinnya pun sudah menggunakan mesin dengan kode K3-VE dan  teknologi VVT-I, serta keluaran tenaga sebesar 89 HP.

Kemudian untuk fitur keselamatannya sendiri, Toyota Avanza tipe 1.3 S juga sudah menggunakan sistem ABS. Dan untuk fitur lainnya, mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur tilt steering dan head unit 2-DIN.

Kemudian pada tahun 2006, barulah diluncurkan Toyota Avanza dengan varian 1.5 S M/T dan 1.5 S A/T. Kedua varian ini menggunakan mesin dengan kode 3SZ-FE, yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 109 HP dan torsi 141 Nm. Mobil ini juga memiliki bumper yang lebih tebal dan foglamp dengan bentuk yang berbeda.

Toyota Avanza kemudian sempat mendapatkan beberapa kali facelift pada tahun 2008 dan 2009. Bagian atap dari mobil ini dibuat berundak agar tidak berisik ketika dihantam hujan. Desain bumpernya juga menjadi lebih dinamis, sementara grille-nya diubah menjadi model grille 3 garis yang lebih modern.

Karena ada banyak permintaan dari konsumen untuk menghadirkan pilihan transmisi otomatis pada Toyota Avanza tipe 1.3 G dan 1.3 E, akhirnya pihak Toyota pun merilis kembali dua tipe tersebut pada tahun 2010 dengan menghadirkan pilihan transmisi otomatis.

2. Toyota Avanza 2011 – 2014

Setelah itu, pada tahun 2011, generasi kedua Toyota Avanza akhirnya hadir. Mobil ini pertama kali diperkenalkan dalam ajang IIMS 2010. Toyota Avanza yang baru ini mendapatkan cukup banyak perubahan, dan karenanya generasi barunya ini disebut dengan nama Toyota All New Avanza.

Desain yang dimiliki oleh Toyota All New Avanza sebagai generasi kedua dari Toyota Avanza ini memang lebih dinamis dibanding generasi sebelumnya. Headlamp-nya berbentuk segitiga, bumpernya didesain ulang dengan desain yang lebih modern dan lekukan yang lebih tajam, grille-nya menyatukan lampu kanan dan kiri. Tidak hanya itu, stop lamp-nya pun berubah menjadi lebih lancip.

All New Toyota Avanza Kembaran Daihatsu Xenia Meluncur Di 2021, Begini Rupanya 02

Toyota All New Avanza ini dipasarkan dengan tiga tipe, yakni Toyota All New Avanza tipe 1.3 E, 1.3 G, dan 1.5 Veloz. Mobil tipe E dan G menggunakan mesin dengan kode mesin 1NR-FE, yang diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 95 HP pada 6.000 rpm, dan torsi sebesar 125 Nm di 4.000 rpm.

Sementara itu, Toyota All New Avanza varian Veloz menggunakan mesin 1.500 cc berkode 2NR-FE yang diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 102 HP pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 144 Nm pada 4.000 rpm. Toyota All New Avanza Veloz ini menawarkan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Kemudian untuk fiturnya sendiri, mobil ini didukung dengan fitur keselamatan dual SRS Airbags dan sistem pengereman ABS. Pihak Toyota pun mengklaim bahwa Toyota All New Avanza ini memiliki kekedapan kabin yang lebih baik. Sayangnya, interiornya sendiri belum memiliki ubahan yang signifikan. Khusus pada tipe G dan Veloz, Toyota All New Avanza sudah menggunakan head unit touch screen.

Toyota All New Avanza Veloz 1.5 memiliki ubahan pada penggunaan lampu multi reflector dan juga desain bumpernya yang lebih besar pada bagian air dam. Pada bagian interiornya, Toyota All New Avanza memiliki kabin yang didominasi warna hitam, serta dilengkapi dengan kontrol audio pada bagian setir.

Setelah itu, Toyota All New Avanza ini menghadirkan varian Luxury untuk tipe G dan Veloz. Tipe yang satu ini memiliki tambahan body kit baru untuk bagian bumper depan, bumper belakang, serta side skirt. Selain itu, pada bagian interiornya juga sudah menggunakan aksen kayu yang memberikan kesan mewah.

3. Toyota Avanza 2015 – 2019

Facelift terakhir dilakukan pada tahun 2015. Generasi ini diluncurkan dengan nama Toyota Grand New Avanza dan Toyota Grand New Veloz. Facelift pada generasi kali ini memiliki cukup banyak ubahan. Mobil ini menggunakan lampu multi-reflektor baru, grille berdesain lebih tebal, serta bumper yang berbeda-beda untuk varian Toyota Avanza dan Toyota Veloz. Sementara untuk bagian mesinnya sendiri tidak ubahan untuk Toyota Grand New Avanza.

All New Toyota Avanza Kembaran Daihatsu Xenia Meluncur Di 2021, Begini Rupanya 03

Interior Toyota Grand New Avanza menggunakan perpaduan warna krem dan hitam. Fitur audionya pun sudah menggunakan head unit 2-DIN, yang dilengkapi dengan fungsi pemutar CD/DVD, USB, serta MP3.

Tidak seperti Toyota Grand New Avanza, Toyota Grand New Veloz bukan hanya mempertahankan varian mesin 1.5 M/T atau A/T, tetapi juga memiliki varian mesin baru, yakni 1.3 M/T dan A/T. Model ini juga memiliki fitur yang lebih mewah dan lengkap dibandingkan Toyota Grand New Avanza.

Eksterior dan Interior All New Toyota Avanza 2021

Belum ada kepastian mengenai akan seperti apa jadinya eksterior dan interior All New Toyota Avanza 2021. Tetapi karena mobil ini diperkirakan akan menggunakan basis model yang sama dengan Daihatsu DN Multisix, kita bisa merujuk pada desain eksterior dan interior mobil konsep tersebut yang diperkenalkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017 lalu.

All New Toyota Avanza Kembaran Daihatsu Xenia Meluncur Di 2021, Begini Rupanya 04

Bentuk mobil ini masih memiliki rasa khas SUV yang kekar, tetapi juga terlihat dinamis dan futuristik, sekilas agak mirip dengan Mitsubishi Xpander. Dari depan, mobil ini terlihat agresif dengan headlamp berbentuk menyipit, Daytime Running Light, dan aksen chrome pada grille berwarna hitamnya.  

Selain itu, monbil ini juga memiliki keunikannya sendiri. Berbeda dengan kebanyakan mobil yang ada di Indonesia, mobil ini membuka pintu depan dan belakang dengan arah yang saling berlawanan. Rodanya sendiri menggunakan ban dengan ukuran 225/50 R18.

All New Toyota Avanza Kembaran Daihatsu Xenia Meluncur Di 2021, Begini Rupanya 05

Beralih ke bagian interiornya, masih mengacu pada Daihatsu DN Multisix, diperkirakan All New Toyota Avanza 2021 ini akan didominasi dengan warna putih. Interiornya dipadukan dengan panel intsumen yang futuristik. Bagian joknya pun terlihat leluasa dan bisa menampung hingga 6 orang penumpang.

Fitur dan Mesin All New Toyota Avanza 2021

Untuk fiturnya sendiri, memang belum ada pernyataan resmi dari pihak Toyota untuk All New Toyota Avanza 2021 ini. Tetapi diperkirakan bahwa fiturnya ini juga akan mengadopsi fitur-fitur yang dimiliki Daihatsu DN Multisix.

All New Toyota Avanza Kembaran Daihatsu Xenia Meluncur Di 2021, Begini Rupanya 06

Lalu bicara soal mesinnya, All New Toyota Avanza 2021 ini diperkirakan juga akan menggendong mesin yang sama dengan Daihatsu DN Multisix, yakni mesin 1KR-VET 1.000 cc 3 silinder yang dilengkapi dengan turbocharger. Mesin ini diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 96 HP dan torsi 140 Nm.

Sistem transmisinya sendiri akan menggunakan transmisi CVT. Ada pula kabar yang menyebutkan bahwa mobil baru ini akan mendapatkan pilihan mesin 1.200 cc dengan teknologi hybrid, yang akan dikembangkan bersama oleh Toyota dan Daihatsu.

Spesifikasi All New Toyota Avanza 2021

Dimensi All New Toyota Avanza 2021
Panjang 4.310 mm
Lebar 1.720 mm
Tinggi 1.695 mm
Wheelbase 2.620 mm
Ground Clearance 250 mm
Mesin All New Toyota Avanza 2021
Tipe Mesin 1KR-VET 1.000 cc 3 silinder turbocharger
Kapasitas 1,0 Liter
Power Output 96 HP
Torsi 140 Nm
Transmisi CVT
Ban All New Toyota Avanza 2021
Ukuran Ban 225/50 R18

All New Toyota Avanza 2021 Harga

Soal harga pasti paling bikin penasaran. Tetapi sayangnya, hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi terkait harga All New Toyota Avanza 2021 yang menjadi kembaran dari Daihatsu Xenia generasi terbaru ini, baik dari pihak Toyota maupun Daihatsu. Tetapi mengingat ubahan yang didapatkan cukup signifikan, maka bisa diperkirakan bahwa mobil ini akan mengalami kenaikan harga dibandingkan generasi sebelumnya.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil