Apakah Honda Accord Lebih Unggul dari Toyota Camry 2.5 V?

Dhoni · 24 Sep, 2020 16:00

Persaingan dalam memperebutkan pasar otomotif, terlebih lagi di kelas sedan premium masih cukup kental terasa antara Toyota dan Honda. Honda dengan Accord terbarunya paling layak disandingkan dengan Toyota Camry 2.5 V. Kedua pabrikan asal Jepang ini menawarkan fitur berteknologi dan juga kemewahan.

Apakah Honda Accord Lebih Unggul dari Toyota Camry 2.5 V? 01

Pada peluncurannya, Toyota Camry menghadirkan 3 varian yaitu itu tipe g dan hybrid. Sedangkan Honda Accord hanya tersedia dalam 1 varian saja. Harga bandrol dari Toyota Camry 2.5 V berada di angka 675 jutaan, sementara Honda Accord seperti yang telah kami bahas pada artikel sebelumnya dibanderol dengan harga 729 juta.

Apakah Honda Accord Lebih Unggul dari Toyota Camry 2.5 V? 02

Secara harga, Toyota Camry 2.5 V lebih ekonomis, namun bagaimana perbandingan  yang ditawarkan keduanya. Untuk lebih pastinya, silahkan simak penjelasan kami.

Dimensi Honda Accord lebih unggul

Secara dimensi Honda Accord memiliki panjang 4.822 mm x lebar 1.906 mm x tinggi 1.450 mm dengan wheelbase 28.30 mm. Untuk dimensi Toyota Camry 2.5 V memiliki panjang bodi 4.885 mm x lebar  1.840 mm x tinggi 1.445 mm dengan wheelbase 2.825 mm. Secara dimensi Honda Accord lebih unggul melalui lebar, tinggi hingga wwheelbase, sedangkan Toyota Camry hanya unggul pada bagian panjang mobil.

Secara tampilan, jujur saja keduanya mencerminkan sedan premium yang berkelas untuk harga mobil di atas setengah milyar rupiah. Toyota Camry 2.5 V dengan bemper depan yang berkesan gahar dengan grill minimalis. Untuk Honda Accord grill memang cukup minimalis di bagian bumper terdapat ruang udara untuk pendingin yang cukup terbesar.

Apakah Honda Accord Lebih Unggul dari Toyota Camry 2.5 V? 03

Pada bagian lampu depan maupun belakang keduanya telah menggunakan teknologi LED dengan tambahan LED daytime running light. Khusus Toyota Camry 2.5 V telah menggunakan fitur auto headlamp sementara Honda Accord menggunakan fitur auto high beam.

Ukuran roda yang digunakan Honda Accord ring 18 inchi terbalut ban 245/45. Toyota Camry sendiri menggunakan velg berukuran 1 inci lebih kecil yakni r17 dengan ban 215/55.

Baik Toyota Camry 2.5 V dan Honda Accord, keduanya telah menggunakan smart entry tetapi Honda Accord lebih unggul melalui fitur remote engine start dan walk away lock.

Interior Mencerminkan Sedan Mewah yang Nyaman

Berada di dalam kabin Toyota dan Honda Accord, kesan mewah terbalut kenyamanan dapat dirasakan oleh pengemudi maupun penumpang. Bangku depan pada kedua mobil ini telah menggunakan fitur pengaturan elektrik, khusus pada jok pengemudi Honda Accord terdapat fitur memory seat. Masih memiliki kesamaan untuk jok penumpang di bagian baris kedua yang berada di sisi kiri yang bisa diatur posisi ketegakan hingga posisi maju mundur melalui tombol yang berada di sandaran jok di depannya.

Apakah Honda Accord Lebih Unggul dari Toyota Camry 2.5 V? 04

Urusan entertaiment keduanya bersaing dalam ukuran head unit. Toyota Camry dengan head unit ukuran 9 inci lebih besar 1 inci dibanding Honda Accord. Fitur wireless charging dan USB port telah disediakan kedua mobil ini.

Toyota Camry lebih unggul Dengan hadirnya moonroof. sedangkan Honda Accord lebih unggul di bagian setir melalui adanya paddle shift dan beragam tombol yang berada di area setir. Keduanya juga sama-sama menggunakan fitur tilt dan telescopic.

Apakah Honda Accord Lebih Unggul dari Toyota Camry 2.5 V? 05

Berada di bangku pengemudi, konsul penunjuk kecepatan Toyota Camry menggunakan model analog dengan layar 4,2 inci MID. Sedangkan Honda Accord menggunakan papan layar berukuran 7 inci TFT meter cluster.

Performa mesin Honda Accord vs Toyota Camry 2.5 V

Toyota Camry mengandalkan mesin Naturally Aspirated 2 AR 2.5 liter 4-silinder 16 valve DOHC dual VVT-I. Tenaga yang dihasilkan dari mesin Toyota Camry adalah 183 PS / 6.000 rpm dengan torsi 234,4 Nm / 4.100 Rpm. Sistem transmisi yang diadopsi adalah 6-percepatan otomatis sequential dengan mode berkendara model manual.

Apakah Honda Accord Lebih Unggul dari Toyota Camry 2.5 V? 06

Sedangkan Honda Accord menggunakan mesin Forced induction 1.5 liter 4-silinder 16 valve DOHC dengan VTEC Turbo, Drive By Wire, dan PGM-FI.yang dapat menyemburkan tenaga mencapai 190 PS / 5.500rpm dengan torsi 260 Nm / 1.600-5.000 rpm. Honda Accord menggunakan transmisi CVT with  Earth Dreams Technology dengan model Sport Mode & ECON Mode + ECO Assist, mode manual melalui paddle shift.

Memang cukup signifikan perbedaan antara keduanya terlebih lagi darikapasitas mesin Toyota  Camry 2.5 V yang sebenarnya lebih besar yakni 2.494 cc sementara Honda Accord hanya 1.498cc.

Fitur keselamatan Honda Accord Lebih Unggul

Sebagai bagian yang sangat diperhatikan oleh konsumen Honda dan Toyota telah menyediakan fitur keselamatan. Toyota Camry lebih unggul dalam jumlah penggunaan air bag sebanyak 7 titik sementara Honda Accord hanya memiliki 6 titik air bag.

Namun untuk teknologi keselamatan dalam berkendara, Honda Accord terlihat lebih unggul melalui fitur ekosistem Honda Sensing dengan kemampuan meminimalisir potensi insiden melalui intervensi dari hasil analisa pada sensor dan kamera. Beragam fitur tersebut adalah Collision Mitigation Braking System (CMBS), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Lane Departure Warning (LDW), Adaptive Cruise Control w/ Low-Speed Follow.

Apakah Honda Accord Lebih Unggul dari Toyota Camry 2.5 V? 07

Kesimpulan

Secara harga, Honda Accord memang lebih mahal 54 jutaan dibanding Toyota Camry 2.5 V. Namun harga yang ditawarkan Honda Accord sejalan dengan beragam fitur andalan hingga performa mesin yang sanggup menggungguli Toyota Camry. Jadi istilah, ‘harga tidak bohong’ mungkin tepat untuk Honda Accord.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Accord 1.5L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru