window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Alternatif Agya-Ayla, Intip 5 Kekurangan Suzuki Celerio

Enda · 1 Feb, 2023 08:30

Kekurangan Suzuki Celerio

Populasi Suzuki Celerio di Indonesia kini semakin jarang dijumpai. Salah satu faktor yang menyebabkan adalah usianya yang terbilang singkat. Dengan harga yang terjangkau, apa kelemahan Suzuki Celerio yang perlu kita ketahui?

Mengulas sedikit sejarahnya, mobil ini pertama kali diperkenalkan di Tanah Air lewat ajang IIMS 2014, dan dijual secara resmi oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) setahun setelahnya.

Awal kemunculannya, Celerio disambut positif oleh masyarakat Tanah Air. Tak lama kemudian antusiasme masyarakat terhadap mobil ini seolah redup. Mengetahui bahwa Celerio kurang bisa diterima pasar, membuat PT SIS menghentikan penjualan mobil ini pada tahun 2017.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebagai mobil perkotaan dengan bentuk mungil, jika dilihat Suzuki Celerio sebenarnya memiliki kabin yang gak kalah lega dibanding Karimun Wagon R. Tak hanya itu, mobil yang didatangkan secara utuh dari Negeri Gajah Putih ini juga memiliki fitur yang terbilang lengkap.

Seperti yang diketahui Celerio berhasil dibekali headlamp dengan pengaturan ketinggian, electric mirror dan rear wiper. Di dalam terdapat head unit 2din yang mendukung format MP3, CD, AUX USB, dan AM/FM.

Untuk sistem pendingin udara, Celerio meliputi meliputi arah semburan, kecepatan blower serta suhu. Oh iya, untuk setir Suzuki Celerio sudah dilengkapi Electronic Power Steering (EPS), power window di setiap pintu, serta central lock.

Bicara keselamatan berkendara, mobil ini mendapatkan dual airbags di depan, seatbelt dengan pretensioner, serta sistem pengereman lengkap dengan ABS dan EBD. Sebagai bentuk keamanan berkendara, selain alarm system kuncinya sudah diaplikasikan immobilizer.

Sebagai informasi saja, Harga bekas Suzuki Celerio kini ditawarkan mulai dari Rp80 jutaan. Pilihan menarik selain Agya-Ayla, simak beberapa kekurangan Celerio berikut ini.

Baca juga: City Car di Bawah Rp100 Juta, Ini 5 Keistimewaan Suzuki Celerio Bekas

1. Desain Suzuki Celerio Kurang Disukai Banyak Orang

Kekurangan Suzuki Celerio

Suzuki Celerio memiliki bentuk yang kurang disukai banyak orang. Hal tersebut dikarenakan desain yang dimiliki mobil ini terlihat wagu dan dianggap kurang proposional. Contohnya pada headlamp, dimana secara dimensi terlihat besar kurang pas dengan bonnet dan bumper.

Bergeser ke buritan, stoplampnya tampak begitu mungil serta memiliki bumper belakang yang memiliki kesan lebih naik ketimbang bumper depan. Dari segi tampilan, desain bumpernya pun menggunakan garis tegas tidak berujung yang kerap kali menimbulkan kesan aneh.

2. Parts Suzuki Celerio Sulit Dijumpai di Pasaran

Kekurangan Suzuki Celerio

Populasi yang tidak banyak, membuat beberapa parts Suzuki Celerio sulit dijumpai di pasaran. Untuk suku cadang yang jarang ada di pasaran yakni slow atau medium moving parts seperti body, dan kaki-kaki. Hal ini yang membuat pemilik Celerio diharuskan untuk inden beberapa bulan untuk mendapatkan parts yang dibutuhkan.

Untuk parts fast moving, mobil ini memiliki kesamaan dengan Suzuki Karimun Wagon R khususnya di bagian mesin. Dengan begitu apabila membutuhkan filter oli, filter udara dan komponen lainnya yang ada pada mesin kalian tidak perlu khawatir.

Baca juga: Toyota Agya 2023 Pinjam Bodi Suzuki Celerio Meluncur, Cuma Rp150 Jutaan

3. Getaran Mesin Terasa di Dalam Kabin

Kekurangan Suzuki Celerio

Suzuki Celerio dibekali mesin K10B dengan 3-silinder segaris Double Over Head Camshaft (DOHC) dengan teknologi Multi-Point Injection VVT. Memiliki piston dengan jumlah ganjil membuat gerakan menjadi tidak seimbang sehingga menimbulkan getaran lebih besar ketimbang mesin 4-silinder.

Getaran yang dihasilkan terasa hingga di dalam kabin sehingga mengurangi rasa nyaman dalam berkendara. Selain getaran yang dihasilkan mesin cukup besar, kekurangan lainnya ada pada peredam kabin. Untuk diketahui peredam kabin mobil ini terasa tipis sehingga tidak mampu meredam suara bising dari luar mobil dengan baik.

4. Jok Suzuki Celerio Tipis

Kekurangan Suzuki Celerio

Kekurangan berikutnya yang ada pada Suzuki Celerio yakni jok. Dibungkus menggunakan bahan fabric, untuk jok Celerio memiliki busa tipis dengan bentuk kaku sehingga terasa kurang nyaman ketika digunakan berpergian ke luar kota.

Tak hanya itu, sandaran kepala atau head rest di baris pertama dan kedua tidak bisa diatur untuk posisi tinggi dan rendahnya.

5. Bantingan Suspensi Keras

Kekurangan Suzuki Celerio

Di bagian depan Suzuki Celerio menggunakan suspensi berjeniskan MacPherson Strut with Coil Spring dan Coupled Torsion Beam Axle with Coil Spring di roda belakang. Untuk bantingan yang dihasilkan mobil ini cenderung stiff ketika melewati jalan yang berkontur.

Tak hanya itu, gejala body roll juga kerap terasa ketika mobil dipacu di atas 100 km per jam di jalan bebas hambatan dengan muatan penuh.

Baca juga: Harga di Bawah Rp 90Juta, Suzuki Celerio Bisa Jadi Opsi Menarik Dibanding Agya

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil