window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Antara Suzuki Ertiga Baru dan Bekas, Ternyata Ini Plus Minusnya!

Anissa · 30 Jul, 2020 13:00

Antara Suzuki Ertiga Baru dan Bekas, Ternyata Ini Plus Minusnya! 01

Suzuki Ertiga adalah salah satu model mobil yang meramaikan segmen Low MPV di Indonesia. Generasi terbarunya memiliki tampilan yang lebih menarik jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya. Mobil terbaru Suzuki Indonesia, Suzuki Ertiga ini sendiri dibanderol dengan kisaran Rp205 jutaan hingga Rp260,5 jutaan.

Mobil andalan Suzuki ini pertama kali mengaspal di Tanah Air pada tahun 2012 lalu. Hingga saat ini, nama Suzuki Ertiga terbaru terus eksis dan mobil bekasnya pun banyak dicari. Mobil Suzuki Ertiga bekas sendiri dibanderol dengan kisaran harga Rp125 jutaan hingga Rp190 jutaan.

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil Suzuki Ertiga baru atau bekas, ada baiknya kita cari tahu tentang kelebihan dan kekurangannya masing-masing terlebih dahulu. Kali ini, kita akan membandingkan Suzuki Ertiga generasi terbaru dengan Suzuki Ertiga 2018, serta Suzuki Ertiga Dreza. Langsung saja kita simak informasinya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kelebihan Suzuki Ertiga Baru

1. Desain Eksterior Lebih Agresif dan Sporty

Pada bagian eksteriornya, Suzuki Ertiga terbaru memang terlihat berbeda. Desain yang baru memberikan kesan yang lebih agresif sekaligus sporty.

Antara Suzuki Ertiga Baru dan Bekas, Ternyata Ini Plus Minusnya! 01

Pada generasi barunya, Suzuki Ertiga yang merupakan mobil Suzuki terbaru dilengkapi dengan Upper and Lower Front Grille, Front Under Spoiler, Side Under Spoiler di bagian kanan dan kiri, Rear Upper Spoiler dan Rear Under Spoiler. Emblem Suzuki Sport di bagian depan juga semakin menambah kesan sporty yang dipancarkan mobil ini.

2. Memiliki Fitur-fitur Terbaru

Ada beberapa fitur termutakhir yang tidak bisa kita temukan pada Suzuki Ertiga generasi sebelumnya. Untuk menambah keamanan dan kenyamanan ketika berkendara, pada Suzuki Ertiga generasi terbaru telah disemtkan Daytime Running Light (DRL) LED Lamp dan defogger untuk membantu penglihatan pengendara saat cuaca buruk. Fitur Rear-view Camera Parking juga disematkan untuk mempermudah proses parkir.

Untuk fitur hiburannya, Suzuki Ertiga terbaru mengandalkan head unit touch screen 6,8 inci dengan garnish I/P center. Head unit ini terintegrasi dengan fitur-fitur yang ada pada smartphone, seperti seperti Web Link, Radio AM/FM, MP3, WMA, USB, aplikasi navigasi dan musik, Bluetooth Audio, dan Bluetooth phone call.

3. Bobot Lebih Ringan

Suzuki Ertiga lama diketahui memiliki bobot yang sedikit lebih berat. Suzuki Ertiga varian GX M/T memiliki berat 1.175 kg dan varian GX A/T memiliki berat 1.185 kg. Sedangkan pada Suzuki Ertiga baru, bobotnya berkurang 50 kg, menjadi 1.125 kg untuk varian GX MT dan 1.135 kg untuk varian GX A/T.

4. Dimensi Lebih Lebar

Suzuki Ertiga terbaru memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan pendahulunya. Suzuki Ertiga yang lama memiliki panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.685 mm. Sedangkan Suzuki Ertiga terbaru memiliki panjang 4.395, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.690 mm. Hal ini tentu akan menjamin adanya kabin yang lebih besar.

5. Mesin dan Tenaga Lebih Besar

Suzuki memberikan beberapa perubahan pada generasi terbaru Suzuki Ertiga pada sektor jantung mekanisnya. Jika pada model lamanya mobil ini menggunakan mesin K14B dengan kapasitas mesin 1.373 cc, maka pada Suzuki Indonesia mobil Suzuki Ertiga dibekali mesin K15B dengan kapasitas mesin 1.462 cc.

Antara Suzuki Ertiga Baru dan Bekas, Ternyata Ini Plus Minusnya! 02

Kemudian, tenaga yang dihasilkan juga mengalami kenaikan. Suzuki Ertiga generasi sebelumnya memiliki tenaga sebesar 92,4 HP pada putaran 6.000 rpm, sedangkan Suzuki Ertiga baru bisa menghasilkan tenaga sebesar 104,7 HP pada putaran 6.000 rpm. Torsinya juga meningkat dari 130 Nm pada putaran 4.000 rpm menjadi 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.

6. Kondisi Masih Prima

Kondisi mobil menjadi salah satu bahan pertimbangan para konsumen sebelum membeli sebuah mobil. Demikian halnya dengan Suzuki Ertiga terbaru. Kondisi Suzuki Ertiga terbaru dijamin masih dalam keadaan prima, sehingga pemilik mobil tidak perlu mengkhawatirkan keadaan mobil saat berkendara.

Kekurangan Suzuki Ertiga Baru

1. Harga yang Masih Mahal

Harga Suzuki Ertiga terbaru masih berada di atas angka Rp200 jutaan. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang kemudian memilih untuk membeli Suzuki Ertiga bekas.

Kelebihan Suzuki Ertiga Bekas

1. Harga Lebih Terjangkau

Harga Suzuki Ertiga bekas yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan Suzuki Ertiga baru memang menjadi daya tarik tersendiri. Bagi para konsumen yang tidak mau mengeluarkan uang lebih untuk membeli mobil baru, Suzuki Ertiga bekas ini tentu bisa menjadi pilihan yang menguntungkan.

2. Ada Beberapa Fitur yang Tidak Dimiliki Generasi Baru

Selain karena harganya yang lebih terjangkau, Suzuki Ertiga bekas juga memiliki beberapa fitur yang tidak lagi ditemukan pada generasi terbarunya. Mobil barunya tidak memiliki sandaran tangan di bagian tengah untuk penumpang di kursi baris kedua. Selain itu, pengatur ketinggian sabuk pengaman pun tidak lagi disematkan pada Suzuki Ertiga baru.

Antara Suzuki Ertiga Baru dan Bekas, Ternyata Ini Plus Minusnya! 03

Di Suzuki Ertiga yang lama ini juga terdapat pegangan tangan atau handgrip di dekat jendela yang bisa terlipat secara otomatis. Sementara pada Suzuki Ertiga baru, handgrip ini bersifat paten dan tidak bisa dilipat.

3. Eksterior Suzuki Ertiga Dreza Yang Unik

Berbeda dengan generasi barunya yang terlihat sporty dan agresif, para penggemar Suzuki Ertiga terbaru pasti masih belum bisa melupakan betapa elegan dan mewahnya tampilan Suzuki Ertiga Dreza. Mobil Suzuki Ertiga terbaru yang satu ini memang memiliki wajah yang berbeda dengan Suzuki Ertiga 2018, maupun generasi terbarunya.

Grill radiator yang dimiliki model ini lebih lebar dari Suzuki Ertiga 2018. Mobil ini juga memiliki banyak aksen krom pada bagian wajahnya sehingga kesan mewah pun semakin terasa. Tidak hanya itu, mobil ini juga memiliki bentuk bumper dan fog lamp yang unik.

Kekurangan Suzuki Ertiga Bekas

1. Dimensi Lebih Kecil

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Suzuki Ertiga yang lama ini memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan dengan Suzuki Ertiga baru. Hal ini tentu akan berpengaruh dengan luas kabin Suzuki Ertiga lama yang lebih kecil.

2. Bobot Lebih Berat

Bobot Suzuki Ertiga lama memang tidak jauh berbeda dengan yang baru yang hanya lebih ringan 50 kg. Tetapi bobotnya yang lebih berat ini tentu akan menghambat proses akselerasi mobil ini.

3. Kondisi Tidak Sebaik Mobil Baru

Antara Suzuki Ertiga Baru dan Bekas, Ternyata Ini Plus Minusnya! 04

Ketika akan membeli Suzuki Ertiga dalam keadaan bekas, tentu saja para konsumen harus lebih jeli. Kondisi Suzuki Ertiga bekas tidak akan sebaik kondisi mobil barunya, dan konsumen juga harus lebih teliti untuk menemukan mobil yang masih bagus.

Selain itu, kondisi Suzuki Ertiga bekas yang tidak sebaik mobil barunya membuat konsumen perlu hati-hati dan sering mengecek komponen-komponen yang ada di dalam mobil. Komponen yang sudah lama pasti harus diganti agar tidak menghambat kinerja mobil.

Jadi, ini dia plus minusnya jika membeli mobil Suzuki Ertiga baru dan bekas. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil