window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Alternatif Paling Komplit Dibandingkan Mobil Jepang dan China, Ini Kelebihan Kia Seltos

Yongki Sanjaya · 9 Jun, 2021 15:00

Alternatif Paling Komplit Dibandingkan Mobil Jepang dan China, Ini Kelebihan Kia Seltos 01

Sosok Kia Seltos sebenarnya telah meluncur cukup lama, sejak awal tahun 2020 lalu. Sayangnya, nama Seltos seolah tertutup bayang-bayang popularitas MG ZS yang sedang naik daun, atau Honda HR-V yang punya reputasi terkenal. Padahal Kia Seltos ini kami rasa jadi pilihan value for money, khas mobil Korea Selatan.

Kia Seltos merupakan SUV pertama yang diperkenalkan oleh PT Kreta Indo Artha semenjak berada di bawah naungan PT Indomobil Group. Secara posisi harga, mobil Korea Selatan biasanya sedikit lebih mahal daripada mobil Jepang, apalagi mobil China. Namun beda dengan Kia Seltos ini, karena secara harga langsung head to head dengan HR-V dan sedikit lebih mahal dari MG ZS.

Berikut ini harga Kia Seltos 2021:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });
  • Seltos E Rp300 juta
  • Seltos EX Rp325 juta
  • Seltos EX Plus Rp360 juta 

Kia Seltos dengan gayanya yang agak boxy terlihat lebih kekar, gagah, dan agresif jika dilihat dari bagian depan, samping, juga belakang. Tampilan Kia Seltos benar-benar merefleksikan sebuah mobil dengan karakter SUV yang sangat kuat. 

Baca juga:

Mobil Korea Kini Punya Keunggulan Fitur dan Harga Dari Mobil Jepang, Apa Iya?

KIA Seltos Diesel Terdaftar di NJKB, Segini Perkiraan Harganya Bila Meluncur di 2021

Dapat Diskon PPnBM Rp27 Jutaan, Honda HR-V 2021 Bisa Makin Kompetitif Lawan Kia Seltos?

Berbekal teknologi dan juga desain yang modern, Kia Seltos menjadi pilihan baru yang fresh bagi para penggemar SUV di Indonesia. Sentuhan desainer ternama, Peter Schreyer mampu mengubah tampilan jajaran produk-produk terbaru Kia dengan gaya elegan ala mobil Eropa. 

Dengan harga yang kompetitif, bisakah Kia Seltos jadi kuda hitam antara model yang kini sedang naik daun? Mari kita simak kelebihan maupun kekurangannya.

Efek Styling Boxy, Kia Seltos Bongsor dan Lega 

Alternatif Paling Komplit Dibandingkan Mobil Jepang dan China, Ini Kelebihan Kia Seltos 01

Kia Seltos punya dimensi panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.645 mm, dan wheelbase 2.610 mm. Artinya Seltos lebih pendek daripada SUV medium Wuling Almaz 5-seater dengan panjang 4.655mm, lebar 1.835mm, tinggi 1.760mm, dan wheelbase 2.750mm. 

Sementara itu bila dibandingkan dengan sesama crossover maka Seltos ini terlihat bongsor karena efek desain yang agak boxy. Dimensinya beda tipis dengan MG ZS yang panjangnya 4.314, lebar 1.809, dan tinggi 1.624 mm. Sedangkan Honda HR-V punya dimensi panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm, tinggi 1.580 mm, dan wheelbase 2.610 mm.

Melihat angka tersebut, ukuran Kia Seltos dan MG ZS merepresentasikan dimensi kabin yang lebih lega ketimbang Honda HR-V. Jadi, styling boxy rancangan Peter Schreyer ternyata bukan efek visual supaya kelihatan bongsor kan? 

Performa Mesin Turbo Kia Seltos Paling Jumawa

Alternatif Paling Komplit Dibandingkan Mobil Jepang dan China, Ini Kelebihan Kia Seltos 02

Salah satu hal yang sangat bisa membuat para pemilik Kia Seltos berbangga diri ada di bagian mesin. Performa mesinnya di atas kertas jauh lebih baik dari dua rival terdekatnya. 

Kia Seltos dibekali dengan mesin 1.400 cc, 4 silinder, turbo yang mampu memproduksi tenaga hingga 140 ps dengan torsi maksimal mencapai 242 Nm. Tenaga ini jauh lebih besar dibandingkan Honda HR-V bermesin 1.800 cc sekalipun, yang hanya mampu mengeluarkan tenaga 139 ps dengan torsi maksimal 169 Nm.

Sementara itu MG ZS dibekali dengan mesin 1.498 cc, 4 silinder, DOHC. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga 114,6 ps dengan torsi maksimal 150 Nm. Di atas kertas, performa mesin MG ZS bisa dibilang paling kecil. Sebab untuk Honda HR-V bermesin 1,5 liter saja tenaga yang dihasilkan sebesar 120 ps/6.600rpm dan torsi 145 Nm/4.600rpm.

Transmisi Kia Seltos Paling Canggih, Sensasi Dual Clutch ala Mobil Balap

Alternatif Paling Komplit Dibandingkan Mobil Jepang dan China, Ini Kelebihan Kia Seltos 03

Kelebihan lain yang hanya Seltos miliki di antara crossover lain adalah transmisi. Kia berani memasang Dual Clutch Transmission (DCT) 7-speed sebagai opsi tunggal. 

Seltos pun menjadi satu-satunya SUV crossover yang pakai girboks kopling ganda. DCT jadi andalan pada mobil sport karena perpindahan gigi supercepat dan halus. 

Bila melihat rivalnya seperti Honda HR-V atau MG ZS, keduanya hanya memakai transmisi CVT dengan simulasi perpindahan gigi. Beda cerita dengan Seltos yang memang benar-benar bisa pindah gigi. 

Fitur Mewah yang Melimpah, Bikin Mobil Korea Ini Harganya Terasa Murah

Alternatif Paling Komplit Dibandingkan Mobil Jepang dan China, Ini Kelebihan Kia Seltos 04

Fitur andalan di All-New KIA Seltos adalah sunroof. Kehadiran sunroof ini selain membuat kabin terasa lebih luas, juga membuat mobil ini jadi terkesan lebih mewah.

Kehadiran sunroof pasti akan membuat perjalananmu dengan mobil ini menjadi lebih menyenangkan. Sebab kamu bisa melihat bintang-bintang saat malam atau pancaran cahaya jingga di pagi hari. Saat lewat pegunungan pun bisa dibuka, untuk menikmati udara sejuk dan segar.

Memang, fitur ini bukanlah milik Kia Seltos saja karena MG ZS juga punya. Bahkan ZS harganya lebih murah di kisaran Rp261,8 juta sampai Rp295,8 juta. Namun, bukan cuma 'atap terbuka' saja yang dijagokan Seltos. 

Crossover asal negeri ginseng ini dibekali head unit 8 inci yang bisa terhubung dengan dua ponsel sekaligus. Sistem audio pada Kia Seltos pun telah didukung oleh merek kenamaan, Bose. 

Bahkan, head unit ini juga sudah mendukung ponsel android dan iPhone. Fitur hiburannya kian menarik karena KIA Seltos juga telah dibekali enam speaker Bose yang bisa membuatmu betah berlama-lama mendengarkan musik di dalam kabin.

Fitur menarik yang bisa membuat kamu betah berlama-lama berkendara adalah Fast wireless charging. Dengan fitur ini kamu bisa mengisi ulang baterai handphone tanpa harus repot. Tentu saja, fitur ini hanya berfungsi jika ponsel kamu sudah mendukung pengisian tanpa kabel itu.

Mode Berkendara Paling Lengkap, Kia Seltos Siap Diajak Berpetualang

Alternatif Paling Komplit Dibandingkan Mobil Jepang dan China, Ini Kelebihan Kia Seltos 05

Menghadapi situasi berkendara yang beragam, apakah MG ZS atau Honda HR-V punya dukungan mode berkendara yang lengkap seperti Seltos? 

Jelas tidak, dan inilah yang jadi selling point Seltos berikutnya yang lebih siap dengan berbagai kondisi jalanan di Indonesia. Untuk kondisi jalanan cukup memakai mode Normal, Sport dan Eco. 

Bagaimana dengan kontur medan off road? Seltos juga punya mode traksi melalui opsi Mud, Snow dan Sand yang bisa kamu pilih sesuai kondisi permukaan jalan yang dilalui. 

Kesimpulan

Dengan harga antara Rp300 sampai 360 juta, Seltos jadi yang terlengkap, bahkan paling bertenaga mesinnya. Memang benar istilah kalau mobil Korea pasti sedikit lebih mahal dari Jepang tapi punya fitur yang paling lengkap. Mungkin MG ZS terkesan jauh lebih murah tapi bila dikomparasi secara fitur maka tak selengkap Seltos. 

 

Pabrikan China seperti biasanya main aman di segmen peralihan dengan spesifikasi dan harga yang tanggung. MG ZS ini berusaha meraup pasar pengguna Kia Sonet atau Toyota Raize yang ingin kelas lebih besar namun budget-nya belum cukup beli Honda HR-V atau Kia Seltos. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

KIA Seltos E 2021

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil