Apakah Keunggulan Honda Brio RS Urbanite Edition Bikin Pede Hadapi Daihatsu Sirion?

Anissa · 13 Mar, 2021 08:00

Apakah Keunggulan Honda Brio RS Urbanite Edition Bikin Pede Hadapi Daihatsu Sirion? 01

Belum lama ini Honda Indonesia telah mengumumkan banderol harga dari Honda Brio RS Urbanite Edition secara resmi. Varian ini merupakan varian baru dari Honda Brio yang memiliki tampilan paling spoty di antara varian lainnya. Honda Brio RS Urbanite Edition sendiri dipasarkan dengan harga Rp185,5 jutaan untuk varian transmisi manualnya, dan Rp200,2 jutaan untuk varian transmisi CVT-nya.

Harga yang ditawarkan oleh pihak Honda tersebut memang lebih mahal sekitar Rp7 jutaan dibandingkan dengan varian Honda Brio standar. Hal ini tidak mengherankan, mengingat Honda Brio RS Urbanite Edition ini mendapatkan tambahan aero kit yang lebih sporty.

Pihak Honda mengklaim bahwa Honda Brio RS Urbanite Edition ini merupakan varian yang dihadirkan untuk menyasar kalangan konsumen muda yang menginginkan city car dengan tampilan yang berbeda dan lebih sporty. Pada mobil Honda Brio RS edisi khusus ini, diketahui ada beberapa aksesori baru yang disematkan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Mengisi segmen City Car, Honda Brio RS Urbanite Edition ini harus bersaing dengan beberapa model lainnya. Salah satu pesaing dalam segmen ini adalah Daihatsu Sirion. Di antara kedua mobil pabrikan Jepang ini, mana yang lebih unggul di kelasnya?

Eksterior dan Interior Honda Brio RS Urbanite Edition VS Daihatsu Sirion

Keterangan

Dimensi Honda Brio RS Urbanite Edition

Dimensi Daihatsu Sirion

Panjang

3.800 mm

3.895 mm

Lebar

1.680 mm

1.735 mm

Tinggi

1.485 mm

1.525 mm

Wheelbase

2.405 mm

2.500 mm

Ground Clearance

165 mm

150 mm

Pertama-tama, mari kita lihat dimensi dari Honda Brio RS Urbanite Edition. Mobil yang satu ini memiliki panjang bodi 3.800 mm, lebar bodi 1.680 mm, tinggi 1.485 mm, serta jarak sumbu roda 2.405 mm dan ground clearance 165 mm.

Apakah Keunggulan Honda Brio RS Urbanite Edition Bikin Pede Hadapi Daihatsu Sirion? 01

Sementara itu, pesaingnya, yakni Daihatsu Sirion memiliki panjang bodi 3.895 mm, lebar bodi 1.735 mm, tinggi bodi 1.525 mm, jarak sumbu roda 2.500 mm, dan ground clearance 150 mm. Secara keseluruhan, Daihatsu Sirion memang memiliki dimensi yang lebih besar jika dibandingkan dengan Honda Brio RS Urbanite Edition. Dimensi Daihatsu Sirion yang lebih besar ini memungkinkan mobil ini untuk menawarkan ruang kabin yang lebih besar dan leluasa.

Apakah Keunggulan Honda Brio RS Urbanite Edition Bikin Pede Hadapi Daihatsu Sirion? 02

Tetapi jika kita lihat ground clearance dari kedua model mobil ini, Honda Brio RS Urbanite Edition memang lebih unggul karena memiliki ground clearance yang lebih tinggi. Hal ini memungkinkan Honda Brio RS Urbanite Edition menjadi lebih andal untuk digunakan berkendara melewati jalan bergelombang.

Lalu untuk desainnya sendiri, baik Honda Brio RS Urbanite Edition maupun Daihatsu Sirion memiliki desain yang tampak modern. Honda Brio RS Urbanite Edition sendiri menggunakan bahasa desain yang lebih menekankan kesan sporty, bahkan jika dibandingkan dengan varian Honda Brio RS lainnya. Kesan sporty ini didapatkan berkat adanya body kit tambahan yang disematkan pada edisi khusus Honda Brio RS tersebut. Tambahan body kit ini terdapat pada bagian front under spoiler dan side under spoiler.

Apakah Keunggulan Honda Brio RS Urbanite Edition Bikin Pede Hadapi Daihatsu Sirion? 03

Kemudian untuk Daihatsu Sirion sendiri, desain eksterior mobil ini memiliki desain yang sama persis dengan model Perodua Myvi yang dipasarkan di Malaysia. Hal ini bukanlah hal yang mengherankan, mengingat Daihatsu Sirion ini merupakan hasil kreasi para insinyur yang ada di Perodua.

Apakah Keunggulan Honda Brio RS Urbanite Edition Bikin Pede Hadapi Daihatsu Sirion? 04

Selain memiliki kemiripan dengan Perodua Myvi, Daihatsu Sirion ini juga memiliki desain yang mirip dengan Daihatsu Boon yang dipasarkan di negara asalnya, Jepang. Mobil ini mengusung desain eksterior yang tidak hanya modern, tetapi juga sporty dengan adanya garis-garis menyudut yang tajam. Bahasa desain baru ini menggantikan desain lamanya yang lebih terkesan membulat.

Beralih ke bagian interiornya, Honda Brio RS Urbanite Edition memang memiliki interior yang masih identik dengan varian Honda Brio RS standar. Tidak ada perubahan signifikan yang dapat kita lihat dari bagian interior Honda Brio RS Urbanite Edition ini.

Apakah Keunggulan Honda Brio RS Urbanite Edition Bikin Pede Hadapi Daihatsu Sirion? 05

Mobil ini memiliki dashboard yang menggunakan bahasa desain yang dinamis dan sporty. Pada bagian dashboard-nya ini juga masih terlihat penyematan aksen oranye yang menekankan kesan sporty pada Honda Brio RS Urbanite Edition.

Kursi-kursi yang disematkan Honda untuk Honda Brio RS Urbanite Edition ini juga memiliki desain yang ergonomis demi memaksimalkan kenyamanan para penumpangnya. Bukan itu saja, setir yang dimiliki Honda Brio RS Urbanite Edition ini juga didesain sedemikian rupa agar nyaman digenggam oleh para pengemudinya.

Kemudian untuk bagian interior Daihatsu Sirion sendiri, generasi terbarunya memiliki beberapa perubahan yang signifikan. Ruang kabinnya leluasa dan menggunakan bahasa desain yang terlihat modern. Interiornya ini juga mengedepankan kenyamanan para penympangnya dengan menghadirkan beragam fitur hiburan dan kenyamanan yang fungsional.

Apakah Keunggulan Honda Brio RS Urbanite Edition Bikin Pede Hadapi Daihatsu Sirion? 06

Bukan hanya itu, bagian interior Daihatsu Sirion ini juga menggunakan material yang berkualitas sehingga bisa menawarkan kenyamanan yang lebih bagi para penumpangnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dimensinya yang cukup besar juga memungkinkan mobil ini menawarkan head room dan leg room yang lebih luas.

Fitur Honda Brio RS Urbanite Edition VS Daihatsu Sirion

Sekarang saatnya kita membahas tentang fitur dari Honda Brio RS Urbanite Edition dan Daihatsu Sirion. Pada Honda Brio RS Urbanite Edition, pihak Honda telah menyematkan Multi Information Display yang bisa menampilkan berbagai informasi penting tentang mobil kepada pengemudi.

Apakah Keunggulan Honda Brio RS Urbanite Edition Bikin Pede Hadapi Daihatsu Sirion? 07

Kemudian, untuk fitur hiburannya sendiri, Honda Brio RS Urbanite Edition ini dilengkapi dengan head unit 6,2 inci beserta audio steering switch dan tweeter speaker. Sama seperti varian Honda Brio RS standar, head unitnya ini bisa digunakan untuk memutar CD maupun DVD, AM/FM Radio, serta dilengkapi dengan fitur konektivitas seperti USB Port, Bluetooth, dan iPod/iPhone Connectivity.

Lalu, sebagai fitur keselamatan aktifnya sendiri, Honda Brio RS Urbanite Edition ini dilengkapi dengan sistem pengereman Anti lock Braking System dan Electronic Brake Distribution. Selain itu, ada pula beberapa fitur keamanan tambahan seperti sensor parkir, sistem alarm, dan engine immobilizer.

Apakah Keunggulan Honda Brio RS Urbanite Edition Bikin Pede Hadapi Daihatsu Sirion? 08

Sementara itu, untuk fitur keselamatan pasifnya, pihak Honda juga telah menyematkan Airbags dan 3 point seatbelts pada barisan depan di mobil Honda Brio RS Urbanite Edition. Dan tentu saja, untuk keselamatan penumpang anak-anak, mobil ini juga dibekali dengan Child Safety Locks dan pengaturan kursi ISOFIX.

Kini kita beralih pada fitur yang dimiliki Daihatsu Sirion. Sebagai fitur hiburannya, Daihatsu Sirion ini telah dilengkapi dengan head unit layar sentuh 2 DIN yang memiliki fungsi AM/FM radio, CD Player, serta dilengkapi dengan sistem navigasi. Head unitnya ini juga memiliki beberapa fitur konektivitas standar seperti AUX-IN dan USB Port.

Apakah Keunggulan Honda Brio RS Urbanite Edition Bikin Pede Hadapi Daihatsu Sirion? 09

Fitur keselamatan dari Daihatsu Sirion ini juga bisa dibilang cukup baik. Mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur pengereman Anti lock Braking System dan Electronic Brake Distribution. Untuk memudahkan proses parkir, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan sensor parkir dan rearview camera.

Bukan itu saja, Daihatsu Sirion juga dibekali dengan fitur Vehicle Stability Control System yang bisa menjaga kestabilan mobil ketika dikendarai. Sebagai fitur keselamatan pasifnya, mobil yang satu ini juga dilengkapi dengan front and side airbags, serta pengaturan kursi ISOFIX. Dan untuk fitur keamanannya, mobil ini mengandalkan engine immobilizer.

Mesin Honda Brio RS Urbanite Edition VS Daihatsu Sirion

Sekarang kita akan masuk ke pembahasan soal mesin Honda Brio Rs Urbanite Edition dan Daihatsu Sirion. Pertama-tama, mari kita lihat spesifikasi dari mesin yang digendong oleh mobil Honda Brio RS Urbanite Edition berikut ini.

Apakah Keunggulan Honda Brio RS Urbanite Edition Bikin Pede Hadapi Daihatsu Sirion? 10

  • Mesin : 1.2 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW
  • Kapasitas : 1,2 Liter (1.199 cc)
  • Transmisi : Manual 5 Percepatan / Otomatis CVT
  • Tenaga : 90 PS / 6.000 rpm
  • Torsi : 110 Nm / 4.800 rpm
  • Sistem Penggerak : Front Wheel Drive
  • Kapasitas Tangki : 35 Liter
  • Bahan Bakar : Bensin

Sementara itu, berikut ini adalah spesifikasi mesin dari Daihatsu Sirion.

Apakah Keunggulan Honda Brio RS Urbanite Edition Bikin Pede Hadapi Daihatsu Sirion? 11

  • Mesin : 1NR-VE, DOHC Dual VVT-i
  • Kapasitas : 1,3 Liter (1.329 cc)
  • Transmisi : Manual 5 Percepatan / Otomatis 4 Percepatan
  • Tenaga : 95 PS / 6.000 rpm
  • Torsi : 119 Nm / 4.200 rpm
  • Sistem Penggerak : Front Wheel Drive
  • Kapasitas Tangki : 36 Liter
  • Bahan Bakar : Bensin

Berdasarkan spesifikasi mesin di atas, Honda Brio RS Urbanite Edition mengandalkan mesin bensin dengan kapasitas 1,2 liter, sementara Daihatsu Sirion menggunakan mesin bensin dengan kapasitas 1,3 liter. Hal ini memungkinkan Daihatsu Sirion untuk menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar dibandingkan dengan Honda Brio RS Urbanite Edition, meskipun perbedaannya memang tidak signifikan.

Di atas kertas, mesin Honda Brio RS Urbanite Edition bisa menghasilkan tenaga dan torsi masing-masing sebesar 90 PS dan 110 Nm. Sementara itu, mesin Daihatsu Sirion bisa menghasilkan tenaga dan torsi sebesar 95 PS dan 119 Nm.

Kesimpulan

Setelah membandingkan Honda Brio RS Urbanite Edition dan Daihatsu Sirion secara keseluruhan, kedua mobil ini memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Daihatsu Sirion memang unggul dalam hal ruang kabin dan performa mesin, tetapi Honda Brio RS Urbanite Edition juga unggul dalam hal desain dan fitur.

Apakah Keunggulan Honda Brio RS Urbanite Edition Bikin Pede Hadapi Daihatsu Sirion? 12

Saat ini, di Indonesia sendiri Honda Brio RS Urbanite Edition dipasarkan dengan kisaran harga Rp185,8 jutaan hingga Rp200,2 jutaan. Sementara itu, Daihatsu Sirion dipasarkan dengan kisaran harga yang lebih mahal, yakni mulai dari Rp201,75 jutaan hingga Rp216,5 jutaan. Jika kita bicara value for money, tentu Honda Brio RS Urbanite Edition ini lebih unggul dibandingkan dengan Daihatsu Sirion.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Brio Satya S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru