Analisis terlengkap, Toyota New Kijang Innova mulai Rp337,6 Juta!

Bahar · 18 Okt 2020 05:50

PT Toyota Astra Motor kembali menambah catatan sejarah Kijang, setelah berhasil melakukan peluncuran secara resmi Kijang Innova terbaru hari ini, Kamis (15/10).

Sebagai MPV legendaris, kehadiran Toyota Kijang Innova terbaru selalu dinanti-nanti para pecinta otomotif Tanah Air.

Toyota New Kijang Innova (sebutan untuk generasi facelift) ini mendapatkan beberapa sentuhan terbaru di sektor eksterior maupun interior, tak tertinggal penambahan fitur. Meski terbilang Minor Change, Toyota New Kijang Innova diharapkan mampu membawa banyak perubahan bagi Keluarga Indonesia.

Tampilan luar

Secara dimensi dan ukuran, Toyota New Kijang Innova masih terlihat sama seperti pre-facelift yang telah mendapatkan banyak penyegaran pada 2015 lalu. Pada segi fascia, Toyota New Kijang mendapatkan bumper yang terlihat lebih agresif, berkat penggunaan grille bermodelkan ‘trapezoid’ terbaru yang terlihat lebih menyatu.

Dalam memberikan kesan kemewahan, pada grille kini dikelilingi aksen krom. Lampu utamanya juga sudah menggunakan LED Projector Headlamp yang dibungkus oleh lampu utama berbentuk pipih menyudut. Akan tetapi pencahayaan dengan sistem ini hanya bisa kalian temui di varian V, V Luxury.

Lampu sign sebagai sinyal pindah jalur kini juga berbeda. Lampu dengan bohlam halogen tersebut kini diletakan menyendiri dibungkus housing berornamen piano black, yang terletak di kanan dan kiri bumper bagian bawah.

Bicara lampu kabut, Toyota memindahkan posisinya berada diantara under guard. Penempatan fog lamp mengingatkan kita seperti punyanya Xpander, ya..

Ketika bergeser ke samping, tidak ada perubahan yang radikal. Hanya saja Toyota New Kijang Innova kini mendapatkan velg dual tone dengan desain baru berukuran 16 inch.

Begitu juga ketika beranjak ke belakang, Toyota New Kijang Innova masih terlihat sama dengan generasi pre-facelift.

Tampilan dalam

Beranjak masuk ke bagian interior, kalian langsung bisa melihat ubahan pada warna interior. Baik jok dan door trim, kini mendapatkan sentuhan coklat tua yang memberikan kesan kemewahan. Khusus varian Luxury, interior didominasi dengan warna hitam yang mana dihiasi aksen wood panel, guna menambah kesan kemewahan.

Ketika bicara sistem hiburan, Toyota New Kijang Innova G dan G Luxury, mendapatkan Head Unit berukuran 8 inch touchscreen dilengkapi Radio, Bluetooth, USB, & Mirroring. Varian V dan V Luxury berhasil ditanami ukuran lebih besar, 9 inch touchscreen dengan Radio, Bluetooth, USB, Miracast, Smartphone Connection.

Untuk memberikan kesegaran di dalam kabin, tipe Luxury berhasil mendapatkan Pembersih Udara Terintegrasi (Ionizer Car) menghasilkan udara yang baik untuk meningkatkan kualitas kesegaran udara. Oiya, jok model Captain Seat juga hanya bisa ditemukan di varian Luxury.

Semua varian Toyota New Kijang Innova juga sudah dilengkapi VSC (Vehicle Stability Control). Tombol ini bisa dijumpai terletak di bawah Head Unit di samping fitur Eco Mode dan Power Mode.

Tak tertinggal Fitur Hill Start Assist (HSA) hadir disemua varian Toyota New Kijang Innova guna memberikan keselematan dan kenyamanan berkendara yang lebih baik. Sistem pengereman ABS dan EBD juga hadir dalam semua varian.

Dapur pacu tetap sama

Mengingat Toyota New Kijang Innova hanya mendapatkan ubahan secara minor, maka mesin yang digunakan tetap sama. Dipersenjatai mesin bensin legendaris berkodekan 1TR-FE 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i 1.998 cc, mesin ini mampu merilis tenaga 139 PS @5.600 Rpm di angka torsi 18.7 Kg.m @4.000 Rpm.

Sedangkan varian dieselnya ditanami mesin 2 GD FTV 4-silinder, 14 valve DOHC 2.393 cc. Dengan begitu tenaga yang dihasilkan sebesar 149 PS @3.400 Rpm torsinya mencapai 36.7 Kg.m @1.200-2.600 Rpm.

Masing-masing ditawarkan transmisi manual 5-percepatan dan otomatik 6-percepatan with Sport Sequential Switchmatic.

Tersedia 12 varian dan 5 Warna

Toyota New Kijang Innova mendapatkan 12 varian, G Gasoline M/T, G Gasoline A/T, G Gasoline Luxury M/T, G Gasoline Luxury A/T, G Diesel M/T, G Diesel A/T, V Gasoline M/T, V Gasoline A/T, V Gasoline Luxury M/T, V Gasoline Luxury A/T, V Diesel M/T, dan V Diesel A/T.

Untuk warna setidaknya ada Super White 2, Silver Metallic, Dark gray Mica Metallic, Attitude Black, dan terakhir Phantom Brown.

Harga

Melansir situs resmi Toyota.astra.co.id, Toyota New Kijang Innova dibandrol mulai dari Rp337.6 juta. Berikut daftar harganya.

Toyota New Kijang Innova
New Kijang Innova 2.0 G M/T Rp337.600.000
New Kijang Innova 2.0 G Luxury M/T Rp348.800.000
New Kijang Innova 2.0 G A/T Rp357.500.000
New Kijang Innova 2.0 G Luxury A/T Rp363.700.000
New Kijang Innova 2.0 V M/T Rp386.300.000
New Kijang Innova 2.0 V Luxury M/T Rp392.500.000
New Kijang Innova 2.0 V A/T Rp405.800.000
New Kijang Innova 2.0 V Luxury A/T Rp412.000.000
New Kijang Innova 2.4 G M/T Diesel Rp368.700.000
New Kijang Innova 2.4 G A/T Diesel Rp389.900.000
New Kijang Innova 2.4 V M/T Diesel Rp421.200.000
New Kijang Innova 2.4 V A/T Diesel Rp440.900.000

Sebagai MPV legendaris Toyota, bagaimanapun juga New Kijang Innova dapat diterima keluarga di Indonesia.

Kesimpulan

Terlebih adanya facelift yang memberikan penyegaran terhadap tampilan luar, dalam, serta penambahan fitur pendukung, membuat Toyota New Kijang innova akan semakin banyak dilirik berkat kenyamanan dan kegagahannya.

Namun dengan harga yang ditawarkan kini hampir menembus setengah miliar, tampaknya membuat beberapa orang yang mempunyai budget terbatas akan memilih opsi lain, serta berfikir untuk membelinya dalam kondisi bekas.

Komentar

Mobil Terbaru