All-new Jeep Grand Cherokee L 7-Seater Akan Hadir di Indonesia Akhir 2021

Dhoni · 14 Jan 2021 07:30

Pamor Jeep Grand Cherokee di dunia 4x4 tidak pernah surut setelah hadir selama 30 tahun. Sebagai mobil SUV legendaris  yang telah terjual 7 juta unit dan mendapatkan banyak penghargaan, kemampuannya tentu tidak perlu diragukan lagi. Dan kini, di generasi keempatnya turut diperkenalkan varian terbaru yakni All-new Jeep Grand Cherokee L yang juga akan hadir di Indonesia.

Jeep Grand Cherokee L 2021 ditawarkan mulai dari Rp 551 juta di AS

Ya, Indonesia akan kebagian varian Jeep Grand Cherokee L berkapasitas 7 penumpang dengan mesin Pentastar V6 3,6 liter pada kuartal 4 tahun 2021. Hal ini disampaikan langsung oleh Dhani Yahya COO PT DAS Indonesia Motor, selaku distributor mobil-mobil Jeep di Indonesia, "Ya, (kami akan menghadirkan) Jeep Grand Cherokee L 7-seater pada Q4 2021 dengan mesin (V6) 3.6L," ujarnya melalui pesan singkat.  

Kehadiran varian teranyar dari Jeep Grand Cherokee ini bisa dibilang sebagai sebuah inovasi dengan kemampuan menampung 6 - 7 penumpang. Bukan sekedar inovasi pada kapasitas penumpang, Jeep Grand Cherokee L menghadirkan kombinasi tak tertandingi dari kemampuan 4x4 yang lebih legendaris, penyempurnaan di jalan raya yang unggul, gaya dan pengerjaan premium pada sisi eksterior maupun interior. Belum lagi dengan beragam fitur berteknologi pada unsur keamanan yang berteknologi canggih.

Jeep Grand Cherokee L 2021 dengan kapasitas 7 penumpang

Dalam peluncuran di Auburn Hills, Michigan, AS pada 7 Januari 2020, Christian Meunier, Global President of Jeep Brand – FCA mengatakan “Kehadiran Jeep Grand Cherokee L dibuat untuk melampui ekspektasi dan melebihi dari kemampuan SUV lainnya seperti dapat melibas medan offroad dan tetap berjaya di jalan raya. Mobil ini dibangun dari disain baru yang tetap tidak melupakan disain ikonik Jeep sehingga tampil menakjubkan. Untuk memenuhi permintaan, baris ketiga disediakan sehingga dapat menampung 7 penumpang. Jeep Grand Cherokee L sangat menonjol di segmennya dengan berbagai inovasi sesuai fungsinya.”

Jeep Grand Cherokee L tersedia dalam pilihan V6 3.6L yang dapat mengeluarkan tenaga mencapai 294 Ps dan juga mesin V8 5.7L dengan out put tenaga sebesar 380 Ps. Selain dua mesin tersebut, Jeep Grand Cherokee juga akan tersedia dalam model Hybrid, tepatnya PHEV. Dengan teknologi yang sama dengan yang digunakan pada Jeep Wrangler 4xe.

Sebagai SUV berkemampuan melibas medan offroad, Jeep Grand Cherokee L telah dibekali suspensi independen pada bagian depan maupun belakang. Namun kemampuan Grand Cherokee 2021 masih belum layaknya varian Trailhawk dengan tersedianya transfercase 2 speed, maupun limited-slip rear differential electric. Yang istimewa adalah suspensi udara Quadra Lift dengan kemampuan peredaman yang diatur secara elektrik sehingga nyaman digunakan di berbagai medan, termasuk di jalan raya. Quadra Lift dapat diatur dalam lima mode sesuai ketinggian suspensi yang dibutuhkan.     

Untuk interior Jeep Grand Cherokee L, kesan kabin mewah dengan pilihan empat trim berbeda membuat kenyamanan selama berkendara. Terlebih dua bangku di depan, tersedia fitur pemijat badan untuk menghilangkan letih perjalanan bagi pengemudi dan penumpang.

Jeep Grand Cherokee L 2021 hadir dengan tiga baris bangku

Cluster instrumen digital berukuran 10 inci di balik kemudi memudahkan pengemudi mengetahui kondisi Jeep Grand Cherokee L, sementara fitur infotainment telah terdapat layar sentuh. Tetapi untuk konektivitas seperti Apple CarPlay dan Android Auto baru akan tersedia pada 2022.

Dengan diperkirakan baru akan hadir di diler pada pertengahan tahun 2021, Jeep Grand Cherokee L 2021 terdapat beragam fitur keselamatan. Bahkan pihak Jeep mengklaim terdapat 110 fitur keselamatan dan keamanan pada Jeep Grand Cherokee L 2021. Namun untuk advanced hands-free L2 automated driving system baru akan tersedia pada akhir 2022.

Cockpit Jeep Grand Cherokee L 2021

Sedangkan fitur yang pasti tersedia pada Jeep Grand Cherokee L 2021 terdiri dari Active Driving Assist, Night Vision Camera, Head-up Display (HUD) yang dapat mengetahui Active Lane Management, adaptive cruise control, turn-by-turn navigation, current speed, current gear and speed limit, Intersection Collision Assist, Drowsy Driver Detection dan lainnya.

Yang menarik pada Jeep Grand Cherokee L 2021, terdapat kamera untuk memantau bangku belakang. Tujuannya tentu pengemudi maupun penumpang baris pertama dapat mengetahui keadaan di dalam kabin bagian belakang tanpa perlu menengokan kepala ke belakang.

Jeep Grand Cherokee L 2021 yang tersedia dalam empat pilihan tipe yakni Laredo, Limited, Overland and Summit, harga yang ditawarkan mulai dari $38,955 (setara Rp 551,2 juta) untuk tipe Laredo, sementara harga untuk Jeep Grand Cherokee L 2021 tipe Summit mencapai $60,000 atau setara dengan Rp 848,9 juta.

Konfigurasi bangku Jeep Grand Cherokee L 2021

Sementara untuk varian dua baris, Jeep Grand Cherokee maupun versi hybrid 4xe baru akan dirilis pada akhir tahun 2021. 

Komentar

Mobil Terbaru