window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Apakah guncangan kendaraan saat mengisi bahan bakar benar-benar membuat bensin di tangki penuh?

Yongki Sanjaya · 10 Nov, 2020 17:30

Apakah guncangan kendaraan saat mengisi bahan bakar benar-benar membuat bensin di tangki penuh? 01

Goyangkan mobil saat isi bensin sering dilakukan pada mobil tua.

Di kalangan masyarakat seringkali beredar mitos seputar kegiatan pendukung saat berkendara seperti saat isi bensin. Kita tidak jarang melihat pengemudi mobil tua goyangkan kendaraannya saat isi bensin. Menurut mereka cara ini bisa bikin bensin lebih penuh di dalam tangki, mitos atau fakta?

Hal ini bisa jadi seperti mitos yang masuk akal. Pasalnya dengan menggoyangkan mobil, mereka beranggapan bisa membuat bahan bakar yang masuk ke dalam tangki menjadi optimal. 

Alasan mereka, karena udara yang masih tertinggal di dalam tangki juga cepat keluar dengan menggoyangkannya. Mungkin terlihat logis, tapi pada kenyataannya tidak benar seperti itu.

Sebab, tidak ada bedanya saat mobil sedang mengisi BBM pakai digoyang-goyang atau tidak. Karena benda cair ini juga mengisi ke ruang yang kosong, maka tindakan menggoyang-goyangkan mobil jadi buang energi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mungkin saja, pada beberapa mobil lawas cara ini memang perlu dilakukan untuk mempercepat proses pengisian akibat adanya udara yang terjebak dalam tangki. 

Namun, mobil modern biasanya sudah dilengkapi sistem ventilasi pada lubang pengisian BBM-nya. Lubang ventilasi memungkinkan udara yang ada di dalam tangki akan keluar dengan sendirinya terdorong tekanan dari BBM yang sedang diisi. 

Goyangkan Mobil Saat Isi Bensin Bikin Kebakaran? 

Apakah guncangan kendaraan saat mengisi bahan bakar benar-benar membuat bensin di tangki penuh? 01

Goyangkan mobil saat isi bensin tidak bermanfaat

Perlu kalian ketahui, ternyata tindakan goyangkan mobil saat isi bensin ini bahaya. Sebab, bisa jadi pemilu terjadinya kebakaran di bagian tangki bensin. 

Saat menggoyang-goyangkan mobil waktu kita mengisi BBM justru meningkatkan kemungkinan terjadinya gesekan antara nozel dengan intake tangki. Bukan tidak mungkin terjadi gesekan dan ada listrik statis di lubang tutup tangki di karena berbahan plat besi. 

Percikan inilah yang jadi penyebab kebakaran saat terkena bensin. Jadi, bila ingin pengisian bensin lebih optimal maka kita cukup meminta petugas SPBU untuk mengatur kecepatan nosel jadi cukup lambat. Jadi, tidak muncul buih selama pengisian sehingga BBM jadi lebih penuh. 

Bahkan, kita perlu menghindari mengisi BBM hingga terlalu penuh hingga meluber keluar dari lubang tangki. Bila sudah terlanjur luber, sebaiknya segera bersihkan dengan lap hingga benar-benar kering. Cat mobil yang sering terkena bensin atau solar bisa rusak dalam waktu lama.

Menggoyang-goyangkan Mobil Perbuatan yang Sia-sia

Apakah guncangan kendaraan saat mengisi bahan bakar benar-benar membuat bensin di tangki penuh? 02

Kondisi di dalam tangki bahan bakar terdapat sirkulasi udara yang baik

Seperti telah dijelaskan di atas, menggoyang-goyangkan mobil saat mengisi BBM perbuatan yang nirfaedah. Lihat saja pengemudi truk atau bus, mereka pasti tidak melakukan hal tadi, selain juga karena ukuran mobilnya sangat besar. 

BBM adalah zat cair, dimana sifat zat cair mudah berubah ubah bentuk/ tidak tetap. Sama seperti udara, zat cair bisa menyesuaikan tempatnya.
Perlu kalian ketahui bila konstruksi tangki BBM bukan ruang yang tertutup rapat, ada lubang ventilasi pernafasan udara. 

Sebab bila tidak ada lubang ventilasi ini, bahan bakar sulit mengalir dan terdistribusikan ke karburator atau throttle body. Fungsi lain lubang ventilasi adalah membuang udara yang terjebak di dalam ruangan tangki ketika diisi bahan bakar.

Prosesnya begini, bahan bakar masuk ke dalam tangki kemudian udara didalam tangki terdorong keluar lewat ventilasi. Jika tidak dikeluarkan dari lubang ventilasi, maka udara tadi akan keluar dalam bentuk gelembung gelembung udara dari saluran pengisian.

contoh gampangnya seperti ketika kita mengisi bensin motor eceran yang penjualnya pakai botol botol kaca. Saat pengisian menggunakan corong, waktu BBM dituangkan ke corong terlalu banyak maka aliran terganggu udara. 

Ini karena karena lubang pengisian tertutup bensin, maka perlu digoyang goyakan corongnya. Ketika digoyang-goyang corongnya, maka udara keluar dari celah selang lubang pengisian. 

Alasan Mobil Tua Kadang Perlu Digoyang-goyang saat Isi Bensin

Apakah guncangan kendaraan saat mengisi bahan bakar benar-benar membuat bensin di tangki penuh? 03

Untuk kasus di mobil tua penyebabnya mungkin karena ventilasinya tersumbat. Bisa jadi, karena usia mobil cukup tua dan kurang perawatan maka saluran ventilasi udara mampet. 

Akibat lubang ventilasi tertutup, entah tertutup kotoran atau terjepit, maka sirkulasi udara saat pengisian terganggu. Ini membuat udara di didalam tangki terjebak sehingga hanya mengandalkan lubang ventilasi dari pengisian saja. 

Hal yang biasa dilakukan oleh orang-orang saat mengisi bahan bakar adalah menggoyangkan mobilnya agar bahan bakar yang masuk bisa terisi rata ke dalam ruang separator-separator tangki. 

Padahal, cara tersebut tidak perlu dilakukan karena bagaimana pun juga bahan bakar tersebut akan secara otomatis terisi ke dalam setiap ruang separator akibat adanya passage di setiap separator tersebut. 

Kesimpulan

Seringkali, mitos yang muncul di kalangan pengendara ini didasarkan pada hal yang masuk logika. Ini membuat mitos seolah masuk akal sehingga terus dilakukan sekalipun itu pada faktanya juga ngawur.

Pabrikan mobil pun tentunya sudah memikirkan dan merancang sebuah kendaraan yang cukup praktis ketika kita gunakan. Berdasarkan penelitian dan fakta pun sudah terbukti kalau goyangkan mobil saat isi bensin tidak berfaedah dan bahkan berisiko menimbulkan kebakaran.

Jadi, sudah tahu kalau menggoyang-goyangkan mobil saat isi bensin ini mitos kan?  

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil